HIMATIKA VEKTOR

Darma Bakti MAHAPRAJA di Kala Pandemi

Darma Bakti MAHAPRAJA di Kala Pandemi

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Pandemi Covid-19 menjadi tantangan berat yang dihadapi semua bangsa, termasuk Indonesia. Dalam berbagai keterbatasan akibat wabah virus corona tak menghentikan langkah kami untuk terus berinovasi untuk tetap mengabdi kepada masyarakat. Banyak masyarakat yang menderita akibat pandemi Covid-19. Penderitaan secara fisik, keterbatasan gerak dan mobilitas, ketidaklancaran mencukupi kebutuhan, bahkan penderitaan mental spiritual. Terutama sejak adanya kebijakan stay at home, WFH, PPKM dan tentunya yang paling berdampak adalah mereka yang terpapar Covid-19, termasuk yang merawatnya.

Di tengah cobaan bangsa ini, HIMATIKA Vektor tetap mengupayakan kegiatan pengabdian dengan menyelaraskan pada situasi dan kondisi pandemi Covid-19 serta new normal. Upaya tersebut disalurkan, dan direalisasikan melalui kegiatan Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA) 2021. Kegiatan MAHAPRAJA tentunya sudah tidak asing lagi dikalangan mahasiswa Universitas Negeri Malang khususnya Jurusan Matematika. Dengan mengusung tema “Mengabdi Sepenuh Hati dan Berkontribusi pada Masa Pandemi” yang dilandasi pada tujuan utama kami yaitu, mewujudkan kepedulian sosial mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang terhadap masyarakat sekitar. MAHAPRAJA pada tahun ini dilaksanakan selama 3 hari dengan pembagian waktu yang telah disesuaikan terhadap kebijakan pemerintah (PPKM), ialah Minggu, 8 Agustus 2021; Senin, 10 Agustus 2021; dan Kamis, 12 Agustus 2021. MAHAPRAJA 2021 dilaksanakan di Dusun Bendrong yang terletak di Desa Argosari, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang, Provinsi Jawa Timur.

Pada hari pertama (8/08/2021) dilaksanakan kegiatan MAHAPRAJA diawali dengan pembukaan acara yang didatangi oleh beberapa pihak yang bersangkutan, seperti ketua komunitas literasi Dusun Bendrong, perwakilan Dewan Mahasiswa Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang, ketua umum Himatika Vektor, ketua pelaksana MAHAPRAJA, dan tentunya para panitia yang bertugas. Kegiatan yang dilakukan selanjutnya ialah penyerahan buku bacaan kepada komunitas literasi Dusun Bendrong dan gubug baca. Buku bacaan ini bermacam jenisnya, antara lain buku cerita anak-anak, majalah bobo, dan buku pelajaran yang menunjang akademik siswa dari sekolah dasar hingga menengah pertama. Selain itu, kami juga menyumbangkan beberapa peralatan sekolah berupa buku tulis, papan tulis putih, spidol, penghapus, meja lipat, dan lain sebagainya. Buku dan peralatan sekolah ini berasal dari para donator yang tentunya memiliki jiwa sosial, kepedulian tinggi, dan murah hati sebab mereka rela menyumbangkan sedikit hartanya untuk diberikan kepada orang yang membutuhkan. Rasa suka dan bahagia terpancar jelas dari raut wajah anak-anak Dusun Bendrong sehingga membuat kami merasa bahagia dan lega dalam melakukan kegiatan ini.

Pada hari kedua (10/08/2021) dilaksanakannya MAHAPRAJA, kami melakukan pembagian sembako dan masker kepada warga yang kami rasa memiliki ketidakcukupan dalam memenuhi kebutuhan hidup. Dalam melakukan kegiatan MAHAPRAJA ini kami membagi beberapa panitia yang bertugas ke dalam tiga kelompok. Kelompok pertama menyiapkan bahan sembako yang nantinya akan dibagikan kepada warga. Kelompok kedua memastikan tempat yang akan dibagikan sembako benar. Pemastian tempat ini dilakukan dengan mengetahui tempat dan Batasan tiap RT di Dusun Bendrong. Kelompok ketiga membagikan masker yang awalnya dilakukan di KUD, sekolah, dan warga sekitar. Akan tetapi, dikarenakan tidak ada warga yang berada di KUD, pembagian masker ini dilakukan di sekolah dan warga sekitar saja. Sembako yang kami bagikan secara merata kepada 40 warga Dusun Bendrong terdiri atas beras, gula, minyak goreng, kecap, dan kebutuhan rumah tangga lainnya.

