COMATH, Program Kerja Baru dengan Sejuta Manfaat yang Dinantikan Para Mahasiswa

COMATH, Program Kerja Baru dengan Sejuta Manfaat yang Dinantikan Para Mahasiswa

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Setiap manusia pasti memiliki cita-cita dan kesuksesan yang mereka inginkan serta impikan sejak lama. Dalam meraih cita-cita dan kesuksesan tersebut haruslah diiringi dengan usaha, tips-tips, dan strategi untuk mencapainya. Tetapi strategi yang dibuat harus disesuaikan dengan bakat, minat, dan kemampuan diri kita masing-masing, jangan sampai kita membuat strategi yang salah dan akhirnya akan membawa dampak buruk kepada kita. Semua usaha, tips-tips, dan strategi haruslah dipersiapkan sejak lama, mulai dari kita masih duduk di bangku sekolah dan di jenjang perkuliahan.

Oleh karena itu, HIMATIKA Vektor melalui bidang penalaran menghadirkan program kerja baru di tahun 2021 dengan nama Concentration of Mathematics (COMATH) 2021. COMATH merupakan kegiatan sharing pengalaman tentang pemilihan konsentrasi mata kuliah beserta pengaruhnya terhadap proses dan pasca perkuliahan. COMATH memprioritaskan mahasiswa semester 5 Jurusan Matematika UM sebagai sasaran utama untuk menjadi peserta, namun banyak juga mahasiswa yang masih berada di semester 3 turut antusias mengikuti kegiatan ini. Tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai sarana berbagi pengalaman dari pembicara tentang pemilihan konsentrasi dan memberikan gambaran kepada peserta terkait apa saja yang harus dipersiapkan dan dipertimbangkan sebelum melakukan pemilihan konsentrasi. Pembicara atau pemateri tersebut merupakan alumni mahasiswa Jurusan Matematika UM yang dahulu sewaktu kuliah mengambil salah satu konsentrasi yang ada di masing-masing prodi sesuai dengan prodi pemateri.

Sesuai dengan tema kegiatan ini yaitu “Set Your Concentration and Develop Your Passion” diharapkan peserta yang ikut dapat menentukan konsentrasi pilihan mereka dan mulai fokus dalam pengembangan passion mereka pada konsentrasi sesuai pilihannya. Sejak pertama kali dibuka pendaftaran banyak mahasiswa yang ingin mengikuti kegiatan ini karena mereka tahu seberapa pentingnya mengikuti kegiatan COMATH ini. Terhitung ada sekitar 119 peserta untuk prodi matematika dan 127 peserta untuk prodi Pendidikan Matematika. Jumlah peserta yang mendaftar terhitung fantastis karena mengingat COMATH baru diadakan pertama kali pada tahun 2021 ini. Berikut ini gambaran bagaimana keseruan yang ada di COMATH day 1 (prodi Matematika) dan day 2 (prodi Pendidikan Matematika).

COMATH DAY 1 (PRODI MATEMATIKA)

Untuk COMATH day 1 hadir dengan 5 konsentrasi di prodi Matematika, antara lain konsentrasi terapan, konsentrasi analisis statistik, konsentrasi perekayasa perangkat lunak, konsentrasi analisis, dan konsentrasi aljabar.

Kegiatan diawali dengan pembukaan oleh moderator dan dilanjutkan dengan pemaparan materi setiap konsentrasi. Pemaparan materi berjalan dengan baik dan lancar dengan para pemateri yang tentu ahli pada bidangnya. Pemateri menyampaikan materi dengan luwes, menarik, dan juga friendly sehingga suasana menjadi tidak terlalu kaku dan para peserta menjadi nyaman selama mengikuti forum. Tak hanya itu, para peserta sangat antusias untuk bertanya di sesi tanya jawab. Setelah sesi tanya jawab berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman penanya terbaik sekaligus penyampaian kesan dan pesan yang dirasakan selama kegiatan.

