Himatika Vektor UM IMG 20220722 WA0006

Kilas Balik Mustahwil IX IKAHIMATIKA Wilayah V

Jurnalistik HIMATIKA Vektor — Ikatan Himpunan Mahasiswa Matematika (IKAHIMATIKA) Wilayah V usai menyelenggarakan giat rutin tahunan yang biasa disebut Musyawarah Wilayah atau Mustahwil. Mustahwil ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V dengan tema “Meneguhkan Integritas dan Komitmen Demi IKAHIMATIKA Wilayah V Lebih Progresif dan Bersinergi”. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai wadah forum pertanggungjawaban setengah kepengurusan Pengurus IKAHIMATIKA Wilayah V. Tujuan dari kegiatan ini adalah mencetak kaderisasi kepemimpinan pengurus IKAHIMATIKA Wilayah V sehingga tercipta kepengurusan yang berintegritas dan progresif. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan agar dapat mempererat rasa persaudaraan antara sesama mahasiswa, pengurus IKAHIMATIKA, demisioner, dan tamu undangan lainnya.

Mustahwil biasa dilaksanakan di berbagai macam kota yang berbeda setiap tahunnya. Pada tahun ini, Mustahwil ke-IX diadakan di Kota Mataram, NTB yang berlangsung selama 6 hari, yaitu pada tanggal 12-17 Juli 2022. Pada hari pertama dimulai dengan perjalanan ke penginapan. Pada hari kedua akan dilaksanakan Pembukaan, seminar nasional, Sidang Pleno I, dan Sidang Pleno II. Pada hari ketiga dilaksanakan Sidang Pleno III. Kemudian pada hari keempat dilaksanakan lanjutan Sidang Pleno III, Reshufle, dan pelantikan Kepengurusan baru serta penutupan Mustahwil IX. Kemudian pada hari kelima dilaksanakan Field Trip. Pada hari keenam, para peserta pulang kembali ke daerah masing-masing.  

Kegiatan Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V ini diikuti oleh pengurus IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V, peserta Musyawarah Wilayah, mahasiswa Matematika delegasi dari Himpunan Mahasiswa Matematika lingkup Wilayah V, dan demisioner IKAHIMATIKA Wilayah V. Dari HIMATIKA Vektor yang merupakan salah satu anggota dari IKAHIMATIKA pun ikut mengirimkan sejumlah 7 delegasi yang ikut serta dalam kegiatan tersebut, mulai dari mahasiswa Departemen Matematika angkatan 2019 hingga 2021.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Koordinator Wilayah V IKAHIMATIKA, yaitu Nurul Yaqin. Ia mengungkapkan bahwa Mustahwil ke-IX ini diikuti dengan antusias yang baik dari para peserta sehingga serangkaian kegiatan dapat berjalan lancar dari awal hingga akhir. Selain menilai antusias para peserta, saudara Nurul Yaqin juga menjelaskan harapannya untuk para pengurus baru IKAHIMATIKA wilayah V. “Pengurus IKAHIMATIKA Wilayah V satu tahun kedepan diharapkan mampu bekerja sama dan mengemban amanah dengan baik, bersama mewujudkan visi misi yang saya usung untuk mencapai sebuah tujuan organisasi. Sesama pengurus harus saling merangkul satu sama lain karena kepengurusan yang dibentuk dalam rasa optimisme yang baik akan mampu menciptakan sebuah dinamika yang positif,” ungkap Saudara Nurul Yaqin.

Selain berkesempatan mewawancarai Koordinator Wilayah V IKAHIMATIKA, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga mewawancarai Sekretaris Jendral IKAHIMATIKA, yakni Saudari Naurah Zahwa. Ia sependapat dengan Koordinator Wilayah V IKAHIMATIKA terkait besarnya antusiasme peserta yang dapat dilihat dari kehadiran peserta yang tidak hanya diikuti oleh peserta yang berasal dari Nusa Tenggara saja tapi juga diikuti peserta dari Aceh dan daerah lainnya.  Ia juga berpesan kepada para pengurus baru IKAHIMATIKA Wilayah V untuk tetap berkontribusi dan komitmen di IKAHIMATIKA Indonesia karena IKAHIMATIKA Indonesia kita bertemu dengan segala kultur yang menyatukan kita. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu Demisioner IKAHIMATIKA Wilayah V yang turut hadir dalam kegiatan Mustahwil ke-IX ini, Saudara Ismail Hasan. Setelah mengikuti serangkaian kegiatan Mustahwil ke-IX ia mengungkapkan kesan dan pesan untuk Mustahwil ini. “Berkumpul dengan teman-teman dari berbagai himpunan di Wilayah V dengan karakter serta pengalaman yang berbeda-beda sehingga menjadikan kegiatan ini cukup memberikan banyak pelajaran. Diskusi ringan dengan teman-teman peserta mempunyai cerita sendiri bagi setiap peserta. Pesan untuk Mustahwil ke-X nantinya bisa jauh lebih baik dari Mustahwil tahun ini dan untuk kegiatan Mustahwil ini bisa diadakan beberapa kegiatan nonformal antara panitia dan peserta,” ungkap Saudara Ismail Hasan. 

Semoga dengan diadakannya Mustahwil ke-IX pada tahun ini dapat mempererat rasa persaudaraan antar mahasiswa dan pengurus IKAHIMATIKA lainnya dan juga dapat mencetak kepengurusan baru yang lebih berintegritas dan progresif untuk ke depannya. 

 

Reporter: Yulia Rachmawati dan Aliya Muti’

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

4 thoughts on “Kilas Balik Mustahwil IX IKAHIMATIKA Wilayah V

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top