Himatika Vektor UM Featured Image Mei Juni page 0001 scaled

Math Club II: Persiapkan Diri untuk Menghadapi Ujian Akhir Semester Dua dengan Belajar dan Berdiskusi Bersama

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Di penghujung semester, mahasiswa akan menghadapi Ujian Akhir Semester. Ujian Akhir Semester merupakan salah satu kegiatan akademis yang wajib diikuti setiap mahasiswa untuk menyelesaikan studinya. Untuk membantu mempersiapkan hal tersebut, HIMATIKA Vektor 2023 bekerja sama dengan dalam pengadaan suatu kegiatan, yakni Math Club. Math Club  merupakan kegiatan diskusi dan belajar bersama untuk membantu meningkatkan pemahaman mata kuliah. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tepatnya pada tanggal 6 dan 7 Mei 2023. Kegiatan ini merupakan pelaksanaan kedua dari serangkaian Math Club yang akan dilaksanakan pada tahun ini. Math Club kali ini mengusung tema yang sama dari pelaksanaan Math Club sebelumnya, yaitu “Study Together and Enjoy the Mathematical Process.”

 

Math Club kali ini membahas dua mata kuliah yang telah dipilih secara langsung oleh mahasiswa yang menjadi sasaran, yaitu Kalkulus dan Teori Bilangan. Mata kuliah yang dibahas di hari pertama adalah Kalkulus dengan pembimbing Saudari Imannata Barokhatul dari S1 Matematika angkatan 2021. Sedangkan untuk pelaksanaan di hari kedua, mata kuliah yang dibahas adalah Teori Bilangan dengan pembimbing Saudari Ardia Fatma Sari dari S1 Matematika angkatan 2020. 

 

Rangkaian acara pada pelaksanaan Math Club II tidak jauh berbeda dengan pelaksanaan pertamanya.  Pada pelaksanaan hari pertama, kegiatan dimulai pukul 13.30 WIB dengan sambutan. Sambutan diberikan oleh Ketua Pelaksana dan Bupati Mahasiswa Departemen Matematika UM. Dalam hal ini, Bupati Mahasiswa memberikan sambutan sekaligus membuka kegiatan Math Club II secara resmi. Kegiatan tersebut dilanjutkan dengan pemaparan materi selama 40 menit dan diikuti pembahasan kuis yang telah dibagikan di grup peserta sebelumnya selama 50 menit. Di sela-sela kegiatan utama, diadakan ice breaking yang membuat para peserta kembali bersemangat untuk mengikuti kegiatan selanjutnya. Kegiatan diakhiri dengan sesi tanya jawab peserta kepada tentor. Untuk kegiatan di hari kedua, dilaksanakan pukul 09.00 WIB dengan kegiatan yang sama seperti pada hari pertama, tetapi tanpa sambutan.

 

Tim Jurnalistik Himatika Vektor UM – berkesempatan mewawancarai salah satu peserta Mah Club II yang mengikuti pelaksanaan kegiatan selama dua hari tersebut. “Math Club II sangat membantu saya dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi Ujian Akhir Semester dua dengan me-review  materi yang disampaikan dosen di kelas. Hal-hal yang disampaikan tentor dalam membimbing saat kegiatan Math Club II juga sangat mudah dipahami dan dicerna,” ungkap Saudari Naura Iftina Azifa. Tidak hanya itu, Saudari Naura juga menambahkan, “Harapan saya, semoga kegiatan ini bisa terus ada dan dapat membantu mempersiapkan kematangan persiapan mahasiswa matematika untuk menghadapi ujian.”

 

Walaupun terdapat beberapa kendala yang terjadi mendekati hari pelaksanaan, seluruh rangkaian kegiatan Math Club II dapat berjalan lancar dan sesuai dengan yang dirancang oleh panitia. Keaktifan dari peserta saat kegiatan belajar dan diskusi bersama menunjukkan besarnya antusiasme mereka dalam mempersiapkan diri untuk menghadapi ujian kali ini. Harapan untuk kedepannya, antusiasme ini tidak menurun dan seluruh peserta bisa terbantu dengan diadakannya kegiatan Math Club II.

 

Reporter: Inayah Putri Ramdhani

Redaktur: Marcella Nicen Rizona

One thought on “Math Club II: Persiapkan Diri untuk Menghadapi Ujian Akhir Semester Dua dengan Belajar dan Berdiskusi Bersama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top