HIMATIKA VEKTOR

Meningkatkan Semangat Berkompetisi Melalui Fun Mathematics Competition 2022

Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 09 06 at 3.20.55 PM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Fun Mathematics Competition (FMC) 2022 telah berjalan sesuai dengan alur kegiatan mulai proses pendaftaran hingga babak final pada Minggu (28/08). Kegiatan bertemakan “Explore Scientific Insights with Fun Mathematics Competition” ini dilaksanakan secara daring dengan mengakses website yang telah disediakan oleh panitia. FMC 2022 diharapkan dapat meningkatkan wawasan peserta di bidang Matematika serta kerjasama tim. 

Kegiatan FMC 2022 dibuka dengan babak penyisihan yang dilaksanakan pada tanggal 14 Agustus 2022. Pada babak penyisihan ini para peserta mengerjakan 10 soal isian singkat dan 1 soal pembanding yang telah terpampang di halaman website. Peserta yang mengikuti babak penyisihan ini sebanyak 75 orang yang berasal dari 25 tim baik dari dalam maupun luar Universitas Negeri Malang (UM). Peserta diharuskan menjawab pertanyaan yang ada dengan cara mengunggah jawaban yang telah mereka tulis dari hasil diskusi tim. 

 Kegiatan FMC 2022 disambut dengan cukup baik oleh mahasiswa dari berbagai universitas di Indonesia. Sebagai contoh, mahasiswa dari Universitas Negeri Padang, yaitu Hazim, Azizah Saswandila dan Vania Hilda Vionita mengaku mendapat informasi mengenai FMC 2022 dari salah satu kakak tingkatnya yang telah mengikuti FMC tahun lalu. Kak Hazim dan kawan-kawan kebetulan merupakan tim pelatihan ONMIPA untuk universitas tempat mereka menimba ilmu sehingga kegiatan ini dapat membantunya untuk menyelesaikan soal-soal matematika dengan berbagai tingkat kesulitan. 

Salah satu peserta yang berasal dari UM, Kak Silmi, mengaku di babak penyisihan terdapat kurangnya pengawasan dari panitia sebab peserta hanya mengerjakan melalui Website tanpa dipantau melalui Zoom dan sebagainya. Selain itu, adanya lembar jawaban khusus yang mengharuskan para peserta untuk mencetaknya sendiri dirasa cukup membebani. Ia berharap FMC tahun depan dapat dilaksanakan secara offline.

            Setelah berakhirnya babak penyisihan, 15 tim yang lolos memasuki babak semifinal yang mana telah dilaksanakan pada tanggal 21 Agustus yang lalu. Pada babak semifinal ini terdapat dua sesi. Pada sesi pertama, peserta merebutkan tiga kuota final dengan jumlah soal 3 isian singkat dan 3 soal teka-teki. Pada sesi kedua, peserta merebutkan dua kuota final dengan jumlah soal 3 isian singkat.

Di babak semifinal ini, Ibu Azizah selaku juri di kegiatan FMC 2022 berpendapat bahwa soal yang diberikan dapat menunjukkan karakter yang pantang menyerah dapat meningkat, tetapi untuk karakter secara keseluruhan soal belum mengarah ke perkembangan karakter para pesertanya. Selain itu, soal di babak semifinal ini dapat mengasah kemampuan menalar yang dimiliki para peserta sehingga peserta yang lolos ke babak final sudah pasti peserta yang memiliki kemampuan bernalar lebih tinggi di antara tim yang lain. Beliau juga berharap bahwa kedepannya FMC dapat dibagi menjadi beberapa kegiatan, tidak hanya olimpiade tim yang mengerjakan soal saja. Peserta dapat diberi soal pemodelan matematika dengan case real, lalu mereka harus bisa menemukan solusinya dan dijabarkan melalui presentasi Power Point secara individu. Dengan demikian, mereka tidak hanya menghitung lalu menemukan hasil akhir, tetapi dapat menghubungkan kasus nyata ke model matematika. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM juga berkesempatan mewawancarai salah satu peserta dari luar UM yang lolos ke babak semifinal, yaitu saudara Fatkurrohman. “Menurut saya dan tim, soal semifinal kemarin kurang bervariasi dan tingkat kesulitannya masih kurang,” jelasnya. Kak Fatkur juga berpendapat bahwa nilai untuk soal isian singkat dan teka-teki tidak seharusnya sama sebab ketiga soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang berbeda. 

Babak terakhir FMC 2022, yakni babak final dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus lalu. Di babak ini terdapat tiga sesi, dengan sesi pertama adalah sesi presentasi di mana ada enam soal dan setiap perwakilan tim memilih satu soal untuk dikerjakan di Break Out room dan mempresentasikannya di main room. Sesi selanjutnya adalah sesi challenge yang mana setiap tim diberi satu soal untuk dikerjakan secara berantai melalui tiga langkah penyelesaian. Pada sesi terakhir adalah sesi cerdas cermat, di mana setiap tim akan diberikan clue soal sebanyak lima buah dan mereka akan mempertaruhkan poin untuk tiap soalnya. Jika jawaban benar, poin yang dipertaruhkan akan ditambahkan ke poin final mereka, dan jika salah, maka poin mereka akan dikurangi dengan poin yang mereka pertaruhkan tadi.

Selanjutnya, di babak final ini, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM berkesempatan mewawancarai Kak Bachtiar selaku peserta FMC 2022 dari Universitas Gadjah Mada dan sebagai juara pertama di kegiatan kali ini. Menurutnya, soal-soal yang disajikan sesuai dengan nama kegiatan kali ini yakni fun dan juga seru. “Pada babak final sangat sulit mengatur strategi supaya bisa menang karena sedikit panik saat menghadapi soal yang cukup sulit. Jika tahun depan ada FMC lagi, kemungkinan saya dan tim ingin mengikutinya lagi untuk menemukan tantangan dari soal-soal yang baru dan bersaing dengan tim-tim yang mungkin saja lebih baik dari kami,” tutur Kak Bachtiar.

Bapak Hafidz selaku juri FMC 2022 kali ini menuturkan bahwa soal-soal yang dibuat, terutama di babak final adalah soal-soal yang tricky dan membutuhkan kekritisan dari para peserta. Beliau sendiri memilih babak cerdas cermat sebagai sesuatu yang menarik karena bisa memacu adrenalin para peserta FMC dan berharap kegiatan ini akan terus bisa dilaksanakan secara konsisten.

Terima kasih kepada para peserta FMC 2022 yang telah mengikuti rangkaian kegiatan FMC tahun ini. Semoga dengan adanya kegiatan ini, para peserta mendapat ilmu baru yang bermanfaat. Kepada para pemenang FMC 2022, kami ucapkan selamat. Sampai jumpa di kegiatan HIMATIKA Vektor lainnya.

 

Reporter: Salwa Asysyifatul Rahma

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

3 thoughts on “Meningkatkan Semangat Berkompetisi Melalui Fun Mathematics Competition 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com