Memperdalam Ilmu Teknologi dan Kreativitas Melalui MOTION

Memperdalam Ilmu Teknologi dan Kreativitas Melalui MOTION

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – MOTION (Mathematics Technology and Creation) 2021 adalah salah satu program kerja bidang kesejahteraan HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang  yang memiliki tujuan untuk mensosialisasikan hal-hal seputar pembekalan terhadap ilmu teknologi. Tidak hanya sosialisasi saja namun juga bertujuan untuk memperdalam ilmu teknologi dan meningkatkan daya kreasi penerus bangsa. Pada acara ini akan diundang pemateri yang sudah ahli dalam bidang teknologi ini.

Pada acara ini, pemateri menyampaikan materi yang sesuai dengan aplikasi pembantu dalam hal desain selama 40 menit. Tidak hanya materi yang diberikan oleh pemateri, namun juga diadakannya praktik desain untuk memperdalam materi yang telah diberikan. Praktik desain ini berlangsung selama 25 menit. Setelah praktik desain dilaksanakan, panitia juga memberikan kesempatan bertanya pada sesi tanya-jawab. Pada sesi ini, peserta diperbolehkan bertanya kepada pemateri tentang apa-apa saja yang belum dipahami dan dimengerti guna untuk lebih mendalami lagi materi yang diberikan. Diskusi ini berlangsung selama 25 menit.

Tidak hanya sesi materi, praktik desain, dan diskusi. MOTION tahun ini juga mengadakan sesi mini games selama 15 menit. Mini games ini bertujuan untuk mencegah para peserta merasa bosan setelah melewati banyak sesi sebelumnya. Mini games yang dipilih adalah membuat konten. Dipilih membuat konten juga bertujuan untuk menguji pengetahuan yang telah didapat sebelumnya.

MOTION pada tahun ini mengusung tema “Build Your Activities to Be Part of ‘Everyone Can Design’” yang memiliki arti yaitu mengajak semua orang khususnya para generasi muda untuk membangun aktivitas dan daya kreasi serta menjaga rasa percaya diri bahwa kita bisa mendesain dengan menggunakan teknologi saat ini.

“Alasan terpilihnya tema tersebut karena tema tersebut mengajak kita untuk tetap beraktifitas dan membangun daya kreasi. Tujuannya untuk memberi tahu bahwa semua orang bisa mendesain walaupun profesinya bukanlah seorang designer. Karena hanya kita yang bisa mendesain kehidupan kita sendiri, mau menjadi seperti apa, dan kita menggunakan teknologi yaitu Canva yang membantu kita mudah untuk mendesain,” Kata Ni Kadek Enyibella selaku ketua penyelenggara MOTION 2021.

Canva dinilai mudah untuk dioperasikan dengan fasilitas-fasilitas yang cukup lengkap dan bagus, jadi dirasa cocok untuk designer yang masih awal belajar.

“Canva dipilih menjadi salah satu teknologi desain yang digunakan dalam kegiatan MOTION 2021, karena aplikasi ini dinilai sebagai teknologi desain yang mudah dipahami oleh pengguna baru.. Selain itu, aplikasi Canva sangat berguna untuk mendesain poster, pamflet, dan PPT yang akan sangat membantu saat bekerja maupun saat presentasi kuliah,” Ucap ketua  penyelenggara MOTION 2021, Ni Kadek Enyibella.

Lalu apa kesan dan pesan untuk kepanitiaan kegiatan MOTION tahun depan? “Menurut saya, MOTION 2021 ini sudah berjalan sesuai dengan keinginan kami, karena partisipan melebihi target yang telah ditentukan. Lalu untuk kesannya, saya sangat senang karena di awal acara pemateri juga terkejut mengenai peserta yang sampai ratusan lebih. Selain itu, keaktifan para peserta saat bertanya dan keingintahuan mereka terkait aplikasi Canva juga banyak. Pesannya, untuk MOTION selanjutnya dapat diadakan lebih meriah lagi dan para peserta diharapkan untuk mencoba mendesain sesuai konten mini games yang telah diberikan oleh panitia untuk berlatih. Untuk  desain yang paling menarik dan rapi akan dipilih sebagai pemenang mini games dan akan diberikan hadiah oleh panitia” Ucap Ni Kadek Enbiyella sebagai Ketua penyelenggara.

Tidak hanya itu para peserta juga mempunyai kesan dan pesannya tersendiri. “Kesannya asyik banget, karena sedikit banyak juga perlu ilmu kayak ini, dan dari aku sendiri udah sering pake Canva, entah buat tugas atau lainnya, jadi ini ngebantu banget, banyak ilmu baru, shortcut, tips, dan lain-lain,” ucap dari Wafiq Rivanisatul Nikmah salah satu peserta MOTION 2021.

“Pesannya, mungkin bisa diadakan lagi kegiatannya, bukan hanya Canva, jadi kayak aplikasi yang berguna buat kita, khususnya mahasiswa,” lanjutnya.

Mengikuti kegiatan MOTION 2021 ini tidak hanya sekedar mengikuti forumnya saja, Namun juga nantinya akan ada benefit yang didapatkan oleh semua peserta yang mengikuti. Salah satunya yaitu dapat mempermudah diri dalam hal mendesain dengan aplikasi Canva loh!

 

Reporter : Rimanda Ersa Putri P.

Redaktur : Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top