Arti Pengabdian MAHAPRAJA di Dusun Bendrong

Arti Pengabdian MAHAPRAJA di Dusun Bendrong

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Menurunnya perekonomian masyarakat merupakan salah satu dampak dari pandemi Covid-19 yang hingga saat ini belum usai. Upaya pemerintah dalam memutus rantai penyebaran virus Covid-19 justru menimbulkan kerugian ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat. Tingginya angka pengangguran mengakibatkan perubahan pada perekonomian masyarakat secara signifikan. Terkait hal ini HIMATIKA Vektor mengadakan kegiatan yang bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat melalui kegiatan MAHAPRAJA. Kegiatan tersebut terlaksana selama 3 hari. Tentu saja kegiatan ini memerlukan persiapan yang cukup panjang. Penentuan dan survey tempat serta untuk mendapatkan perizinan yang memakan waktu lama. Selain itu, untuk persiapan kegiatan ini terhalang beberapa faktor. Terutama adanya  Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) sehingga kegiatan sosialisasi yang semula sudah dipersiapkan menjadi ditiadakan. Namun hal tersebut tidak menghalangi semangat dari para panitia. Walaupun kegiatan ini terjun secara langsung ke lapangan,  para panitia tetap menerapkan protokol kesehatan yang ada. Kegiatan MAHAPRAJA ini dapat terlaksana dengan sukses memberikan bantuan berupa sembako beserta masker dan buku yang ditujukan untuk masyarakat sekitar serta komunitas literasi yang berada di Dusun Bendrong. Ditetapkannya lokasi di Dusun Bendrong ini dikarenakan kondisi dusun yang memang terdampak pandemi Covid-19 serta IDM (Indeks Desa Membangun) yang dirasa masih kurang atau masih tertinggal.

 

Pada hari Minggu (08/08/2021) Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor mendapat kesempatan untuk mewawancarai salah satu narasumber yaitu Mbak Ayu selaku ketua komunitas literasi yang ada di Dusun Bendrong. Mbak Ayu menyampaikan kesan dan pesan terkait kegiatan MAHAPRAJA ini yang dilakukan di Dusun Bendrong.

 

“Kesan saya ini menarik ya karena banyak  pemuda-pemudi itu yang kurang peduli sama lingkungannya, jadi ini salah satu kegiatannya yang menarik  dan kesannya baik. Pesannya karena niat baik langkah yang baik semoga berkelanjutan semoga dapat barokahnya karena setiap ilmu ada zakatnya. Kalau kita punya ilmu salurkan kalau kita punya tenaga ya kita salurkan. Karena hidup yang enak kan yang bermanfaat,” kata Mbak Ayu.

 

Selain orang dewasa yang terdampak pandemi Covid-19 ini, anak-anak pun juga ikut terdampak dalam susahnya menerima pembelajaran di sekolah. Dengan adanya kegiatan MAHAPRAJA yang tidak hanya menyalurkan buku, namun juga memberikan peralatan dan perlengkapan yang mendukung kegiatan belajar seperti papan tulis dan rak buku. Menurut Mbak Ayu, hal ini dapat menambah semangat anak-anak Dusun Bendrong dalam belajar.

 

Pada hari kedua Selasa (10/08/2021) kami juga berkesempatan mewawancarai salah satu narasumber selaku penerima bantuan sembako beserta masker dari kegiatan MAHAPRAJA ini.

 

“Adanya kegiatan ini manfaatnya mbak-mbak ini membantu untuk orang orang kampung, membantu orang tidak mampu. Khususnya juga seperti orang janda, fakir miskin, seperti itu lho. Semoga yang memberikan bantuan ini, terus apa yang diharapkan dapat tercapai. Apapun yang diinginkan dikabulkan oleh Allah SWT. Semoga tambah berkah rezekinya dan diberikan ketabahan iman,“ kata Ibu Mariyam.

 

Kesuksesan acara MAHAPRAJA yang dilaksanakan oleh HIMATIKA Vektor ini terlihat jelas dari sorot mata bahagia dan rasa syukur para penerima donasi, terutama untuk orang-orang yang terdampak pandemi Covid-19 seperti masyarakat yang kurang mampu, janda, dan anak-anak. Dengan harapan adanya MAHAPRAJA ini dapat membantu masyarakat Dusun Bendrong bukan hanya dari segi ekonomi namun juga dari segi moral.

 

Di hari terakhir (Kamis,12/08/2021) Carik dan Kepala Desa memberikan sambutan.

Dalam sambutannya, Bapak Supriyadi selaku Carik Desa Argosari memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas terlaksananya kegiatan pengabdian ini yang dilakukan di Desa Argosari khususnya Dusun Bendrong. Menurut beliau, terlaksananya kegiatan MAHAPRAJA HIMATIKA Vektor UM ini berjalan dengan lancar dan terlihat betul manfaat yang dirasakan masyarakat Dusun Bendrong ini. Beliau juga mengucapkan terimakasih atas kepercayaan HIMATIKA Vektor terhadap kegiatan MAHAPRAJA ini dilaksanakan di Desa Argosari.

 

Disisi lain, Bapak Arifin selaku Kepala Desa Argosari juga memberikan sambutan terkait bakti sosial dan pemberian masker sudah terlaksana dengan baik semoga bantuan tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat Dusun Bendrong. Terutama dalam pembagian masker dan penyemprotan disinfektan yang dilakukan di hari terakhir ini semoga masyarakat Dusun Bendrong sehat semua.

Selain itu, harapan Bapak Arifin untuk silaturrahmi di Desa Argosari ini tidak hanya dilakukan sehari. Mungkin dapat dilaksanakan dibulan atau tahun depan.

 

Sudah tugas kita sebagai generasi muda khususnya mahasiswa yang sudah seharusnya memiliki kesadaran serta kepekaan dengan masyarakat sekitar. Karena jika bukan kita lalu siapa lagi. Kegiatan untuk terjun langsung ke masyarakat seperti pengabdian ini merupakan kegiatan yang sangat penting, dengan harapan kegiatan pengabdian ini tidak hanya dilakukan sekali pada kegiatan ini maupun ditempat ini. Melainkan kapan saja dan dimana saja.

 

Kami selaku panitia MAHAPRAJA mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang terkait khususnya perangkat Desa Argosari yang sudah memberikan waktu dan tempatnya untuk melaksanakan kegitan MAHAPRAJA 2021.

Sampai jumpa di MAHAPRAJA selanjutnya!

 

 

Reporter: Septin Rakhmadani SaldiyahNovita

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com