Himatika Vektor UM FI JULI AGUSTUS.pdf

Kesuksesan POM 2022 Dapat Dirasakan oleh Berbagai Pihak

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Pekan Olahraga Matematika atau POM 2022 telah berlangsung selama 3 hari, yaitu pada tanggal 24-26 Juni 2022. Beberapa mahasiswa Departemen Matematika telah ikut serta dalam memeriahkan kegiatan POM 2022. Kegiatan ini merupakan sebuah perlombaan olahraga yang terdiri dari tiga cabang olahraga, yaitu Mobile Legends, Virtual Run, dan catur. Pada tahun ini, POM 2022 diadakan secara online karena kondisi yang masih belum memungkinkan untuk dilakukan secara offline.

Setelah 3 hari kegiatan POM 2022 berjalan, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk memberikan pertanyaan kepada Saudara M. Adillah Diyaril Qulub mengenai ekspektasinya terhadap kegiatan POM 2022. Laki-laki yang akrab disapa Yaril tersebut menyampaikan pendapatnya mengenai pertanyaan tersebut. “Sesuai dengan ekspektasi karena acara terlaksana dengan lancar mulai awal hingga akhir,” ucap Saudara Yaril. 

Tak hanya itu, Saudara Yaril juga menanggapi terkait koordinasi panitia pada saat berjalannya kegiatan. “Koordinasi panitia sangat baik, terlihat dari panitia saling membantu dan sigap ketika ada perpindahan tempat, ada kendala listrik mati, dan hujan deras,” ucap Saudara Yaril.

Melalui jawaban yang disampaikan oleh Saudara Yaril kita bisa beranggapan bahwa setiap ada kendala, akan ada solusinya. Meskipun ada beberapa kendala yang terjadi, tak menutup kemungkinan kegiatan tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan adanya koordinasi yang baik, panitia dapat mengatasi kendala-kendala tersebut. Maka dari itu, koordinasi yang baik antar panitia merupakan salah satu hal yang penting bagi suatu kepanitiaan.

Pada tahun ini, POM 2022 mengusung tema “Show Your Spirit of Competition and Sportivity”. Tema tersebut dipilih dengan tujuan seluruh peserta dapat memiliki semangat untuk berkompetisi dan memenangkan pertandingan dengan rasa sportivitas. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan salah satu pemenang cabang olahraga catur, yaitu Saudara Sugiarto. Sugiarto mengungkapkan alasan dan perasaannya mengikuti POM 2022. “Alhamdulillah, bisa dibilang terharu dan nostalgia mengingatkan pada tahun lalu juga. Untuk alasan utamanya, yaitu untuk mengasah kembali kemampuan saya, khususnya di olahraga catur dan untuk alasan lainnya supaya dapat mencari teman main catur lagi,” ungkap Saudara Sugiarto.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu caster, yaitu Saudari Kasya Rizkia Putri mengenai perasaannya setelah mengikuti dan menjadi caster pada kegiatan POM 2022. “Rasanya setelah menjadi caster itu sangat lelah dan menyenangkan, ya. Sebelumnya juga pernah jadi caster, tapi persiapannya tidak sematang menjadi caster di POM 2022 ini. Bisa mempelajari hal baru dan menggali keahlian dalam berbicara di depan publik itu suatu hal yang menyenangkan,” ungkap Saudari Kasya.

Tidak hanya itu, Kasya menyampaikan pendapatnya bahwa selama ia menjadi caster hal yang didapatkan, yaitu pengalaman baru dan teman baru. Lalu ia juga bisa mengasah lagi public speaking dan juga belajar how to promote some products, dan belajar juga berbicara di depan kamera.

Dapat dilihat dari jawaban kedua narasumber tersebut bahwa kegiatan POM ini memiliki banyak manfaat. Dengan tema yang dipilih, para peserta dapat menunjukkan jiwa kompetisi dan jiwa sportivitas mereka. Namun, jiwa sportivitas juga dimiliki oleh pengisi acara yang berperan sebagai caster pada cabang olahraga Mobile Legends.

Setelah berakhirnya kegiatan POM 2022 pasti akan ada harapan untuk POM di lain waktu, seperti yang diungkapkan oleh Sekretaris Pelaksana POM 2022, yaitu Saudari Qintan Nada Syifa Liany. Saudari Qintan menyampaikan harapannya untuk POM di tahun berikutnya. “Untuk kegiatan POM 2023 tentunya diharapkan lebih baik dibandingkan POM sebelum sebelumnya. Diharapkan peminat POM 2023 lebih besar dari POM tahun 2022,” ujar Saudari Qintan.

Semoga di tahun berikutnya kegiatan POM ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan oleh Saudari Qintan. Lalu segala kendala yang didapat pada kegiatan tahun ini, semoga dapat dijadikan pelajaran untuk tahun depan. Kegiatan POM 2022 kini telah berakhir dengan memperoleh beberapa pemenang yang sangat berpotensi dan luar biasa di setiap cabang olahraganya. Bagi peserta yang belum mendapatkan juara jangan bersedih dahulu karena masih ada kesempatan di tahun depan. Siapkan dirimu mulai dari sekarang untuk hasil yang lebih baik pada POM 2023. Sampai jumpa kembali dan salam olahraga!

 

Reporter: A’thina Mazaya Ilma Ahmadia

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

3 thoughts on “Kesuksesan POM 2022 Dapat Dirasakan oleh Berbagai Pihak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top