Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 10 14 at 10.20.56 AM

Math Club III: Sarana untuk Mempersiapkan UTS Semester 1 bagi Mahasiswa Baru

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022  Pengurus Bidang Penalaran HIMATIKA Vektor 2022 bersama Pengurus KMUM 2022 kembali mengadakan kegiatan MATH CLUB pada hari Minggu, 9 Oktober 2022. MATH CLUB III diselenggarakan dalam rangka persiapan menghadapi Ujian Tengah Semester (UTS) untuk Mahasiswa Baru Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dengan mengusung tema “Improve Your Understanding of Math Through MATH CLUB”.

Pelaksanaan Math Club III  berbeda dengan pelaksanaan Math Club I dan II yang diadakan selama dua  hari. Math Club III hanya diadakan selama 1 hari dengan tetap membahas 2 mata kuliah yang berbeda. Mata kuliah yang dibahas pada Math Club III adalah Mata Kuliah Pengantar Aljabar dengan tentor Kak Efi Lailatun Nadhiroh dan Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrograman Komputer dengan tentor Kak Pandu Violana Mulya. Meskipun hanya diadakan selama satu  hari, antusiasme Mahasiswa Departemen Matematika masih tetap tinggi. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya mahasiswa yang mendaftar menjadi peserta yaitu sebanyak 95 peserta untuk mata kuliah Pengantar Aljabar dan 89 peserta untuk Mata Kuliah Dasar-dasar Pemrograman Komputer.

Minggu  (09/10), Math Club III pertemuan pertama dimulai jam 08.15 WIB dan dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Departemen Matematika 2022 serta dilanjutkan dengan sambutan Dosen Pendamping HIMATIKA Vektor 2022 sekaligus membuka acara secara resmi. Kemudian, diadakan penyampaian materi oleh tentor selama 30 menit dan dilanjutkan dengan pengerjaan kuis tentang mata kuliah yang dibahas selama 20 menit. Setelah pengerjaan kuis, tentor akan menyampaikan  pembahasan latihan soal yang sebelumnya telah dikirimkan di grup peserta. Kegiatan Math Club III diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan tentor yang bersangkutan. Sementara itu pertemuan kedua dimulai pada jam 13.30 WIB di hari yang sama. Rangkaian acara pada pertemuan kedua ini juga hampir sama seperti pertemuan pertama. Perbedaannya adalah pada pertemuan kedua kegiatan hanya dibuka oleh MC saja.

Pada (11/10/2022) Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022 berhasil mewawancarai Ketua Pelaksana Math Club 2022, Muhammad Nurhalim Makruf, terkait pelaksanaan kegiatan Math Club III. “Math Club III ini sudah dipersiapkan dengan sangat baik. Mulai dari hal perlengkapan, persiapan tentor, dan lain-lain. Walaupun pada saat pelaksanaan para peserta sempat kurang aktif dalam menanggapi pertanyaan pemateri, tetapi saat sesi tanya jawab, para peserta bisa berpartisipasi dengan aktif,” ungkap Halim.  Ia juga menambahkan, “Saya harap koordinasi untuk Math Club bisa lebih ditingkatkan agar pelaksanaan Math Club mendatang bisa lebih baik lagi.”

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan mewawancarai salah satu peserta Math Club III, yaitu Alya Noviyanti. “Menurut saya pelaksanaan Math Club III ini sangat bermanfaat, terlebih untuk saya yang baru dari SMA dan perlu beradaptasi dengan mata kuliah sehingga menambah sedikit pemahaman lebih dalam dari penyampaian materi di Math Club kemarin. Walaupun ini kegiatan belajar, tetapi masih terasa seru. Namun, menurut saya penyampaian materinya terlalu cepat. Saya harap pelaksanaan Math Club mendatang bisa lebih menarik dan bisa membahas mata kuliah yang berbeda,” ungkap Alya.

 

Reporter: Kholifah Nurlaily

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

6 thoughts on “Math Club III: Sarana untuk Mempersiapkan UTS Semester 1 bagi Mahasiswa Baru

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top