Pada hari ketiga (12/08/2021) dilaksanakan MAHAPRAJA memiliki beberapa agenda yang menjadi pelengkap dari hari-hari sebelumnya, ialah penyemprotan desinfektan dan penutupan acara. Penyemprotan desinfektan dilakukan dengan baik antara panitia MAHAPRAJA sendiri dan bantuan para warga sekitar. Penyemprotan ini dilakukan dengan dasar untuk menghambat rantai penyebaran Covid-19 sehingga diharapkan para warga terhindar dari bahaya virus ini. Penyemprotan desinfektan tidak dilakukan pada ruangan dalam rumah warga, tetapi dilakukan pada area luar seperti jalan dan halaman sekitar rumah warga. Hal ini kami lakukan untuk menjaga privasi warga dan jika dilakukan di dalam rumah dinilai berbahaya untuk kesehatan. Selanjutnya, acara penutupan yang dihadiri oleh beberapa pihak yang memang bersangkutan dan tak lupa sebelum pulang, kami berterima kasih kepada warga Dusun Bendrong yang telah memberi kesempatan kepada kami untuk melakukan MAHAPRAJA ini.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai salah satu panitia dari kegiatan Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA) 2021 terkait kesesuaian alur dan konsepan acara dengan realita.

“Menurut saya alurnya sudah sesuai dengan konsepan acara yang telah dibuat meskipun sebelumnya sempat revisi konsepan acara, dan untuk alur nya sesuai juga dengan tujuannya yaitu menyalurkan donasi yang telah didapatkan dari donatur-donatur secara merata,” ungkap Kartika Sari.

Selama kegiatan MAHAPRAJA pasti tidak lepas dari adanya kendala, baik kendala dari luar maupun dari dalam. Namun, kendala tersebut tidak menjadi alasan untuk ketidakberhasilannya kegiatan ini. Komitmen untuk menyalurkan bantuan kepada yang membutuhkan menjadi dasar yang kuat pada kegiatan ini.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan mewawancarai ketua pelaksana dari kegiatan Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA) terkait kesan dan pesan atas kegiatan ini.

“MAHAPRAJA tahun ini sangat berkesan menurut saya. Karena apa? Kegiatan ini tetap dapat terselenggara walaupun pada saat pademi terlebih PPKM sedang berlangsung. Sempat terkendala pada perizinan juga walaupun akhirnya diizinkan. Pihak desa sangat ramah dan banyak membantu dalam terselenggaranya kegiatan ini. Warga juga sangat ramah dan welcome dengan kehadiran kita. Bantuan-bantuan yang tersalurkan juga mendapat feedback bagus baik dari warga dan ketua dari komunitas literasi yaitu gubuk baca. Panitia yang bertugas pada hari acara juga sangat bersemangat sehingga kegiatan MAHAPRAJA dapat berjalan dengan lancar.

Pesan untuk MAHAPRAJA selanjutnya semoga pandemi tidak berkepanjangan sehingga kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bisa dilaksanakan secara maksimal sehingga apa yang dapat diberikan juga kepada masyarakat juga bisa berdampak baik bagi warga ataupun desa yang menjadi tempat pengabdian,” Ujar Novita Eka Andriyana.

Berdasarkan ulasan sebelumnya terkait kegiatan MAHAPRAJA 2021 memberikan kesan yang mendalam bagi panitia dan khususnya warga. Rasa kepedulian, solidaritas, simpatik, dan toleran tentu saja kami harapkan dapat terus berkembang melalui kegiatan ini. Selalu ada banyak cara di luar sana untuk membantu sesama walaupun terhalang keadaan yang kita tidak tahu kapan berakhirnya. Harapan kami untuk kedepannya ialah dapat terus membantu lebih banyak lagi masyarakat yang membutuhkan dengan kemampuan dan usaha yang kami miliki tanpa pandang bulu. Kami juga berterima kasih kepada seluruh donatur dan pihak yang bersangkutan atas keberhasilannya kegiatan ini.

 

Reporter: Kharisma Sofia Ananda Amalia Putri.

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri.

801 thoughts on “Darma Bakti MAHAPRAJA di Kala Pandemi

  1. Pingback: bahis siteleri
  2. Thanks a lot for providing individuals with a very marvellous possiblity to read articles and blog posts from here. It’s usually very brilliant plus packed with amusement for me personally and my office colleagues to visit your web site really thrice every week to find out the newest items you have got. Not to mention, I’m just at all times amazed with the mind-boggling thoughts you serve. Certain 1 areas in this article are absolutely the simplest we have ever had.

  3. A lot of thanks for all your effort on this blog. My mom really loves setting aside time for investigations and it’s obvious why. Many of us know all regarding the dynamic manner you offer priceless guidelines via your website and in addition encourage contribution from visitors on the point while our princess is actually understanding a great deal. Take advantage of the remaining portion of the new year. You are always performing a really great job.

  4. I’m amazed, I must say. Rarely do I come across a blog that’s both educative and engaging, and without a doubt, you have hit the nail on the head.
    The issue is something too few men and women are speaking intelligently about.
    I am very happy that I stumbled across this during my hunt for something concerning
    this.