HIMATIKA Vektor Raih 2 Kategori Juara pada Ajang OPM Of The Year

Himatika Vektor UM FI NOVEMBER DESEMBER

Jurnalistik HIMATIKA Vektor — OPM Of The Year merupakan kegiatan pemberian apresiasi kepada seluruh OPM di Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Kegiatan ini berupa penilaian yang dilaksanakan pada tanggal 10 dan 11 November 2022 oleh juri yang berkompeten dengan melakukan survei ke kesekretariatan masing-masing OPM di FMIPA secara offline. Kegiatan yang wajib diikuti oleh seluruh ormawa di FMIPA Universitas Negeri Malang 2022 ini memberikan reward bagi pemenang kategori juaranya. Ada 4 kategori juara pada OPM Of The Year, diantaranya Kebersihan dan Kenyamanan, Estetika dan Penataan, Kelengkapan Struktur Organisasi, Sarana Pengumuman, dan Informasi, serta Ketertiban Administrasi. Puncak pengumuman pemenang kategori juara dilaksanakan pada tanggal 13 November 2022 di Gedung D3 Fakultas Ilmu Pendidikan. Pada tahun ini, HIMATIKA Vektor meraih 2 kategori juara sekaligus, yaitu (1) Kebersihan dan Kenyamanan, serta (2) Ketertiban Administrasi.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Yulia Rachmawati selaku Wakil Bupati Mahasiswa Departemen Matematika mengenai indikator yang menjadikan HIMATIKA Vektor menjadi pemenang di 2 kategori juara OPM Of The Year. “Menurut saya, HIMATIKA Vektor dapat terpilih sebagai pemenang di beberapa kategori OPM Of The Year yang diadakan oleh DMF MIPA UM 2022 adalah salah satunya karena persiapan yang cukup matang dari para pengurus HIMATIKA Vektor, mulai dari penataan arsipan administrasi, pembersihan etalase penghargaan, hingga penataan dan dekorasi ruang kesekretariatan. Tak lupa juga, para sekretaris bidang dan sekretaris pelaksana kegiatan HIMATIKA Vektor yang dapat bekerja sama terkait peradministrasian serta para pengurus yang bersuka rela menyisihkan waktu luangnya untuk kerja bakti membantu menciptakan ruang kesekretariatan yang bersih dan nyaman,” papar Saudari Yulia.

Seperti yang dikatakan oleh Saudari Yulia, beberapa hari sebelum penilaian OPM Of The Year oleh tim juri, pengurus HIMATIKA Vektor mulai bersiap dengan membersihkan dan menata rapi kesekretariatan milik HIMATIKA Vektor. Selain bersiap untuk penilaian OPM Of The Year, baik dari OC maupun SC HIMATIKA Vektor yang memiliki waktu luang bergotong royong merapikan kesekretariatan agar tercipta perasaan nyaman ketika pengurus mengerjakan job desc dari suatu program kerja di kesekretariatan. Dengan bantuan dan kerja sama dari pengurus, tak heran jika HIMATIKA Vektor meraih kategori juara Kebersihan dan Kenyamanan dan reward berupa uang sebesar Rp100.000,00 pada OPM Of The Year tahun ini.

Mengutip perkataan Saudari Yulia tentang kelengkapan administrasi, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mendengar pendapat dari Saudari Aliya Muti’ selaku Sekretaris Umum HIMATIKA Vektor 2022 mengenai administrasi side program dan program kerja yang ada di HIMATIKA Vektor. “Menurut saya, kelengkapan administrasi di HIMATIKA Vektor dapat dikatakan cukup lengkap karena arsipan yang digunakan tidak hanya dalam bentuk hardfile, tetapi juga dalam bentuk softfile yang dapat diakses oleh masing-masing pengurus. Hal ini tentu saja dapat mempermudah pantauan kami selaku Pengurus Harian, terutama Sekretaris Umum dan Bendahara Umum. Kelengkapan administrasi di HIMATIKA Vektor yang cukup lengkap ini tentunya juga atas bantuan dan dukungan dari para pengurus atas pemahaman SOP yang berlaku di HIMATIKA Vektor.”

