Semakin Berkualitas! OMVN XII: Ajang Kompetisi Siswa untuk Berprestasi di Bidang Matematika

Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 11 01 at 9.16.35 PM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor Kompetisi Matematika Vektor Nasional atau lebih dikenal dengan nama OMVN adalah ajang kompetisi Matematika yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Kompetisi ini terbagi dalam dua kategori, yaitu perorangan dan beregu untuk jenjang SMP dan SMA, sedangkan untuk jenjang SD hanya terdapat kategori perorangan. Tahun 2022 ini merupakan tahun ke-12 diselenggarakannya OMVN  yang mana sudah menjadi agenda tahunan HIMATIKA Vektor UM. Pelaksanaan OMVN XII yang mengusung tema “SIGMA: Smart and Intelligent with Mathematics”, pada tahun ini dilakukan secara daring melalui platform yang sudah disediakan panitia. Dengan peserta yang tercakup di skala nasional, membuat OMVN menjadi sebuah ajang yang kompetitif. Apalagi peserta diharuskan mengikuti lomba ini mulai dari babak penyisihan, semifinal hingga final di mana secara tidak langsung membuat peserta harus konsisten tiap babaknya agar mendapatkan juara.

Dari berbagai babak tersebut, puncak OMVN XII adalah OMVN Award. OMVN Award terdiri dari serangkaian acara seminar nasional dan awarding moment. Mendatangkan pemateri Dhika Widayat, founder dari @ngajimatematika dengan materi yang disampaikan bertemakan STEWIE: See the World, with Mathematics. Hingga di akhir acara, terdapat penyerahan penghargaan kepada seluruh pemenang OMVN XII dan pengumuman juara umum OMVN XII.

Pada hari Minggu (31/10/2022) tepatnya saat berlangsungnya OMVN Award, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor mendapatkan kesempatan untuk mewawancarai beberapa narasumber dalam pelaksanaan OMVN XII, diantaranya bupati mahasiswa Departemen Matematika, ketua pelaksana, tim juri, serta pemenang OMVN XII.

Indrani Eka Prastya Zahroh selaku Bupati Mahasiswa Departemen Matematika UM mengungkapkan antusias peserta OMVN XII mengalami peningkatan pada tahun ini. Hal itu terlihat dari jumlah peserta OMVN XII yang telah terdaftar lebih banyak daripada tahun sebelumnya.

Alhamdulillah, jika kita lihat dari jumlah peserta pada tahun ini meningkat dari tahun sebelumnya. Hal ini adalah output dari kerja keras teman-teman panitia pusat dan panitia rayon OMVN XII. Tak hanya itu, kualitas dan kredibilitas dari OMVN XII juga sangat bagus,” ungkap Indrani.

Hal itu selaras dengan pernyataan Ketua Pelaksana OMVN XII, Laily Putri Maharani yang menjelaskan bahwa peserta OMVN XII mengalami pertambahan. Selain itu, respon baik juga didapatkan dari peserta. Hal itu terlihat dari antusiasme peserta ketika melaksanakan serangkaian babak di OMVN XII.

“Pada tanggal 15 Oktober 2022, Alhamdulillah telah dilaksanakan kegiatan Babak Penyisihan OMVN XII secara online. Setelah melaksanakan babak penyisihan tentunya muncul sikap antusiasme dari peserta yang ditunjukkan dengan keaktifan pada sesi sanggah nilai. Dalam sesi tersebut, peserta dapat memberikan klarifikasi sebagaimana keadaan real saat mengerjakan soal-soal OMVN XII babak penyisihan. Selain itu, antusias peserta juga terlihat dari keaktifan peserta dalam mempersiapkan babak semifinal. Beberapa peserta juga sudah mulai mencari tahu mengenai pelolosan ke babak semifinal. Antusias dari mereka pun terlihat ketika mengetahui feedback yang akan didapatkan oleh peserta seperti E-Sertifikat nasional yang tentunya akan berguna bagi mereka,” jelas Laily.

Mochammad Hafiizh, S.Pd., M.Si., Ph.D. selaku tim juri mengungkapkan kualitas peserta OMVN XII tidak diragukan lagi. Para peserta telah memiliki potensi yang sangat besar dalam hal mengerjakan soal-soal yang diberikan.

“Mengerjakan soal yang sulit dan dalam waktu yang singkat merupakan tantangan tersendiri. Peserta yang lolos ke final telah memiliki pengalaman berharga tersebut,” ungkap Bapak Hafiizh.

