Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 08 16 at 12.04.22 PM

Sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat, HIMATIKA Vektor Sukses Menggelar MAHAPRAJA 2022

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM — Bertempatkan di Dusun Precet, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang, HIMATIKA Vektor telah menggelar kegiatan membangun desa yang dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 6-8 Agustus 2022. Mengusung tema “Semangat Mengabdi, Wujudkan Kepedulian, Ciptakan Kebahagiaan”, Matematika Hambangun Praja (MAHAPRAJA) 2022 telah sukses merealisasikan sebuah bentuk pengabdian, kepedulian, serta pembawa kebahagiaan bagi warga Dusun Precet. Melansir dari Ketua Pelaksana MAHAPRAJA 2022, alasan dipilihnya Dusun Precet sebagai lokasi MAHAPRAJA tahun ini adalah penetapan Dusun Precet sebagai daerah dengan kesejahteraan menengah oleh Badan Indeks Desa Membangun serta lokasinya yang jauh dari perkotaan dan berada di kaki gunung sehingga aktivitas dan mobilitas penduduk cukup sulit dijangkau. Dengan melihat dari segi kesejahteraan masyarakat dan kondisi geografis tersebut, Ketua Pelaksana dan panitia MAHAPRAJA 2022 sepakat untuk melakukan kegiatan membangun desa pada Dusun Precet, Desa Sumbersuko, Kecamatan Wagir, Kabupaten Malang.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana MAHAPRAJA 2022, Saudara Nuzulul Arzaqi Maulana, lebih lanjut terkait kesuksesan MAHAPRAJA 2022. “Kegiatan ini sudah sesuai dengan ekspektasi. Walaupun ada beberapa kendala yang mengharuskan panitia memutar otak untuk mengubah acara, seluruh rangkaian acara dapat berjalan dengan baik tanpa menghilangkan sub acara yang telah direncanakan,” ungkap Saudara Nuzulul.

Salah satu kendala yang dirasakan Ketua Pelaksana dan panitia adalah mereka harus mengubah konsep acara karena ada salah satu konsep sub acara yang tidak sesuai dengan kondisi di lapangan serta perubahan cuaca. Perubahan konsep terjadi pada sub acara menanam toga dan cuaca yang kurang mendukung terjadi pada hari kedua, hari ketika dilaksanakannya perlombaan 17 Agustus di SDN 4 Sumbersuko. Namun, di samping kendala-kendala tersebut, panitia dapat mengatasinya dengan baik dan dari pihak warga serta peserta didik dapat mengikuti konsep acara terbaru yang telah dirancang dengan semangat.

Terkait bentuk dalam menunjukkan semangat mengabdi kepada masyarakat seperti tema yang telah diusung, salah satu panitia, yakni Koordinator Sie Perlengkapan dan Konsumsi, Saudara Mochammad Adillah Diyaril Qulub, mengungkapkan caranya dalam mengabdi pada kegiatan ini kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. Saudara Adillah menyingkapkan, “Tentunya melalui serangkaian acara pada MAHAPRAJA 2022 itu sendiri dan untuk sasaran mengabdi tidak hanya masyarakat saja, tetapi juga peserta didik dari SD sampai SMA. Untuk kegiatan ke masyarakat, ada menanam toga dan membersihkan musala serta masjid. Kemudian untuk kegiatan ke peserta didik, ada perlombaan 17 Agustus yang diadakan di SDN 4 Sumbersuko. Pada hari terakhir, diadakan pembagian sembako kepada masyarakat yang membutuhkan di Dusun Precet.”

Panitia berharap dengan diadakannya berbagai acara selama 3 hari kegiatan MAHAPRAJA 2022 di Dusun Precet dapat menghadirkan dampak yang bagus baik itu dari kondisi lingkungan maupun warga yang tinggal di dusun tersebut. Dikarenakan lokasi Dusun Precet yang cukup sulit diakses, penanaman toga diharapkan dapat memberi kemudahan bagi warga Dusun Precet agar cukup memetik tanamannya di pekarangan rumah. Kemudian diharapkan dari pembersihan musala dan masjid dapat meningkatkan semangat warga dusun untuk lebih sering dan merasa nyaman melakukan ibadah di musala Dusun Precet. Terakhir, untuk memeriahkan kemerdekaan Republik Indonesia serta menciptakan kebahagiaan kepada peserta didik, panitia mengadakan perlombaan 17 Agustus.

Saudara Adillah juga mengungkapkan kesan dan pesannya selama mengikuti MAHAPRAJA 2022 di Dusun Precet kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. “Saya merasa senang dan bersyukur karena dapat terjun langsung ke masyarakat untuk mengabdi sehingga mendapat pengalaman dan pelajaran yang sangat berharga bagi kehidupan. Untuk pesan, mungkin ada beberapa kesalahan yang perlu diperbaiki untuk MAHAPRAJA selanjutnya agar menjadi lebih baik dan optimal lagi,” ungkap Saudara Adillah.

Pernyataan Saudara Adillah juga didukung oleh salah satu volunteer MAHAPRAJA 2022, yakni Saudari Echa Dwi Apriliya. Saudari Echa menambahkan, “Untuk kesan, saya sangat bersyukur dan senang karena menjadi bagian dari MAHAPRAJA 2022. Selain itu, saya juga bersyukur karena dapat berkontribusi langsung untuk mengabdi dan membantu masyarakat daerah setempat untuk mewujudkan kepedulian dan menciptakan kebahagiaan antar sesama masyarakat. Saya juga sangat salut terhadap antusiasme anak-anak daerah setempat untuk membaca bersama dan mengikuti perlombaan sebagai wujud merayakan kemerdekaan Indonesia.” Saudari Echa juga mengungkapkan pesan kepada warga Dusun Precet setelah diadakannya MAHAPRAJA 2022, “Semoga masyarakat daerah setempat dapat merasakan yang sebelumnya belum pernah dirasakan. Saya juga berharap masyarakat daerah setempat dapat lebih melestarikan tanaman dan menjaga kebersihan tempat ibadah. Selain itu, dukungan penuh anak-anak terhadap kegiatan pembelajaran khususnya dalam kegiatan membaca.”

MAHAPRAJA 2022 telah berakhir, tetapi output yang dihasilkan dari kegiatan tersebut diharapkan dapat terus memberi dampak yang baik bagi warga Dusun Precet dan juga seluruh panitia serta volunteer yang membangun dusun tersebut. Semoga MAHAPRAJA berikutnya dapat lebih baik dari tahun ini dan berbagai evaluasi yang ada di MAHAPRAJA 2022 dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk di MAHAPRAJA 2023.

 

Reporter: Nova Ade Sonata

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

5 thoughts on “Sebagai Bentuk Pengabdian kepada Masyarakat, HIMATIKA Vektor Sukses Menggelar MAHAPRAJA 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top