HIMATIKA VEKTOR

Bidang Pengabdian Masyarakat

Himatika Vektor UM PENGMAS

Bidang Pengabdian Masyarakat adalah bidang yang bergerak berlandaskan salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yaitu untuk mengabdi pada masyarakat. Bidang ini terdiri dari dua divisi, yaitu Divisi Kemahasiswaan dan Divisi Kemasyarakatan.

Divisi Kemahasiswaan

Program Kerja

1. Krida Bhakti

Krida Bhakti adalah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Departemen Matematika yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Departemen Matematika tahun akademik 2022/2023. Krida Bhakti akan dilaksanakan selama 4 hari dalam 2 minggu secara daring. Acara tersebut akan mengundang pemateri yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Materi kurang lebih berjumlah sekitar 11, antara lain materi Sistem Perkuliahan, Etika Perkuliahan, Kepemimpinan, Perkembangan Diri, Sidang, SWOT, pengenalan MIC, KMUM, OMVN, PKM, dan MBKM. Pada akhir acara akan diadakan pengukuhan mahasiswa Departemen Matematika secara resmi dengan penetapan nama angkatan Departemen Matematika.

2. Webinar PKM

Webinar PKM 2022 adalah sebuah kegiatan yang diadakan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. Webinar ini akan dilaksanakan di platform Zoom Meeting dikarenakan pandemi COVID-19 yang masih berlangsung. Webinar ini akan dihadiri oleh pemateri yang relevan dan berkompeten di bidangnya. Webinar PKM 2022 akan diikuti oleh mahasiswa umum baik dari Universitas Negeri Malang maupun dari luar (lebih diprioritaskan mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang). Pengisi materi webinar ini adalah dosen pembimbing PKM dan mahasiswa Universitas Negeri Malang (diprioritaskan dari Departemen Matematika) yang lolos ke PIMNAS.

3. Follow Up Webinar PKM

Follow Up Webinar PKM 2022 sebuah kegiatan yang diadakan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. Sebagai upaya untuk melatih mahasiswa dalam penyusunan PKM dan mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PKM Hunter (yang diselenggarakan oleh pihak BEM FMIPA UM). Kegiatan ini akan diawali dari penugasan pasca acara Krida Bhakti (untuk mahasiswa baru) dan setelah itu akan diadakan pelatihan selama satu bulan. Kami juga akan membuka dan menerima tim di luar mahasiswa baru dengan ketua tim dari Departemen Matematika. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan mahasiswa lebih memahami mengenai sistematika penyusunan PKM dan akan menjadi perwakilan Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam kegiatan PKM Hunter. Follow Up Webinar PKM 2022 dilaksanakan secara online, dengan setiap pertemuan akan diadakan pelatihan dan review oleh pemateri yang berkompeten di bidang PKM. Dan akan diberikan waktu merevisi proposal setelah masing-masing tim melakukan mentoring. Setelah proposal masing-masing tim sudah sesuai dengan pedoman proposal PKM yang terbaru, tim yang lolos seleksi akan didelegasikan untuk mengikuti kegiatan PKM Hunter.

4. Student Day

Student Day adalah serangkaian kegiatan Himatika Vektor yang ditujukan kepada mahasiswa baru Departemen Matematika Universitas Negeri Malang tahun 2022. Setiap kegiatan terdapat poin dan penilaian tersendiri. Mahasiswa baru wajib mendapatkan poin minimal sebagai syarat untuk lulus dan mendapatkan sertifikat.

Divisi Kemasyarakatan

Program Kerja

1. ELIPS

Educate and Learn with Passion to Share (ELIPS) adalah salah satu program kerja dari Divisi Kemasyarakatan, Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. ELIPS merupakan kegiatan belajar-mengajar dengan semangat berbagi ilmu kepada adik-adik panti asuhan. ELIPS akan dilakukan selama 4 hari secara offline di panti asuhan. Kegiatan ELIPS lebih menekankan pada pembelajaran Matematika melalui media pembelajaran berupa media manipulative yang terbuat dari barang bekas. Selain itu juga, terdapat kegiatan membuat prakarya dari barang bekas yang akan dibimbing oleh tentor dari mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

2. MAHAPRAJA

Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA) 2022 merupakan program kerja yang diadakan oleh HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. Program kerja ini menjadi bentuk realisasi dari salah satu Tri Dharma perguruan tinggi yakni mengabdi kepada masyarakat. MAHAPRAJA 2022 akan dilaksanakan di salah satu daerah di Kabupaten Malang. Fokus dari kegiatan MAHAPRAJA 2022 adalah menjadikan daerah sasaran sebagai daerah ramah lingkungan salah satunya dengan penanaman berbagai tanaman yang bermanfaat serta pembentukan perpustakaan mini untuk area anak-anak. Selain dua kegiatan utama, juga akan ada kegiatan pendukung berupa serangkaian kegiatan bakti sosial dan berbagai macam perlombaan untuk anak-anak.

https://coverletterwritingservice.com