Himatika Vektor UM FI JULI AGUSTUS

Menyambut Mahasiswa Baru 2022, HIMATIKA Vektor Persiapkan Krida Bhakti 2022

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM Bersamaan dengan penerimaan mahasiswa baru Departemen Matematika di Universitas Negeri Malang, HIMATIKA Vektor persiapkan Krida Bhakti 2022 secara luring di Universitas Negeri Malang. Menelisik mengenai apa itu Krida Bhakti, Krida Bhakti adalah Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Departemen Matematika yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Departemen Matematika tahun akademik 2022/2023. Mengusung tema “Pundak Mahasiswa, Penentu Masa Depan Bangsa”, secara garis besar acara Krida Bhakti 2022 akan berisi penyampaian materi guna membekali mahasiswa baru dengan informasi seputar perkuliahan di Departemen Matematika, yaitu materi Sistem Perkuliahan, Kepemimpinan, Pengenalan OMVN dan PKM, materi Anti HOAX dan Paham Radikalisme, Tips Belajar, Tips Mengerjakan, dan Manfaat/Kegunaan TOEFL, Pengenalan KMUM dan MIC, materi SWOT, serta Analisis SWOT ORMAWA. Penyampaian materi tersebut akan dibagi pada dua hari dengan diselingi oleh ice breaking dan game, serta akan ada pengenalan anggota HMD HIMATIKA Vektor. Hari kedua akan ditutup dengan pengukuhan mahasiswa baru Departemen Matematika oleh Bupati Mahasiswa Departemen Matematika.

Koordinator Sie Acara, Saudari Riska Putri Amelia, mengungkapkan hal yang perlu dipersiapkan oleh mahasiswa baru kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. “Tentunya dari peserta harus menyiapkan mental dan manajemen waktu, karena terdapat peralihan dari online menjadi offline. Nah, di Krida Bhakti 2022 nanti akan ada tugas yang perlu dikerjakan oleh mahasiswa baru Departemen Matematika 2022 sebagai syarat lulusnya Krida Bhakti 2022,” ungkap Saudari Riska. 

Terkait persiapan dan antusiasme panitia Krida Bhakti 2022, Saudari Riska menambahkan, “Persiapan panitia sejauh ini lancar dan tugas tiap sie terpantau aman. Walaupun terdapat kendala, dapat diatasi dengan baik oleh koordinator dan anggotanya. Untuk panitianya sendiri sangat antusias karena memang peralihan dari online ke offline.”

Krida Bhakti 2022 kembali diadakan secara offline setelah dua tahun lamanya baik panitia maupun peserta sangat antusias dengan acara Krida Bhakti tahun ini. Setiap pihak tentu menginginkan acara kali ini berjalan dengan lancar. Meski mungkin terdapat beberapa hal yang perlu diwaspadai mengingat pandemi belum benar-benar berakhir, panitia telah menyiapkan Krida Bhakti 2022 dengan sebaik-baiknya. Sehubungan dengan hal tersebut, peserta juga diharapkan dapat membantu panitia menyukseskan acara Krida Bhakti 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana Krida Bhakti 2022, Saudara Mochammad Adillah Diyaril Qulub, mengenai perbedaan yang mendasar terkait Krida Bhakti tahun ini dengan tahun sebelumnya. Saudara Adillah mengungkapkan, “Untuk dua tahun kemarin, yaitu 2020 dan 2021, Krida Bhakti dilaksanakan secara online sedangkan tahun 2019 dilaksanakan secara offline. Untuk tahun 2022 ini kami masih mempersiapkan kedua kondisi di mana memerlukan pelaksanaan offline dan online.”

Perbedaan signifikan terdapat dari segi teknis pelaksanaannya. Ketika online, durasi waktu tiap sub acara dipersingkat. Sedangkan saat offline, waktu akan terasa lebih lama karena dihadiri secara langsung dan terdapat interaksi antara pemateri dengan peserta meskipun durasinya sama.. Kemudian dari segi penugasan kepada peserta, ketika offline penyerahan tugas dilakukan secara langsung. Sedangkan ketika online, penyerahan tugas melalui daring sehingga ditengarai beberapa peserta melakukan kecurangan. Selain itu, masih banyak perbedaan baik besar maupun kecil lain antara pelaksanaan Krida Bhakti secara online dan offline.

Selain Ketua Pelaksana Krida Bhakti 2022, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan mendengar pendapat Ketua Pelaksana Krida Bhakti 2020, Saudara M. Alfan Husein, mengenai pendapat beliau tentang diadakannya Krida Bhakti 2022 secara offline kembali. “Mungkin saya pada saat itu hanya melaksanakan Krida Bhakti 2020 secara online sehingga saya sangat antusias dengan apa yang akan terjadi pada Krida Bhakti yang akan datang,” ungkap Saudara Alfan.

“Mahasiswa baru perlu juga menyiapkan semangat dan antusiasmenya sebab dengan semangat dan antusiasme dari mahasiswa baru serta panitia maka acara Krida Bhakti 2022 akan menjadi kenangan tak terlupakan sebagai awal menjadi mahasiswa Departemen Matematika FMIPA UM,” tambahnya.

Dengan diadakannya Krida Bhakti 2022 ini diharapkan para mahasiswa baru Departemen Matematika dapat beradaptasi dengan lingkungan perkuliahan terutama di lingkungan Departemen Matematika. Kemudian mahasiswa baru Departemen Matematika diharapkan mendapat ilmu yang bermanfaat dari materi-materi yang telah disampaikan. Semoga Krida Bhakti 2022 dapat berjalan lancar dan memberi kebermanfaatan baik dari panitia, peserta, dan semua pihak yang berhubungan.

Jangan lupa selalu pantau akun media sosial HIMATIKA Vektor untuk mengetahui perkembangan timeline Krida Bhakti 2022 dan sampai jumpa di Krida Bhakti 2022!

 

Reporter: Nova Ade Sonata

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

5 thoughts on “Menyambut Mahasiswa Baru 2022, HIMATIKA Vektor Persiapkan Krida Bhakti 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top