Berikut adalah salah satu kesan dan pesan yang disampaikan oleh salah satu peserta, yakni Aghisna Asfahani dari angkatan 2019.

“Kegiatan ini memberikan saya banyak pencerahan mengenai macam-macam konsentrasi. Setelah mendapatkan banyak pencerahan dari beliau-beliau (pemateri), saya jadi mulai banyak pertimbangan, dan mulai galau lagi mau ambil konsentrasi apa ya kira-kira. Tapi melihat prospek kerja yang telah disampaikan oleh kakak-kakak pemateri, lumayan memberikan motivasi saya untuk menentukan apa konsentrasi saya kedepannya. Kegiatan ini cukup membantu. Terima kasih teman-teman panitia sudah memfasilitasi kami, angkatan 2019 untuk menyampaikan kegalauan ini.”

Tak lupa, bagi penanya terbaik berhak mendapatkan doorprize dari panitia yakni uang sejumlah Rp40.000,00. Demikianlah kegiatan COMATH Day 1 ditutup dan kemudian diakhiri.

COMATH DAY 2 (PRODI PENDIDIKAN MATEMATIKA)

Tidak kalah seru dengan COMATH Day 1, COMATH Day 2 hadir dengan 4 konsentrasi di prodi Pendidikan Matematika, antara lain konsentrasi pembelajar tingkat magister, konsentrasi pendidik, konsentrasi pengembang media, dan konsentrasi peneliti.

Sama halnya COMATH Day 1, kegiatan kami awali dengan pembukaan dan dilanjutkan sesi pemaparan materi. Materitersampaikan dengan begitu jelas dan detail. Tak hanya itu, teman-teman mahasiswa program studi PendidikanMatematika, peserta COMATH Day 2, juga sangat antusias ketika sesi tanya jawab. Mulai dari pertanyaan yang dikhususkan untuk salah satu konsentrasi, hingga pertanyaan yang bersifat terbuka  untuk semua konsentrasi. Hal tersebut membuat forum diskusi menjadi lebih hidup dan berkualitas.

Ketika sesi tanya jawab telah berakhir, kegiatan dilanjutkan dengan pengumuman penanya terbaik sekaligus penyampaian kesan dan pesan. Salah satu penanya terbaik, yakni Mei Dwi dari angkatan 2019, menyampaikan kesan dan pesannya setelah mengikuti kegiatan COMATH Day 2.

“Terima kasih kepada panitia. Acara ini benar-benar bermanfaat, terutama buat saya yang masih galau nentuin konsentrasi. Terima kasih juga untuk kakak-kakak pemateri yang sudah menjelaskan sedetail mungkin dan dengan sabar menjawab pertanyaan satu-persatu. Yang pasti, acara ini bermanfaat.”

Sama halnya dengan COMATH Day 1, penanya terbaik berhak untuk mendapatkan doorprize yakni uang sebesar Rp40.000,00. Dengan demikian, kegiatan COMATH Day 2 ditutup dan diakhiri.

Ditinjau dari COMATH day 1 dan day 2 dapat disimpulkan bahwa kehadiran dari program kerja ini sangat membantu dan menjadi salah satu program yang akan ditunggu-tunggu oleh para peserta di tahun selanjutnya. Dengan harapan dan pesan dari para peserta, semoga kedepannya COMATH bisa lebih bermanfaat serta memberikan pengalaman yang lebih menyenangkan lagi dibandingkan di tahun 2021. Kami selaku panitia merasa sangat senang karena mendapatkan feedbackyang baik dari para peserta serta bisa membantu sesama mahasiswa untuk saling berproses menuju cita-cita dan kesuksesan yang selama ini kita impikan. Terima kasih atas partisipasi dari semua pihak dan sampai jumpa di COMATH tahun berikutnya. Terus pantau media sosial HIMATIKA Vektor agar tidak ketinggalan informasi yang menarik dari proker lainnya.

 

Reporter: Moneig Noorfitria Syaharani, Nur Avitri Siswarno

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com