Kiat Sukses Menulis Proposal PKM bersama Follow Up Webinar PKM 2022

Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 10 27 at 6.47.36 PM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 一  Follow Up Webinar PKM 2022 adalah kelanjutan dari Webinar PKM 2022 yang mengusung tema “Being Progressive, Productive, and Provide Benefits in the Future” yang diadakan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melatih mahasiswa dalam penyusunan PKM dan mempersiapkan mahasiswa untuk mengikuti kegiatan PKM Hunter yang diselenggarakan oleh BEM FMIPA UM. Kegiatan tersebut akan diawali dari penugasan pasca acara Krida Bhakti kepada mahasiswa baru setelah itu akan diadakan pelatihan selama sekitar satu bulan, yakni pada tanggal 25 September 2022, 5 Oktober 2022, 11 Oktober 2022, dan 25 Oktober 2022. Kegiatan tersebut dilakukan secara daring melalui platform Zoom Meeting, WhatsApp group, dan Google Classroom. Kegiatan tersebut juga terbuka untuk tim di luar mahasiswa baru dengan komposisi ketua tim berasal dari Departemen Matematika. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk mewawancarai salah satu anggota Sie Acara Webinar PKM dan Follow Up Webinar PKM, Saudari Chandra Berliana Anggraini, mengenai keberlangsungan kegiatan mentoring yang telah diadakan selama empat kali pertemuan ini. “Menurut saya, mentoring yang dijalankan kemarin Alhamdulillah berjalan dengan lancar. Yang membedakan di setiap pertemuannya itu adalah pembahasan terkait bab-bab dalam pembuatan proposal PKM, kemudian di pertemuan-pertemuan selanjutnya ada konsultasi mulai dari Bab I yang langsung di-review oleh para reviewer yang telah lolos pendanaan dan PIMNAS,” ungkap Saudari Chandra. 

Selama kegiatan berlangsung, peserta nampak antusias dan aktif dalam melakukan mentoring. “Para peserta nampak sangat antusias dalam mengikuti serangkaian kegiatan Follow Up Webinar PKM ini, ditambah mereka memiliki ambisi untuk ingin lanjut ke PIMNAS. Para peserta juga nampak antusias ketika mengikuti bimbingan offline dengan para reviewer,” tambah Saudari Chandra. 

Meskipun kegiatan terbilang cukup lancar, ada beberapa hal yang menjadi kendala ketika kegiatan mentoring. “Kegiatan mentoring berjalan dengan cukup lancar. Namun, terkadang peserta kurang aktif dalam menanggapi di grup peserta dengan Liaison Officer (LO). Jadwal mentoring juga diberikan secara mendadak sehingga pemberitahuan ke peserta juga terkesan sedikit mendadak,” ungkap Saudari Avi sebagai salah satu LO FU Webinar PKM. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berhasil mewawancarai Saudari Chatra Arlinta Maurilla selaku peserta Follow Up Webinar PKM terkait kesannya selama mengikuti pelatihan hingga selesai. “Proses pengerjaan proposal PKM sempat mengalami beberapa kesulitan, seperti bagaimana sistematika penyusunan proposal yang baik dan apa saja yang harus dijabarkan dalam bab yang akan dibahas. Untungnya, LO membantu mengarahkan kami para peserta di saat kami mendapati suatu kesalahan atau masalah,” ungkap Saudari Chatra.

Dengan berakhirnya serangkaian kegiatan Webinar PKM dan Follow Up Webinar PKM ini semoga dapat menghasilkan output yang baik untuk para peserta. Semoga kegiatan Webinar PKM dan Follow Up Webinar PKM berikutnya dapat lebih baik dari tahun ini dengan berbagai evaluasi yang ada di tahun ini dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk Webinar PKM dan Follow Up Webinar PKM 2023.

 

Reporter: Mohammad Wildan Al-Ashar

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

5 thoughts on “Kiat Sukses Menulis Proposal PKM bersama Follow Up Webinar PKM 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com