POM: Show Your Skills with Sportivity and Solidarity

Himatika Vektor UM 04316E31 E8AE 4A72 941A 30B6133B5883

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Pandemi yang telah berlangsung cukup lama ini tidak dapat dijadikan alasan untuk berhenti berolahraga. Olahraga justru menjadi salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh kita. Oleh karena itu, Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HIMATIKA) Vektor Universitas Negeri Malang tahun 2021 mengadakan POM (Pekan Olahraga Matematika) 2021 untuk mewadahi bakat dan minat mahasiswa jurusan matematika dalam berkompetisi di bidang olahraga dan e-sport.

Tujuan lain diadakannya POM adalah untuk mempererat hubungan antar mahasiswa jurusan matematika Universitas Negeri Malang dan juga untuk memperkenalkan POM kepada khalayak umum. Hal tersebut dikarenakan sasaran dari kegiatan POM ini tidak hanya mahasiswa jurusan matematika UM saja, tetapi juga pelajar/mahasiswa umum yang berminat mengikuti kegiatan ini. Adapun manfaat yang bisa didapat ketika mengikuti perlombaan POM yakni menambah relasi, memiliki pengalaman dalam berkompetisi, mendapatkan sertifikat, dan berkesempatan membawa hadiah jutaan rupiah bagi pemenang cabang olahraga POM.

POM yang diadakan pada tanggal 18-20 Juni 2021 ini telah menarik minat dari banyak orang. Hari pertama kegiatan POM 2021 diawali dengan pembukaan MC dan dilanjut dengan sambutan-sambutan. Sambutan yang pertama disampaikan oleh Saudara Muhammad Rifki at Thabari selaku Ketua Umum HIMATIKA Vektor 2021. Sambutan selanjutnya sekaligus pembukaan Pekan Olahraga Matematika (POM) 2021, yang disampaikan oleh Bapak Mohammad Agung, S.Pd., M.Sc selaku dosen pendamping HIMATIKA Vektor 2021. Setelah peresmian pembukaan, dilanjutkan dengan berbagai perlombaan. Dimulai dari pertandingan catur yang diikuti oleh sepuluh peserta yang berkompetisi untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Acara kemudian dilanjutkan dengan pertandingan Mobile Legend (ML). Terdapat enam belas tim yang berkompetisi di babak penyisihan MLkemudian menghasilkan delapan tim yang lolos ke babak perempat final. 

Pada siang harinya, tim-tim ML yang dinyatakan lolos babak sebelumnya kembali bertemu dan bertanding di babak perempat final. Pertandingan tersebut berjalan sangat seru dan meriah, karena disiarkan langsung di YouTube HIMATIKA Vektor. Para peserta, penonton, dan pendukung ikut meramaikan kolom chat live streaming YouTube. Setelah pertandingan berakhir, empat tim dinyatakan lolos dan maju ke babak semifinal.

Hari kedua, diawali dengan empat tim yang berkompetisi dibabak semifinal Mobile Legend. Pertandingan berlangsung sangat seru seperti halnya ketika babak perempat final. Keramaian kolom chat live streaming YouTube HIMATIKA Vektor menambah kemeriahan pertandingan ini. Setelah pertandingan selesai, terdapat dua tim yang akan lolos menuju babak final. Sedangkan dua tim yang kalah di babak semifinal ini, akan bertanding kembali untuk memperebutkan posisi juara 3. 

Hari ketiga adalah puncak dari kegiatan POM 2021. Kegiatan diawali dengan perlombaan Virtual Run (VR). Dari seluruh peserta laki-laki dan perempuan, diambil masing-masing satu pemenang, dimana penilaiannya berdasarkan waktu dan jarak tempuh yang dilalui oleh peserta. Setelah perlombaan VR selesai, dilanjutkan dengan perlombaan ML babak final. Keempat tim yang sebelumnya telah berkompetisi pada babak semifinal kini kembali bertemu dengan suasana yang lebih panas untuk memperebutkan juara 1, 2, dan 3. Pertandingan kali ini tidak kalah meriah dengan pertandingan-pertandingan sebelumnya. Pertandingan disiarkan langsung di YouTube HIMATIKA Vektor. Para penonton, peserta, dan pendukung menambah kemeriahan dan keseruan di babak final ini. caster ML yang sangat suportif juga menambah kemeriahan pertandingan ini. Pertandingan hari ini berhasil membangkitkan semangat penonton. Walaupun pelaksanaannya via daring, tetapi tidak mengurangi keseruan acara POM 2021. 

Pada Minggu (20/06/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk mewawancarai Satrio Onto Wiryo selaku salah satu wasit pertandingan cabang olahraga Mobile Legend POM 2021.

“Pertandingan pada POM tahun ini berjalan dengan lancar tanpa ada kecurangan dari para peserta. Walaupun, terdapat keterlambatan pada saat memasuki room permainan,” ungkapSatrio

Pada kesempatan kali ini, kami juga berkesempatan mewawancarai Rifqi Azwina Umamy yang biasa disapa Wina selaku ketua pelaksana POM 2021, Wina juga menyampaikan ulasannya tentang kegiatan POM pada tahun ini. 

“Alhamdulillah, kegiatan selama tiga hari ini dapat berjalan dengan baik. Meskipun terdapat beberapa kendala, masih dapat diatasi dengan baik oleh panitia,” ungkap Wina.

“Harapannya, tujuan dari kegiatan ini dapat terwujud. Seperti tersalurkannya bakat dan minat mahasiswa UM maupun luar UM dalam bidang olahraga dan e-sport dengan tetap menjunjung tinggi sportivitas dan solidaritas. Kemudian, diharapkan POM dapat lebih dikenal oleh khalayak umum,tambah Wina.

Selamat kepada para pemenang di POM 2021. Bagi yang belum mendapatkan kesempatan tersebut, tetap semangat karena masih ada banyak kesempatan lainnya. Sampai jumpa di POM 2022.

Reporter: Anita Zahroh, Ely Nurdina Aidananda

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com