Himatika Vektor UM fi jurnal

Tegakkan Jurnalistik, Wujudkan Literasi Tinggi!

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022 Jurnalistik merupakan keterampilan dalam mengumpulkan, menulis, menganalisis, dan menyebarkan informasi (Herman, 2018). Jurnalistik menyebarluaskan informasi kepada khalayak tentang berbagai topik, persoalan, pendapat, atau fakta yang diperkirakan akan menarik perhatian khalayak. Informasi yang disampaikan harus berlandaskan kebenaran dan telah terverifikasi. Jurnalistik penting untuk dipelajari dan dipahami apalagi oleh seorang mahasiswa. Jurnalistik dapat memengaruhi kita dalam melihat sebuah pemberitaan. Era sekarang ini, tidak sedikit media berita menuliskan informasi yang ambigu sehingga pembaca akan memiliki perspektif tersendiri yang bertentangan dengan fakta. Kemajuan teknologi pun berdampak pada menurunnya kode etik dan aturan jurnalistik. Pada tahun 2022, HIMATIKA Vektor mengimplementasikan peranan dari jurnalistik pada side program Jurnalistik. Jurnalistik bertujuan untuk memproduksi dan menyebarkan informasi reportase dari berbagai kegiatan di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022 memberikan berbagai konten dan artikel yang menarik selama satu tahun kepengurusan. Pertama, side program dan program kerja HIMATIKA Vektor mengekspos kegiatannya melalui artikel. Kedua, artikel mahasiswa berprestasi Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Ketiga, artikel fakta menarik tentang matematika yang diharapkan dapat menambah pengetahuan dan ilmu matematika. Keempat, Jurnalistik juga melakukan beberapa liputan program kerja yang dapat dilihat di Instagram HIMATIKA Vektor. Kelima, pengetahuan tentang isu-isu terkini. Jurnalistik berkesempatan untuk membahas tentang Presidensi Indonesia G20. Keenam, pembuatan Majalah Matematika (Mathlink).

Pada tahun 2022, Majalah Matematika atau Mathlink edisi ke-VIII diterbitkan. Mathlink membahas berbagai topik baik mengenai Departemen Matematika Universitas Negeri Malang maupun topik di luar matematika. Mathlink menyediakan berbagai macam konten yang menarik, misalnya program kerja HIMATIKA Vektor, cerpen, puisi, karya mahasiswa, resensi film, berbagai artikel, draft mathematics, dan TTS. Selain itu, Mathlink juga menyediakan hal yang baru seperti fun fact about mathematics dan komik. Mathlink edisi ke-VIII mengusung tema “Put your creativity in art” karena majalah ini merupakan hasil dari pola pikir yang kreatif sehingga menjadi suatu karya yang memiliki nilai seni. Dengan demikian, tidak ada alasan bagi Sobat Vektor untuk acuh tak acuh terhadap Mathlink karena kalian akan menikmati apabila membacanya. 

Saudari Silvitasari selaku Sekretaris Bidang Komunikasi dan Informasi HIMATIKA Vektor 2022 memberikan pendapatnya tentang kegiatan Jurnalistik kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. Menurutnya, banyak variasi yang diberikan untuk tahun ini baik dalam sajian artikel ataupun video liputan. Bahasa yang digunakan dalam menyusun artikel membuat pembaca enjoy untuk menamatkan artikel tersebut. Selain itu, judul yang diberikan menarik dan membuat penasaran untuk membacanya. Video liputan juga disajikan secara ciamik seperti liputan televisi sungguhan. Proses pembuatannya pun sudah tersusun sistematis dimulai dari penyusunan kerangka, penentuan narasumber, penyusunan pertanyaan, tanya jawab, liputan, dan penyusunan artikelnya.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu mahasiswa Departemen Matematika, yaitu Saudari Nasywa Haninah dari S1 Pendidikan Matematika berpendapat bahwa Mathlink banyak memiliki manfaat khususnya mahasiswa baru karena dapat mengenal Departemen Matematika mulai dari dosennya hingga berbagai event yang diselenggarakan HIMATIKA Vektor. Tidak hanya itu, pada Mathlink terdapat konten tentang mahasiswa berprestasi matematika sehingga dapat memicu timbulnya motivasi mahasiswa matematika agar lebih aktif dalam berprestasi.

Selain itu, Saudari Silvitasari juga berkomentar tentang Mathlink edisi ke-VIII yang diterbitkan pada tahun 2022. Ia berkata, “Majalah Matematika atau  Mathlink edisi ke-VIII desainnya cukup fun dan elegan. Perpaduan warnanya indah. Konten yang disajikan juga beraneka ragam. Menurut saya yang paling menarik adalah seluruh kesatuan Mathlink edisi ke-VIII. Perpaduan desain, konten, dan games yang ada saling menguatkan satu sama lain.”

Saudari Nasywah menambahkan, “Pada Mathlink terdapat Teka-Teki Silang (TTS) yang cukup sulit karena saya kurang mengetahui tentang FMIPA. Di samping itu, saya dapat menjawab pertanyaan tentang Departemen Matematika karena cukup mudah.”

Sebagai pengurus HIMATIKA Vektor, Saudari Silvitasari memberikan harapan kepada Jurnalistik HIMATIKA Vektor kedepannya. “Semoga Jurnalistik HIMATIKA Vektor kedepannya bisa mempertahankan kreativitas yang telah dipupuk selama ini dan terus mengembangkannya untuk semakin bagus lagi,” ujarnya. 

Jurnalistik HIMATIKA Vektor memiliki banyak manfaat yang dapat dirasakan oleh berbagai pihak. Jurnalistik sudah memberikan berbagai konten yang menarik hingga saat ini. Hal tersebut diharapkan dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan. Semoga Jurnalistik HIMATIKA Vektor dapat menuntun generasi sekarang menjadi generasi dengan literasi tinggi. Minat literasi tinggi dapat dicapai apabila Sobat Vektor proaktif untuk membaca. Oleh karena itu, ayo biasakan membaca sejak dini dimulai dengan membaca artikel-artikel di Jurnalistik HIMATIKA Vektor!

 

Daftar Pustaka

Herman. 2018. Jurnalistik Praktis. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

 

Reporter: Ayunda Dwi Aisyatunaja

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

3 thoughts on “Tegakkan Jurnalistik, Wujudkan Literasi Tinggi!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top