Bapak Hafiizh menambahkan meskipun diselenggarakan secara daring, menurut beliau dalam penyelenggaraan OMVN XII sudah sangat bagus. Terlebih, melihat panitia yang telah bekerja keras dalam mempersiapkan OMVN XII memberikan kesan tersendiri bagi Bapak Hafiizh.

Hal itu juga dirasakan oleh pemenang OMVN XII yang memberikan kesan mereka ketika lolos ke babak final hingga akhirnya menjadi juara dalam OMVN XII ini. Lionel Wijaya pemenang kategori perorangan jenjang SD memberikan kesan bahwa soal yang disajikan dalam OMVN ini cukup menantang dan termasuk ke dalam kategori sulit. Selanjutnya, Daffa Atha Arkana sebagai pemenang kategori SMP beregu menyatakan bahwa atmosfer OMVN sangat memberikannya kesan.

“Lombanya seru banget, terutama saat babak final itu deg-degan banget apalagi ada babak tambahan pas penentuan juaranya,” ungkap Daffa.

Kemudian pernyataan datang dari Ben Robinson pemenang kategori SMA Perorangan. Fakta menarik dari Ben Robinson adalah di tahun sebelumnya Ben juga mengikuti OMVN XI di kategori perorangan sekaligus beregu jenjang SMP dan menjadi pemenang di kedua kategori tersebut. Bahkan sebelum itu, dia juga telah mengikuti OMVN saat dirinya masih berada di Sekolah Dasar.

“Seru banget bisa ikut OMVN tahun ini. OMVN ini sudah ditunggu-tunggu sepanjang tahun dan sudah sesuai ekspektasi. Lombanya benar-benar mengasah keterampilan. Semoga soal-soalnya lebih seru dan lebih menantang lagi untuk kedepannya,” harap Ben Robinson.

Melihat kesan dan harapan yang disampaikan oleh para pemenang OMVN XII, dari panitia yang terlibat tentunya juga memberikan pesan dan harapan terbaik untuk OMVN di tahun berikutnya.

“Pesannya, bagi peserta yang tidak lolos ke semifinal, tidak lolos ke final, atau tidak jadi juara 1, yakinlah bahwa kalian berani ikut OMVN saja sudah merupakan prestasi tersendiri. Mungkin kali ini gagal, tetapi jangan ragu untuk bangkit dan maju kembali. Terus kerja keras dan teruslah berharap. Suatu saat, masa yang indah itu akan tiba, meskipun tidak tahu butuh berapa kali jatuh. Pesan bagi yang sudah juara, jangan berhenti sampai di sini. Asah terus kemampuan, terus kerja keras, terus berprestasi ke tingkat lebih tinggi lagi,” pesan Bapak Hafiizh.

Kemudian Bapak Hafiizh juga menambahkan harapan untuk seluruh peserta OMVN XII agar kedepannya dapat membawa banyak kebaikan, kemajuan, dan kebermanfaatan bagi masyarakat dan bangsa di berbagai sektor.

Kemudian saran dan harapan juga disampaikan oleh Bupati Departemen Matematika UM.

“Saran dan harapan saya untuk OMVN tahun berikutnya semoga dapat dilaksanakan secara offline dan tentunya dapat menuai antusias yang lebih spektakuler dari peserta di tahun berikutnya,” harap Indrani.

Terakhir, Ketua Pelaksana OMVN XII menyampaikan harapan agar OMVN di tahun berikutnya dapat lebih baik lagi.

“Harapannya semoga OMVN di tahun depan lebih baik kedepannya dan selalu mendapat respon positif bagi para peserta khususnya di bidang Olimpiade Matematika. Dengan adanya kegiatan OMVN XII diharapkan dapat memberikan pengaruh positif baik dari kacamata pendidikan, kemampuan Matematika, dan etos berkompetisi. Saran untuk OMVN tahun depan yakni melaksanakan OMVN secara offline agar lebih menarik dan mengembalikan eksistensi OMVN yang dilaksanakan secara offline. Tentu hal ini sependapat dengan beberapa saran peserta yang ingin merasakan sensasi OMVN secara offline, yang tentunya akan menjadi daya tarik tersendiri bagi para penggemar Olimpiade Matematika,” pungkas Laily.

 

Reporter: Novita Eka Andriyana dan Chaerul Rifal Fadillah

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

7 thoughts on “Semakin Berkualitas! OMVN XII: Ajang Kompetisi Siswa untuk Berprestasi di Bidang Matematika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com