Meet and Greet Bersama MAGMA 2021

Meet and Greet Bersama MAGMA 2021

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UMMeet and Greet of Mathematics (MAGMA) 2021 merupakan salah satu program kerja HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk menyambut dan menjalin keakraban antar mahasiswa baru Jurusan Matematika. MAGMA 2021 kembali dilaksanakan secara daring pada Jumat, 01 Oktober 2021. Kegiatan ini dimeriahkan oleh penampilan yel-yel dari mahasiswa baru, mini games, serta penampilan bakat dan minat mahasiswa baru dan pengurus HIMATIKA Vektor 2021. Kemudian, pada kegiatan ini juga diumumkan pemenang Duta Afa-Beta.

 

Adapun tujuan dari MAGMA 2021, diantaranya adalah menjalin silaturahmi antar mahasiswa baru Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang, menyediakan tempat bagi mahasiswa baru Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang untuk menampilkan bakat dan minat mereka, memperkenalkan program kerja HIMATIKA Vektor kepada mahasiswa baru Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang, serta menyeleksi Duta Alfa-Beta Matematika 2020 dan 2021. MAGMA 2021 mengusung tema “Change Yourself to Make a Golden Sprinkle” yang bermakna sebagai harapan untuk mahasiswa Jurusan Matematika agar mampu mengubah dirinya menjadi generasi emas yang memiliki banyak keunggulan di berbagai aspek kehidupan.

 

MAGMA 2021 sukses digelar dengan dimeriahkan oleh beberapa penampilan yel-yel, serta bakat dan minat dari mahasiswa baru dan juga pengurus HIMATIKA Vektor 2021. Kegiatan ini diawali dengan sambutan-sambutan dan dibuka secara resmi oleh Bapak Mohammad Agung, S.Pd., M.Sc. selaku dosen pendamping HIMATIKA Vektor 2021. Kegiatan yang kedua, yaitu penampilan video pemenang lomba yel-yel diikuti dengan penampilan bakat dan minat peserta MAGMA 2021. Setelah ishoma, kegiatan kembali dilanjutkan dengan diadakan mini games berupa sambung kata. Kegiatan yang selanjutnya adalah pengumuman pemenang Duta Alfa-Beta yang merupakan momen paling dituggu-tunggu oleh para mahasiswa. Setelah itu, kegiatan dilanjutkan dengan sharing antara pengurus HIMATIKA Vektor 2021 dan para mahasiswa baru. Sebagai akhir dari acara MAGMA 2021, ditampilkan penampilan bakat dan minat dari pengurus HIMATIKA Vektor 2021. Para mahasiswa baru tampak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan ini dari awal hingga akhir. Selain itu, dengan diadakannya pemilihan Duta Alfa-Beta diharapkan dapat menjadi sosok panutan bagi mahasiswa Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang.

Pada (01/10/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai beberapa narasumber dalam pelaksanaan MAGMA 2021, berikut ulasannya.

Menurut Alivia Rohmatuzzahra selaku peserta MAGMA 2021, kegiatan ini sangat berkesan karena merupakan event yang digunakan untuk menyambut mahasiswa baru dan tempat sharing seangkatan dengan pengurus HIMATIKA Vektor 2021. Menurutnya, acara berjalan cukup lancar, sangat menarik, dan dapat menjadikan mahasiswa baru menjadi lebih mengenal satu sama lain. Alivia Rohmatuzzahra juga mengungkapkan bahwa ada banyak hal yang telah ia dapatkan dari mengikuti MAGMA 2021, antara lain bisa menampilkan bakat dan minat yang dimiliki, serta dapat menambah banyak informasi baru melalui sharing dengan pengurus HIMATIKA Vektor 2021.

 

Selain peserta, kami berkesempatan mewawancarai panitia MAGMA 2021, Noviana Puspita Sari. “Kegiatan MAGMA 2021 berjalan dengan seru dan menyenangkan. Walaupun saat pelaksanaan ada terkendala jaringan, tapi hal itu tidak membuat semangat dari panitia dan peserta MAGMA 2021 padam,” ujar Noviana.

 

Tidak hanya panitia dan mahasiswa baru, kami juga berkesempatan untuk mewawancarai juri Duta Alfa-Beta, Laurentcia Noviafta Widya. Menurut beliau, acara MAGMA 2021 adalah acara yang menarik dan kreatif. Beliau juga berharap agar kegiatan ini terus diadakan setiap tahunnya dengan kualitas yang lebih baik. Jika diperlukan, dibuat suatu grup atau paguyuban Duta Alfa-Beta dari angkatan terdahulu hingga sekarang sehingga dapat menguatkan satu sama lain. Beliau juga mengungkapkan bahwa banyak potensi Duta Alfa-Beta yang berbakat di Jurusan Matemaika.

Adapun kesan, pesan, dan harapan dari beberapa narasumber, diantaranya:

“Kesan dan pesan mengikuti kegiatan magma ini, yaitu memberikan pengalaman baru tersediri bagi saya karena dapat menyambut dan memperkenalkan HIMATIKA Vektor kepada teman-teman mahasiswa baru angkatan 2021. Pesannya semoga ditahun berikutnya magma dapat dilaksanakan lagi dengan kegiatan yang lebih terstruktur dan menghadirkan kemeriahan yang lebih dari tahun sebelum-sebelumnya,” ujar Noviana Puspita Sari.

“Harapan saya untuk MAGMA tahun depan yang pertama yaitu luring, karena saya yakin bahwa dengan Makrab yang diadakan secara luring memiliki nilai tersendiri yang tidak didapat saat daring dimana kita semua bisa bermuajah di satu tempat yang sama. Yang kedua, jika tahun ini bermanfaat, maka tahun berikutnya harus lebih bermanfaat dan semoga kalimat ini selalu terhubung,” ujar Pandu Violana Mulya selaku ketua pelaksana MAGMA 2021.

 

Selain itu, Laurentcia Noviafta Widya sebagai juri Duta Alfa-Beta juga menyampaikan harapannya untuk pemenang Duta Alfa-Beta. “Semoga bisa menjadi representasi Jurusan Matematika, yakni tidak hanya mumpuni di bidang akademik, tetapi juga di bidang non akademik. Semoga dapat menjadi contoh bagi teman-teman yang lain, terutama dalam hal sikap atau attitude,” ujarnya.

 

Reporter: Niken Larasati

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top