Himatika Vektor UM FI

Niatnya Belajar Jualan, Ternyata dapat Untung Banyak

Jurnalistik HIMATIKA Vektor  Usaha Matematika sebagai suatu kegiatan berwirausaha memiliki peran sebagai fasilitator pemenuhan kebutuhan mahasiswa khususnya mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dan sebagai sarana pengembangan dana usaha untuk menunjang segala kegiatan yang ada dalam HIMATIKA Vektor. Adapun pengelolaannya dikelola oleh seluruh pengurus HIMATIKA Vektor 2023 sesuai jadwal yang telah ditentukan. Selain untuk belajar berwirausaha sekaligus pemenuhan kebutuhan konsumen, juga meningkatkan rasa kepedulian, tanggung jawab, dan kejujuran sehingga usaha tersebut menjadi bermanfaat baik bagi pengelola maupun konsumen.

Selanjutnya, pelaksanaan Usaha Matematika diawali dengan survey Usaha Matematika. Adapun diadakan survey Usaha Matematika agar pengelola dapat mengetahui apa saja yang dibutuhkan oleh mahasiswa dan akan dipenuhi oleh yang akan dipenuhi di Usaha Matematika. Survey dilakukan melalui publikasi dengan google form. Setelah melakukan survey, dilanjutkan dengan menjual barang-barang dari hasil survey tersebut. Kemudian, barang yang diperlukan akan dijual melalui stan offline di depan Sekretariat HIMATIKA Vektor dan Top-up E-money dengan menghubungi penanggung jawab.

Selain barang-barang hasil survey yang dijual offline, Usaha Matematika juga mewadahi usaha-usaha yang dimiliki oleh mahasiswa Departemen Matematika melalui Grow with Usaha Matematika (USMAT) dengan memberikan fasilitas materi dalam hal berwirausaha dan bantuan menjadi kolaborator dalam mengelola wirausahanya seperti bantuan publikasi, hingga menjadi reseller. Usaha Matematika juga meluncurkan produk baru yaitu Jaket Departemen Matematika dan merchandise yang didesain langsung dan untuk tempat produksinya dipilih oleh Penanggung Jawab HIMATIKA Vektor. Pada Jaket Departemen dibuka menjadi dua batch yang publikasinya dilakukan melalui google form, sedangkan merchandise melalui sistem ­Pre-Order dengan menampilkan tampilan asli produk pada stan offline di depan Sekretariatan HIMATIKA Vektor.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Saudari Fada Najwa Labiba selaku salah satu penanggung jawab Usaha Matematika yang memaparkan hambatan yang dialami saat melaksanakan Usaha Matematika pada satu tahun kepengurusan. “Pelaksanaan Usaha Matematika 2023 berjalan cukup lancar walaupun terkendala dengan banyak kegiatan-kegiatan yang tidak sesuai dengan timeline yang sudah ditentukan dikarenakan sibuk dengan kegiatan-kegiatan yang lain. Saya juga menyarankan untuk Usaha Matematika 2024 bisa memaksimalkan terkait job description yang terlewat deadline dan bisa memperincikan timeline yang sudah dibuat,” ungkap Saudari Fada. Selain itu, Saudari Firda Ayu Oktaviana juga memberikan tanggapan selaku peserta dari Grow with USMAT Batch I dan Batch II, “Pengalaman yang didapatkan dalam mengikuti Grow with USMAT adalah mendapatkan keuntungan sedikit lebih banyak dari sebelumnya, dikarenakan sebelum ikut serta dalam Grow with USMAT hanya berjualan di online dan setelah mengikuti Grow with USMAT bisa berjualan melalui offline. Saran untuk Grow with USMAT dengan membuka lebih banyak batch agar peserta yang ikut serta lebih banyak lagi,” ungkap Saudari Firda.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk meminta tanggapan kepada salah satu pelanggan Jaket Departemen Matematika yaitu Saudara Bintang Radhinka Megara. “Menurut saya, kualitas jaket yang digunakan nyaman dan memberikan rasa hangat ketika dipakai dikarenakan bahan yang digunakan bahan katun yang pastinya memberikan kenyamanan kepada pemakainnya. Dari segi design untuk penempatan gambar, logo, dan pemilihan tulisan sangat cocok sehingga jaket terkesan lebih elegan, modern, dan pasti memberikan kesan terbaru (trend) untuk pemakainya. Saran yang saya berikan untuk Usaha Matematika 2024 bisa ditingkatkan lagi dari segi produk yang akan dijual,” ungkap Saudara Bintang. Tak hanya itu, Saudara Mochammad Adillah Diyaril Qulub juga sempat memberikan tanggapannya ketika menjadi salah satu pelanggan dari e-money, “Pelayanan yang diberikan sudah baik, respon yang diberikan cepat dan transaksi yang dilakukan juga sesuai, saran untuk ke depannya admin yang tertera bisa mempertimbangkan lagi agar bisa bersaing dengan penyedia jasa top-up lainnya,” ungkap Saudara Yaril.

Dari beragam tanggapan yang diberikan, Usaha Matematika tidak akan berdiri dengan mudah tanpa ada niat dan keseriusan dalam pengelolaannya. Pengelolaan Usaha Matematika tidak mudah apalagi banyak pesaing-pesaing yang ada dalam penjualan offline. Dengan diadakan Usaha Matematika ini, para pengurus HIMATIKA Vektor mendapatkan pengalaman dalam berwirausaha dan mewadahi keterampilan berwirausaha mahasiswa Departemen Matematika. Untuk Usaha Matematika ke depannya, semoga menjadi usaha yang lebih maju dari sekarang dan lebih mendapatkan respon positif bagi mahasiswa-mahasiswa baik mahasiswa Departemen Matematika maupun diluar Departemen Matematika.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top