Himatika Vektor UM FI

FASMATIKA: PENYALURAN ASPIRASI MAHASISWA MENJADIKAN DEPARTEMEN MATEMATIKA UNIVERSITAS NEGERI MALANG LEBIH BAIK

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – FASMATIKA 2023 atau Forum Aspirasi Mahasiswa Matematika 2023 merupakan forum yang mewadahi mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam menyampaikan kritik, saran, dan aspirasinya terhadap program kerja HIMATIKA Vektor 2023 serta terhadap pelayanan perkuliahan (meliputi: akademik, keuangan, sarana dan prasarana) di Departemen Matematika. Pada tahun 2022, FASMATIKA bernama FORMATH. Berbeda dengan tahun sebelumnya, FASMATIKA 2023 diadakan secara offline pada Jumat, 19 Mei 2023 di Universitas Negeri Malang. Beberapa minggu sebelum pelaksanaan kegiatan, telah disebarkan G-form kepada seluruh mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam menyampaikan aspirasinya. Hasil dari pengisian G-form tersebut disampaikan dan didiskusikan dalam kegiatan FASMATIKA 2023 bersama dengan pihak Departemen Matematika, pengurus HIMATIKA Vektor, dan mahasiswa Departemen Matematika. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM berkesempatan mewawancarai Saudari Intan Hilda Putri Widiana selaku Penanggung Jawab FORMATH 2022 mengenai perbedaan dari kegiatan FORMATH 2022 dengan FASMATIKA 2023. “Perbedaan FASMATIKA dengan FORMATH tidak terlalu signifikan. Dari jenis kegiatan, FORMATH dilaksanakan secara online sedangkan FASMATIKA dilaksanakan secara offline. Kemudian untuk perbedaannya ada beberapa konsep yang diubah dari FORMATH tahun lalu. Salah satunya terkait  tanggapan mengenai penyampaian informasi yang telah disampaikan di Power Point dan di G-form itu ada beberapa teknis yang berubah dari tahun lalu, sehingga pada tahun ini banyak aspirasi yang sudah tersampaikan dengan baik dan dari mahasiswa Departemen Matematika sendiri bisa menyampaikan aspirasi yang langsung mendapatkan respon dari pihak Departemen Matematika,” terang Saudari Intan. Saudari Intan juga menyampaikan saran untuk pelaksanaan FASMATIKA selanjutnya, yakni koordinasi dengan pihak departemen bisa dirinci lagi penyampaiannya dan aspirasi yang didiskusikan bisa lebih menyeluruh lagi kepada tiap narasumbernya. Menurut Saudari Intan, kegiatan FASMATIKA 2023 ini cukup dalam menyampaikan aspirasi mahasiswa sebagai bahan pertimbangan pihak departemen dan menjadi tolak ukur yang harus diperbaiki untuk kepentingan Departemen Matematika dan HIMATIKA Vektor. Saudari Intan juga menyampaikan harapan untuk pelaksanaan FASMATIKA selanjutnya, yakni supaya persiapan panitia dalam kegiatan FASMATIKA lebih dimatangkan lagi.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM juga berkesempatan mewawancarai Bapak Lathiful Anwar selaku narasumber FASMATIKA 2023 dari pihak Departemen Matematika mengenai hal yang didapatkan dari kegiatan ini. Dalam wawancara yang telah dilakukan, Pak Lathiful menyampaikan bahwa kegiatan FASMATIKA ini sangat bermanfaat. Beliau mengatakan bahwa dengan adanya FASMATIKA, pihak departemen selaku pengelola dapat mendengar saran, masukan, dan kelemahan dari departemen dalam hal pelayanan, sarana dan prasarana. Misalnya tentang bagaimana pengajaran yang diharapkan mahasiswa sehingga pihak pengelola bisa tahu perspektif mahasiswa dalam melihat pembelajaran itu seperti apa. Beliau juga menyampaikan harapan setelah diadakannya FASMATIKA ini, yakni beliau berharap bahan diskusi yang sudah disampaikan dalam forum hari ini (Jumat, 19 Mei 2023) bisa dioptimalkan. Beliau juga berharap usulan dan masukan dapat disampaikan kapan saja tanpa harus menunggu kegiatan FASMATIKA serta dapat didukung dengan data sehingga kedepannya kebijakan dari departemen bisa diperbaiki.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM juga berkesempatan mewawancarai Saudara Moh. Antoriyo selaku peserta FASMATIKA 2023 mengenai pelaksanaan kegiatan FASMATIKA 2023. Menurut Saudara Antoriyo, pelaksanaan FASMATIKA 2023 ini sangat bagus kerena kegiatan ini mampu mewadahi dirinya selaku mahasiswa Departemen Matematika dalam menyampaikan aspirasinya. Aspirasi tersebut dapat berupa pujian terhadap himatika dan pelayanan perkuliahan, maupun saran dan kritik kita terhadap himatika dan pelayanan perkuliahan di Departemen Matematika. Saudara Antoriyo juga mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan FASMATIKA, ia dapat mengetahui mengenai pejabat Departemen Matematika dan menambah pengalaman. Saudara Antoriyo juga menyampaikan harapan setelah diadakannya FASMATIKA 2023 yakni semoga aspirasi yang telah disampaikan ketika forum bisa di dengarkan untuk membenahi Departemen Matematika dan HIMATIKA Vektor menjadi lebih baik. 

Rangkaian kegiatan FASMATIKA 2023 telah usai, namun tidak selesai di sini. FASMATIKA bukan sekedar forum aspirasi melainkan harapan dari mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang agar HIMATIKA Vektor dan Departemen Matematika menjadi lebih baik. Semoga apa yang telah didiskusikan saat FASMATIKA ini dapat terealisasi dengan baik di kemudian hari.

 

Reporter : Nur Agni Al-Qonitine

Redaktur : Marcella Nicen Rizona 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top