Himatika Vektor UM FI Artikel Pra Kegiatan FMC 2023

FMC 2023 Membantu Mahasiswa Mengasah Kemampuan Untuk Menyelesaikan Permasalahan dengan Baik

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 – Fun Mathematics Competition (FMC) merupakan kompetisi matematika yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika Vektor yang ditujukan untuk mahasiswa/mahasiswi rumpun saintek dalam skala nasional. Salah satu tujuan dari dilaksanakannya kompetisi ini adalah meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam berpikir kritis, rasional, cepat, dan tepat. Tahun ini FMC akan dilaksanakan menjadi tiga babak, yaitu Babak Penyisihan pada tanggal 23 Juli 2023 secara daring melalui website dan Zoom Meeting, Babak Semifinal pada tanggal 29 Juli 2023 secara daring melalui Zoom Meeting, dan Babak Final pada tanggal 5 Agustus 2023 secara offline di Universitas Negeri Malang.

Pada babak penyisihan peserta akan mengakses website dalam mengerjakan soal uraian singkat dan soal pembanding. Soal pembanding berupa soal uraian panjang yang dikerjakan sebagai pembanding apabila terdapat kesamaan nilai pada soal uraian singkat. Pada babak semifinal akan diberikan tiga soal uraian singkat dan tiga soal teka-teki. Kemudian pada babak final akan dibagi menjadi tiga sesi yaitu wajib jawab, presentasi, dan cerdas cermat.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai Koordinator Sie Acara FMC 2023 mengenai persiapan panitia untuk kegiatan ini. “Persiapan untuk FMC 2023 ini dimulai dari pemahaman semua panitia mengenai kegiatan FMC, kemudian setiap sie akan mengerjakan jobdesc yang Alhamdulillah saat ini sudah berjalan dengan baik,” ungkap Saudari Nisa’ Aulia Rahmadani. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 juga berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana FMC 2023, yaitu Saudari Inayah Putri Ramdhani mengenai kendala dari panitia ketika mempersiapkan FMC 2023. “Untuk kendala, sejauh ini ada beberapa persiapan yang cukup terhambat dikarenakan ada beberapa kegiatan yang dilakukan secara bersamaan sehingga dari panitia susah dalam membagi waktu untuk mengerjakan jobdesc,” ungkap Saudari Inayah Putri Ramdhani. 

Saudari Inayah juga memaparkan bahwa FMC 2023 ini memiliki perbedaan dari tahun sebelumnya, “karena kita sudah pascapandemi, jadi perbedaannya ada pada pelaksanaan babak final untuk tahun ini dilaksanakan secara offline di Universitas Negeri Malang. Kami berharap dengan dilaksanakan secara offline dapat lebih menarik minat peserta untuk mendaftarkan diri di FMC 2023.”

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 juga berkesempatan mewawancarai Saudara Akmal Bachtiar Ismail Huda selaku peserta FMC 2022 untuk meminta testimoninya, “Saya harap pada FMC 2023 ini akan lebih banyak peserta dan hadiah yang diberikan, kemudian ada sedikit saran untuk lembar jawaban sesi uraian bisa dibuatkan tersendiri atau terpisah khusus lembar jawaban uraian mengingat tahun lalu lembar jawaban uraian terlalu kecil kolomnya.”

FMC 2023 ini dilaksanakan untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memecahkan masalah. Kemudian FMC 2023 ini diharapkan dapat menarik minat mahasiswa untuk mengikuti kompetisi yang dapat membantu mereka dalam mengembangkan diri dan menambah pengalaman dalam proses mencapai impian mereka. Maka dari itu, persiapkan diri kalian para mahasiswa untuk mendaftar pada kegiatan Fun Mathematics Competition (FMC) 2023.

 

Reporter : Muhamad Bayu Yusuf

Redaktur : Marcella Nicen Rizona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top