HIMATIKA VEKTOR

Bidang Komunikasi dan Informasi

Himatika Vektor UM KOMINFO

Bidang Komunikasi dan Informasi adalah bidang yang bergerak untuk memberikan informasi serta menjadi sarana komunikasi baik kepada internal maupun eksternal organisasi. Bidang ini terdiri dari dua divisi, yaitu Divisi Humas dan Divisi Multimedia.

Divisi Humas

Program Kerja

1. ANJANGKARYA

ANJANGKARYA merupakan salah satu sidepro Bidang Kominfo pada Divisi Humas. Bentuk kegiatan ini adalah studi banding dengan mempertemukan antara HIMATIKA Vektor 2022 dan himpunan mahasiswa perguruan tinggi lain. Pertemuan tersebut bisa berupa mengunjungi perguruan tinggi yang dituju atau menerima kunjungan dari perguruan tinggi lain oleh HIMATIKA Vektor UM 2022. Tujuannya untuk menambah wawasan, pengetahuan, dan pengalaman agar kinerja dari HIMATIKA Vektor 2022 semakin berkembang. Selain itu, sebagai pendorong motivasi HIMATIKA Vektor 2022 untuk lebih kreatif dan inovatif. Agar perguruan tinggi lain tertarik dalam menjalin kerja sama maka dibuat pamflet sebagai media promosi.

2. Media Partner

Media Partner menjadi wadah untuk mengembangkan serta menjaga citra positif HIMATIKA Vektor melalui hubungan kerja sama baik dengan pihak internal maupun eksternal. Media Partner menangani publisitas acara dari internal organisasi HIMATIKA Vektor maupun eksternal organisasi HIMATIKA Vektor. Contohnya menyebarkan suatu event untuk khalayak umum. Adapun inovasi yang akan diterapkan di Media Partner adalah all in one access, yaitu sebuah akses tak terbatas ke dalam HIMATIKA Vektor melalui sistem satu pintu. Contohnya adalah link yang mengarah kepada form kepuasan, contact person Media Partner, dan form pengajuan kerja sama yang dapat diisi oleh pihak penyelenggara event. Selanjutnya ada pengunggahan pamflet per-event pada media sosial HIMATIKA Vektor maksimal 3 kali sehari.

Divisi Multimedia

Program Kerja

1. Media Sosial

Memberikan segala bentuk informasi penting meliputi publikasi event HIMATIKA Vektor, informasi beasiswa, peringatan hari besar, serta prestasi mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Bentuk informasi penting dapat berupa konten di Instagram, Twitter, dan YouTube. Selain sebagai sarana informasi, setiap media sosial HIMATIKA Vektor ditujukan untuk mengenalkan HIMATIKA Vektor kepada khalayak umum dan sebagai bentuk dokumentasi event HIMATIKA Vektor. YouTube akan berisi live streaming event HIMATIKA Vektor, record event HIMATIKA Vektor, aftermovie dari suatu event, dan konten bincang-bincang.

2. Website

Website HIMATIKA Vektor adalah laman yang berisi informasi terkait HIMATIKA Vektor, program kerja atau event HIMATIKA Vektor, artikel informasi beasiswa, dan karya mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang. Melanjutkan event Website tahun lalu, yaitu Matematika Berkarya, open submission karya dilakukan minimal 3 gelombang dalam satu tahun kepengurusan. Setiap partisipan Matematika Berkarya akan mendapat feedback berupa e-certificate dan bagi karya dengan komentar terbanyak di unggahan website HIMATIKA Vektor akan mendapat tambahan e-certificate sebagai Karya Terpopuler dan reward berupa e-money.

3. Jurnalistik

Kegiatan Jurnalistik diantaranya adalah Ekspos Kegiatan tentang reportase semua program kerja yang ada di HIMATIKA Vektor 2022. Adapun reportase mahasiswa atau dosen berprestasi Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Prestasi yang dicapai tidak harus dalam bidang akademik tetapi bisa dalam bidang non akademik. Ekspos Kegiatan dipublikasikan dalam bentuk artikel atau video. Artikel tersebut diunggah pada website HIMATIKA Vektor. Sedangkan, untuk video akan diunggah di Instagram. Video ini dapat berupa video wawancara bersama narasumber atau video liputan kegiatan Departemen Matematika. Kegiatan yang diliput dalam bentuk video adalah salah satu program kerja di HIMATIKA Vektor 2022 yang berlangsung secara luring. Untuk meningkatkan social traffic, link dari artikel atau video akan dibagikan melalui Instastory HIMATIKA Vektor dan media sosial pengurus HIMATIKA Vektor 2022. Pengurus tersebut diperbolehkan untuk membagikan link di media sosial yang dimiliki, tetapi diutamakan di status WhatsApp.

Selain itu, di jurnalistik juga terdapat MATHLINK. MATHLINK merupakan majalah Departemen Matematika. Publikasi MATHLINK akan berupa dalam bentuk e-book yang nantinya diunggah di website HIMATIKA Vektor. MATHLINK akan membahas baik mengenai Departemen Matematika Universitas Negeri Malang maupun topik di luar Matematika. Isi dari majalah tersebut, yaitu profil dosen Matematika, profil dan susunan kepengurusan HIMATIKA Vektor 2022, visi dan misi HIMATIKA Vektor 2022, liputan utama, mahasiswa berprestasi, fun facts tentang Matematika, cerpen, ilustrasi, resensi film atau buku, What’s Up Mathematics (curhatan, titip salam, kritik, dan saran), TTS, quotes, dan penutup.

Ada pula Artikel Berita yang membahas mengenai isu-isu terkini. Isu-isu yang akan dibahas dapat memuat bidang sosial dan budaya, pendidikan, ataupun lingkungan. Penulisan artikel ini menjadi bentuk kontribusi mahasiswa HIMATIKA Vektor untuk selalu tanggap dan kritis terkait isu-isu. Dalam proses penulisan, sumber yang akan digunakan adalah buku dan media berita yang kredibel. Artikel ini akan dipublikasikan di website HIMATIKA Vektor.

Artikel singkat tentang Fun Fact About Mathematics. Fun Fact About Mathematics merupakan fakta menyenangkan mengenai Matematika. Artikel ini dipublikasikan di website HIMATIKA Vektor dan feeds Instagram. Konsep publikasi di feeds Instagram dengan mengunggah design yang berisi judul fun fact tersebut, sedangkan link dari artikel tersebut akan ditulis di caption.

https://coverletterwritingservice.com