HIMATIKA VEKTOR

Bidang Bakat dan Minat

Himatika Vektor UM BAKMIN

Bidang Bakat dan Minat adalah bidang yang bergerak untuk mewadahi dan memfasilitasi berbagai bakat dan minat mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Bidang ini terdiri dari dua divisi, yaitu Divisi Kreativitas dan Seni, serta Divisi Pemuda dan Olahraga.

Divisi Kreativitas dan Seni

Program Kerja

1. Artlympic

Artlympic adalah suatu kegiatan yang dilaksanakan sebagai wadah pengembangan potensi serta bakat dan minat yang dimiliki oleh mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati hari jadi Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan pada pra acara adalah kompetisi video TikTok, Greeting Video untuk memperingati hari jadi Departemen Matematika, Desain Poster Digital, Karya Tulis Cerpen, dan Cover Lagu yang dapat diikuti oleh khalayak umum (kecuali Greeting Video). Pada puncak acara nantinya akan ada proses pemotongan tumpeng, penampilan dari mahasiswa dan dosen Departemen Matematika, partisipasi dari Sanggar Tari Matematika, penampilan bakat dari Duta Alfa-Beta 2022, penampilan guest star, mini games, dan adanya pengumuman pemenang dari berbagai lomba yang diadakan.

2. MAGMA

Meet and Greets of Mathematics (MAGMA) adalah salah satu program kerja dari Bidang Bakat dan Minat HIMATIKA Vektor yang bertujuan untuk menyambut dan mempererat hubungan antar mahasiswa baru Departemen Matematika angkatan 2022 Universitas Negeri Malang. Dalam kegiatan ini HIMATIKA Vektor juga memberikan wadah untuk mengekspresikan bakat dan minat mereka. Untuk kegiatan MAGMA 2022 ini HIMATIKA Vektor mengadakan pemilihan Duta Alfa-Beta yang akan menjadi icon dari Departemen Matematika. Adapun rangkaian dari MAGMA 2022 ada 3 yaitu, pra-acara, waktu acara, dan pasca acara. Pra-acara nantinya berisi tugas berupa pemasangan twibbon di Instagram, lomba debat ringan yang ditujukan untuk mahasiswa baru Departemen Matematika angkatan 2022 Universitas Negeri Malang, dan seleksi Duta Alfa-Beta 2022. Untuk waktu acara ada final lomba debat ringan, mini games, penampilan bakat kelompok yang terangkum dalam drama kelompok, dan pengumuman Duta Alfa–Beta yang terpilih dari finalis Duta yang telah diseleksi sebelumnya, kemudian untuk pasca acara, baik Duta yang terpilih maupun yang tidak terpilih akan dibimbing dan didampingi untuk dapat berpartisipasi aktif, baik terlibat penuh dalam promosi produk dari HIMATIKA Vektor dan dalam program kerja maupun sidepro HIMATIKA Vektor terutama untuk duta yang terpilih.

3. Math Culture

Math Culture adalah sebuah wadah untuk mahasiswa Departemen Matematika mengembangkan bakat dan minatnya di bidang Seni. Dengan diadakan latihan rutin untuk mempersiapkan penampilan-penampilan di program kerja HIMATIKA Vektor juga untuk lomba baik dari dalam maupun luar Universitas Negeri Malang. Math Culture ini sendiri merupakan sanggar seni yang mana meliputi Seni Tari, Seni Musik, dan juga Seni Drama. Pada Math Culture cabang Seni Tari ini lebih memfokuskan pada Tari Tradisional. Selanjutnya pada Math Culture di Seni Musik, akan berfokus pada musik modern seperti cover lagu. Selanjutnya pada Seni Drama nantinya akan mewadahi bakat dan minat mahasiswa dalam bidang seni akting. Adapun kegiatan latihan Math Culture ini dilaksanakan secara offline di belakang Gedung Graha Rektorat sehingga kegiatan latihan bisa dilaksanakan dengan lebih maksimal.

4. Webinar Seni

Webinar Seni merupakan sebuah webinar yang diperuntukkan untuk umum yang mana diadakan oleh Bidang Bakat dan Minat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. Webinar seni ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan lebih dan melihat suatu seni dari berbagai sudut pandang. Dari webinar ini mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan rasa ingin tahu dan rasa ketertarikan pada bidang Seni. Sehingga pelestarian budaya di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang tetap terjaga dengan baik. Selain itu webinar ini juga bertujuan untuk menambah peminat mahasiswa Departemen Matematika untuk mengikuti Math Culture yang dilaksanakan setelah Webinar Seni ini. Pada akhir kegiatan nantinya akan dilakukan post-test mengenai materi yang telah diberikan sebagai indikator bertambahnya wawasan peserta pada bidang Seni. Kegiatan ini dilaksanakan pada awal bulan April 2022 dan dilaksanakan via Zoom Meeting mengingat kondisi yang kurang mendukung karena adanya COVID-19.

Divisi Pemuda dan Olahraga

Program Kerja

1. Pekan Olahraga Mahasiswa

Pekan Olahraga Matematika (POM) adalah salah satu program kerja dari Bidang Bakat dan Minat HIMATIKA Vektor 2022. Pada POM tahun ini diadakan selama 3 hari pada Juni 2022 dengan 3 cabang Olahraga yaitu Mobile Legend, Virtual Run, dan Catur. Dengan diadakannya POM diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kompetisi pada seluruh peserta dan peserta dapat menunjukkan usaha terbaiknya dalam berkompetisi pada POM ini. Pekan Olahraga Matematika (POM) tahun ini diadakan secara online karena kondisi yang belum memungkinkan untuk diadakan secara offline.

2. Math Trainer

Math Trainer adalah wadah mahasiswa Departemen Matematika  Universitas Negeri Malang untuk mengembangkan dan menyalurkan bakat yang ada di dalam diri mahasiswa. Dalam Math Trainer akan diadakan latihan rutin untuk menyiapkan dan menyeleksi anggotanya, sehingga nanti akan terbentuk suatu tim untuk mengikuti berbagai macam perlombaan baik dari dalam kampus maupun luar kampus. Cabang olahraga yang akan diadakan training (pelatihan) yaitu perlombaan yang terkait dengan e-sport seperti Mobile Legends, PUBG, dan PES. Pelaksanaan training dilaksanakan secara virtual. Adapun beberapa kegiatan yang akan Math Trainer lakukan yaitu melaksanakan Studi Banding yang bisa dilaksanakan melalui pengadaan sparing dengan trainer Departemen lain dan tim-tim dari dalam kampus maupun luar kampus, kemudian akan dilaksanakan evaluasi, serta melaksanakan mabar online untuk anggota yang memiliki bakat dan minat di bidang e-sport.

3. Webinar Olahraga

Webinar Olahraga adalah webinar yang diadakan oleh Bidang Bakat dan Minat HIMATIKA Vektor. Kegiatan ini bertujuan untuk mengembangkan pemahaman peserta webinar dalam bidang Olahraga. Dengan harapan peserta webinar lebih berani mengekspresikan diri melalui bidang Olahraga terutama mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Serta meningkatkan minat mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam mengikuti trainer yang telah disediakan oleh HIMATIKA Vektor. Kegiatan ini dilaksanakan pada pertengahan Maret 2022 dan akan dilaksanakan secara daring melalui platform Zoom Meeting.

https://coverletterwritingservice.com