Beberapa administrasi yang dibutuhkan untuk melaksanakan side program dan program kerja HIMATIKA Vektor, diantaranya proposal kegiatan yang disusun sebelum kegiatan dimulai guna mengetahui garis besar dari kegiatan tersebut, persuratan guna menunjang beberapa hal yang dibutuhkan pada kegiatan tersebut, seperti contohnya surat permohonan pelaksanaan kegiatan, surat permohonan dana, dan surat peminjaman tempat. Selain proposal dan persuratan, administrasi juga mencakup laporan pertanggungjawaban kegiatan dan keuangan yang disusun setelah suatu kegiatan selesai dilaksanakan guna mengetahui tingkat keberhasilan dari kegiatan tersebut. Seperti yang disampaikan oleh Saudari Aliya, setiap berkas administrasi side program dan program kerja HIMATIKA Vektor telah diarsipkan secara lengkap oleh sekretaris bidang dan sekretaris pelaksana kegiatan terkait hingga tak heran HIMATIKA Vektor meraih kategori juara Ketertiban Administrasi dan reward berupa uang sebesar Rp100.000,00 pada OPM Of The Year tahun ini.

Selain kelengkapan administrasi, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Saudari Dini Okta Choridhatul Bahiyah selaku Bendahara Umum HIMATIKA Vektor 2022 mengenai pembagian keuangan atau dana di HIMATIKA Vektor seperti yang sudah disinggung pada wawancara sebelumnya. “Sebenarnya tidak ada ketentuan khusus terkait pembagian uang kas sebagai penunjang keperluan sekretariat. Namun, jika dari teman-teman pengurus membutuhkan dana untuk keperluan side program atau program kerja tetapi tidak menemukan saya di ruang kesekretariatan, silahkan menghubungi saya untuk membeli kebutuhan tersebut,” ungkap Saudari Dini.

Berdasarkan wawancara dengan Saudari Dini, diketahui bahwa disediakan kemudahan bagi pengurus yang memerlukan dana untuk dapat menghubungi via offline maupun online, dengan catatan dana yang dibutuhkan adalah dana yang jelas untuk keperluan side program atau program kerja karena dana berupa kas yang dibayarkan oleh pengurus memiliki tupoksi untuk menunjang kegiatan yang diadakan oleh pengurus juga.

Untuk sesi wawancara terakhir, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mendengar pendapat Saudari Indrani Eka Prastya Zahroh selaku Bupati Mahasiswa Departemen Matematika mengenai harapan untuk HIMATIKA Vektor kedepannya. “Puji syukur, Alhamdulillah, sebuah hal yang tak terduga bagi saya karena HMD Matematika Vektor berhasil meraih juara dalam kategori (1) Kebersihan dan Kenyamanan, (2) Ketertiban Administrasi. Memang waktu persiapan cukup terbatas, tetapi kerja sama teman-teman pengurus membuahkan hasil yang luar biasa. Harapan saya adalah HIMATIKA Vektor dapat meraih seluruh kategori juara di OPM Of The Year tahun berikutnya,” tutup Saudari Indrani.

Peraihan 2 kategori juara sekaligus di OPM Of The Year yang diselenggarakan oleh DMF MIPA UM 2022 merupakan sebuah kebanggaan bagi HIMATIKA Vektor. Dengan berakhirnya penilaian dan pengumuman OPM Of The Year ini, diharapkan ruang kesekretariatan HIMATIKA Vektor yang bertempatkan di Gedung B25 FMIPA dapat terus terjaga. Apabila kesekretariatan bersih dan rapi, selain elok dipandang, dapat menimbulkan rasa nyaman bagi pengurus yang seringkali singgah di ruang kesekretariatan. Semoga pada kepengurusan HIMATIKA Vektor selanjutnya, HIMATIKA Vektor tidak hanya meraih 2 kategori juara, tetapi keseluruhan kategori juara dengan kesadaran, kerja sama, dan kekompakkan pengurus akan kebersihan dan kenyamanan ruang kesekretariatan.

 

Reporter: Nova Ade Sonata

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com