HIMATIKA VEKTOR

Bidang Penalaran

Himatika Vektor UM BIDANG TREE 2

Bidang Penalaran adalah bidang yang bergerak untuk mengoptimalkan kinerja pemikiran dan rasionalisasi mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Bidang ini terdiri dari dua divisi, yaitu Divisi Akademik dan Intelektual, serta Divisi Penelitian dan Pengembangan.

Divisi Akademik dan Intelektual

Program Kerja

1. Fun Mathematics Competition

Fun Mathematics Competition yang disingkat FMC merupakan kompetisi Matematika yang diselenggarakan oleh HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang untuk mahasiswa/i S1 SAINTEK dalam skala nasional. FMC merupakan kompetisi beregu di mana setiap regunya terdiri dari 3 mahasiswa/mahasiswi dari perguruan tinggi yang sama. Alur pelaksanaan FMC meliputi babak penyisihan, semifinal, dan final.

2. MATH CLUB

MATH CLUB adalah kegiatan diskusi dan belajar bersama yang dilaksanakan menjelang UTS dan UAS. MATH CLUB dilaksanakan rutin menjelang UTS dan UAS sebanyak 2-3 kali sesuai kebutuhan. Kegiatan yang dilakukan berupa pembahasan materi perkuliahan, kuis sederhana untuk meningkatkan pemahaman peserta, dan pembahasan soal-soal yang perlu didiskusikan bersama. Mata kuliah yang akan dibahas tiap pertemuan berbeda, tergantung pada hasilĀ voting yang dilakukan melalui Google Form. Materi yang akan dibahas ditentukan melalui sinkronisasi materi dari perwakilan setiap kelas. Tentor untuk MATH CLUB adalah mahasiswa/i aktif Departemen Matematika Universitas Negeri Malang (minimal satu tingkat di atas peserta) yang berkompeten di bidangnya.

3. OMVN

Kompetisi Matematika Vektor Nasional (OMVN) 2022 adalah kompetisi Matematika untuk pelajar jenjang SD/Sederajat, SMP/Sederajat, dan SMA/Sederajat di seluruh Indonesia yang memiliki tingkat kesulitan berbeda di setiap jenjangnya. Di setiap jenjang ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu perorangan dan beregu. Alur pelaksanaan OMVN 2022 meliputi babak penyisihan, semifinal, dan final.

Divisi Penelitian dan Pengembangan

Program Kerja

1. Classmath

Classmath adalah pelatihan berupa workshop yang bertujuan mengenalkan dan meningkatkan kemampuan mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam pengoperasian aplikasi Matematika. Aplikasi yang digunakan adalah aplikasi seperti LaTex, Geogebra, Maple, dan lain sebagainya. Setiap materi aplikasi akan disampaikan oleh pemateri atau dosen yang ahli pada aplikasi tersebut. Selain penyampaian materi, peserta juga akan diberikan pretest, test, dan tugas akhir berupa proyek yang sesuai dengan aplikasi yang dipelajari.

2. COMATH

Concentration of Mathematics (COMATH) merupakan kegiatanĀ sharing pengalaman tentang pemilihan konsentrasi mata kuliah beserta pengaruhnya terhadap proses dan pasca perkuliahan. Kegiatan ini ditujukan kepada mahasiswa/i S1 dari Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Pemateri yang akan memberikan sharing pengalaman berasal dari alumni Departemen Matematika Universitas Negeri Malang, dengan rincian bahasan 5 konsentrasi untuk program studi Matematika dan 4 konsentrasi untuk program studi Pendidikan Matematika. Acara ini juga akan menghadirkan dosen dari Departemen Matematika Universitas Negeri Malang sebagai pembicara.

https://coverletterwritingservice.com