Follow Up Webinar PKM 2022 Sukses Hasilkan Sembilan Proposal Terbaik untuk Delegasi PKM Hunter

Himatika Vektor UM Fitured Image Artikel Pasca Kegiatan Follow Up Webinar PKM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor – Kegiatan Follow Up Webinar PKM 2022 dengan mengusung tema “Being Progressive, Productive, and Provide Benefits in the Future“ yang diadakan oleh Bidang Pengabdian Masyarakat HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang telah selesai dilaksanakan dan berakhir pada tanggal 25 Oktober 2022. Kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan selama empat pertemuan ini, telah menghasilkan proposal yang  akan menjadi delegasi ke PKM Hunter. Proposal tersebut dibuat dalam empat kali pertemuan, yaitu pada tanggal 21 September 2022 mulai diberikan arahan untuk pembuatan Bab I dan Bab II, selanjutnya pertemuan kedua pada tanggal 5 Oktober 2022 diarahkan untuk pembuatan Bab III dan Bab IV. Pertemuan ketiga  pada tanggal 11 Oktober 2022 dan pertemuan keempat pada tanggal 21 Oktober 2022 melaksanakan presentasi proposal yang telah dibuat dengan masing-masing pertemuan membahas dua bab oleh reviewer. Di sela pertemuan-pertemuan tersebut juga, diadakan konsultasi langsung kepada reviewer yang bertujuan untuk membantu peserta dalam penyusunan proposal yang baik.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk mewawancarai Ketua Pelaksana dan anggota Sie Acara Follow Up Webinar PKM 2022, Saudara Moh. Zakiya Luthfi Salim dan Saudari Maya Myerella mengenai tingkat keberhasilan program kerja Follow Up Webinar PKM 2022 dan tindak lanjut judul proposal terbaik yang akan menjadi delegasi ke PKM Hunter. “Menurut saya pelaksanaan kegiatan Follow Up Webinar PKM tahun ini sudah cukup baik, dengan dilaksanakan hingga empat kali pertemuan, alhamdulillah tidak terdapat kendala yang besar, baik para panitia, peserta, reviewer, maupun pemateri yang diundang dapat bekerja sama menjadikan kegiatan ini dapat terlaksana dengan lancar dari awal hingga akhir,” ungkap Saudara Luthfi. Setelah mengikuti kegiatan Follow Up Webinar PKM 2022 akan ada beberapa proposal yang dipilih dan akan menjadi delegasi ke PKM Hunter. Saudari Maya mengungkapkan bahwa proposal yang dipilih nanti tentunya proposal yang dinilai telah memenuhi beberapa penilaian dari reviewer sebagai proposal yang layak untuk diajukan ke jenjang berikutnya. Benefit untuk tim terpilih akan mendapatkan pendampingan dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti PKM Hunter yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas MIPA.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berhasil mewawancarai salah satu reviewer Follow Up Webinar PKM 2022, Saudari Salsabila Ayu Zhiana Putri, terkait pemilihan proposal terpilih dan keunikan dari masing masing proposal yang akan menjadi delegasi ke PKM Hunter. “Alasan saya memilih proposal terpilih karena ide mereka yang bagus dan unik. Dilihat dari proposalnya, kelompok tersebut terlihat serius dalam pengerjaannya dan tidak menyepelekan meskipun ini sekadar pelatihan dari Webinar PKM yang diadakan oleh HMD Matematika Universitas Negeri Malang,” ungkap Saudari Salsabila sebagai reviewer Follow Up Webinar PKM 2022. 

Follow Up Webinar PKM 2022 telah menghasilkan sembilan judul proposal terbaik, tiga diantaranya, yaitu (1) Inovasi Sabun Mandi Serbuk dari Ekstrak Buah Maja (Aegle Marmelos (L.) Corr.) sebagai Upaya Peningkatan Popularitas dan Nilai Tambah Ekonomi Buah Maja, Kejawen, (2) Budaya Masyarakat Jawa Kuno yang Menimbulkan Pengaruh Terhadap Adat Istiadat Masyarakat Jawa Setempat, (3) Tricam: Aplikasi Pengontrol Penggunaan Listrik Berbasis Mobile sebagai Upaya Mengurangi Pemborosan Listrik pada Masyarakat. Kesembilan judul yang telah terpilih akan menjadi delegasi ke PKM Hunter. Cintya Mayangsari yang merupakan salah satu peserta dengan judul proposal terpilih menyampaikan kesan pesannya selama kegiatan Follow Up Webinar PKM 2022, menurutnya banyak sekali kejutan dalam Follow Up Webinar PKM ini selain itu juga menambah relasi dan hubungan baik dengan beberapa dosen dan mahasiswa lain, karena untuk pengerjaannya membutuhkan konsultasi. Banyak ilmu baru juga yang dapat diambil yaitu konsep, aturan, dan tahapannya berbeda dari artikel ilmiah biasanya. Saudari Cintya juga mengungkapkan secara keseluruhan persaingannya cukup tegang karena memang semangat tim yang lain juga tinggi.

Berbagai pihak menyampaikan harapannya, semoga untuk Follow Up Webinar PKM 2023 bisa lebih baik dari sebelumnya dan partisipasi peserta yang mengirimkan proposal juga semoga lebih banyak dari tahun ini. Para mahasiswa baru kedepannya lebih antusias dalam mengikuti program Webinar dan Follow Up PKM tahun selanjutnya. Follow Up Webinar PKM 2022 telah usai, tetapi proposal yang dihasilkan peserta akan tetap ada dan semoga bisa dikembangkan hingga membawa kebermanfaatan bagi masyarakat luas. Sampai jumpa di kegiatan Webinar dan Follow Up Webinar PKM 2023.

 

Reporter: Muhammad Nurhalim Makruf

Redaktur:  Ayunda Dwi Aisyatunaja

8 thoughts on “Follow Up Webinar PKM 2022 Sukses Hasilkan Sembilan Proposal Terbaik untuk Delegasi PKM Hunter

  1. Alhamdulillah sudah mendelegasikan tim-tim terpilih untuk menjadi wakil dari Departemen Matematika di ajang PKM Hunter! (ajang miniatur PIMNAS yang diadakan oleh BEMFA MIPA UM) dan alhamdulillah meraih 5 medali dan menjadi JUARA UMUM HMD tingkat fakultas
    Semoga tahun depan bisa ditingkatkan dan dipertahankan gelar juaranya
    Semangattt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com