PDH Sebagai Identitas HIMATIKA Vektor

PDH Sebagai Identitas HIMATIKA Vektor

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Salah satu barang yang harus dimiliki oleh pengurus sebuah organisasi adalah PDH (Pakaian Dinas Harian). Apa sih PDH itu? PDH merupakan kepajangan dari Pakaian Dinas Harian. Biasanya baju ini dipakai oleh abdi negara untuk keseharian di kantor. Lama-kelamaan PDH memiliki pengertian yang meluas. PDH juga diartikan sebagai seragam yang dipakai mahasiswa ke kampus. Sehingga dikenal menjadi baju PDH Mahasiswa.

Nah, HIMATIKA Vektor juga memiliki side pro nih, yaitu pengadaan PDH (Pakaian Dinas Harian), dimana pakaian ini digunakan saat ada kepanitiaan sebagai tanda pengenal para pengurus. Setiap pergantian angkatan HIMATIKA Vektor melakukan pengadaan PDH, yang biasanya mulai dari voting warna, bahan baju, dan desain. Meskipun beberapa kegiatan dilaksanakan secara online akan tetapi, pengadaan PDH ini tetap diadakan. Karena dalam kegiatan proker atau side proterdapat panitia offline dan online. Meskipun dibagi menjadi dua seperti itu akan tetapi, tetap sama memakai PDH sesuai hari yang telah ditentukan oleh sie acara di masing-masing kegiatan. Para pengurus antusias akan pengadaan PDH ini, mereka sudah tidak sabar memakai PDH saat ada kegiatan proker ataupun side pro.

Berikut Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berhasil mewawancarai salah satu pengurus HIMATIKA Vektor tahun ini. Berikut tanggapan mengenai pengadaan PDH (Pakaian Dinas Harian) HIMATIKA Vektor yang disampaikan oleh salah satu peserta, yaitu Yulia Rachmawati dari Angkatan 2020.

“Menurut aku pribadi sih PDH nya bagus, warna merahnya juga pas tidak terlalu terang dan tidak terlalu gelap. Bahannya juga adem, waktu dipakai di musim panas tidak bikin gerah tetapi saat cuaca sedang dingin juga tidak kedinginan. Yang paling penting nyaman gitu waktu dipakai, tidak gatel. Jadi ya worth it si untuk harganya soalnya sebanding dengan kualitas.”

Persiapan pelaksanaan Pengadaan PDH ini diawali dengan penyusunan proposal kegiatan sebagai acuan pelaksanaan kegiatan. Penyusunan proposal kegiatan ini dilakukan oleh Sekretaris dan Bendahara Pelaksana dengan Ketua Pelaksana. Proposal kegiatan ini telah disetujui Dosen Pendamping HIMATIKA Vektor 2021 dan Ketua Jurusan Matematika pada tanggal 6 Juni 2021.

Kegiatan Pengadaan PDH dilaksanakan mulai tanggal 26 Mei 2021 dimulai dengan menentukan beberapa desain PDH untuk voting. Voting ini meliputi warna dasar, warna tambahan, desain kerah baju, lengan baju dan lain sebagainya. Para pengurus diberi kebebasan untuk memilih desain yang mereka inginkan, akan tetapi tetap akan dipilih hasil yang terbanyak karena kita menggunakan sistem voting. Setelah dilaksanakan voting dan desain sudah ditentukan, maka selanjutnya mulai mencari tempat konveksi yang harganya terjangkau dan kualitasnya bagus. Saat menentukan tempat konveksi sebelumnya kita sudah melakukan survey di beberapa tempat konveksi yang ada di Malang. Dilanjutkan dengan proses produksi yang berjalan sekitar 4 minggu

Adapun setelah kegiatan produksi usai, dilaksanakan kegiatan pendistribusian PDH ke setiap anggota HIMATIKA Vektor. Untuk daerah luar Malang pendistribusiannya melalui jasa ekspedisi. Untuk yang daerah Malang melakukan COD dengan Penanggung Jawab PDH. Pastinya dalam menjalankan semua proses ini tidak selalu berjalan dengan lancar secara terus-menerus, ada beberapa kendala atau hambatan. Saat proses produksi berjalan ada beberapa kendala pada  proses finishing yang membuat PDH terlambat pendistribusiannya. Tidak tahu penyebab pastinya, dikarenakan hal itu terjadi disebabkan oleh konveksinya sendiri. Setelah melalui proses yang panjang dan cukup memakan waktu yang lama, akhirnya PDH selesai diproduksi dan langsung di distribusikan ke alamat setiap pengurus. Untuk pembelian PDH ini menggunakan uang pribadi masing-masing.

 

Reporter: Salsabila Ayu ZhianaPutri, Ajeng Prajnya Paramita Dewi

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top