Kemudahan Bekerja Sama dengan HIMATIKA Vektor melalui Sistem All in One Access

Himatika Vektor UM WhatsApp Image 2022 11 19 at 8.49.02 PM

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM — Media Partner merupakan salah satu sidepro naungan Divisi Humas Bidang Komunikasi dan Informasi yang bertujuan menjalin persahabatan, kerja sama, dan komunikasi dengan organisasi lain melalui penyebarluasan suatu program kerja atau event. Penyebaran event ini dilakukan dengan mengoptimalkan media sosial yang ada seperti Instagram dan WhatsApp.

Pada periode 2022, Bidang Komunikasi dan Informasi Divisi Humas HIMATIKA Vektor UM melakukan perubahan pada sistem kerja sama antara HIMATIKA Vektor dengan internal Departemen Matematika dan FMIPA UM, maupun dengan eksternal FMIPA UM hingga eksternal UM. Perubahan pada sistem tersebut mencakup keseluruhan sistem Bidang Komunikasi dan Informasi atau yang biasa disebut Kominfo. Perubahan sistem tersebut menciptakan sistem terbaru yang dikenal dengan All in One Access yang mencakup seluruh sistem Bidang Kominfo. All in One Access adalah sistem satu pintu pada Bidang Kominfo yang mencakup Divisi Hubungan Masyarakat dan Divisi Multimedia. Sistem ini berguna untuk memudahkan sistem publikasi HIMATIKA Vektor. Pada sistem ini memuat tautan-tautan yang ditujukan kepada seluruh pengurus HIMATIKA Vektor dan masyarakat umum. 

Pada sistem All in One Access ini, terdapat satu linktr.ee yang mana di dalamnya kita bisa menuju ke formulir kerja sama Media Partner, formulir aspirasi mahasiswa dan formulir pendaftaran kegiatan proker HIMATIKA Vektor lainnya. Di dalam formulir kerja sama tersebut, pihak pengaju kerja sama Media Partner dapat langsung mengisi formulir yang ada dengan data diri juga terdapat tempat untuk mengunggah MOU/proposal serta file persyaratan yang telah dipenuhi. Tak hanya itu, segala persyaratan kerja sama Media Partner telah tertulis secara lengkap di dalamnya. Pihak pengaju juga dapat memilih paket dan menentukan tanggal upload yang diinginkan sesuai dengan persyaratan yang telah dilengkapi. 

Terdapat tiga paket yang kami tawarkan, yakni Euler, Noether, dan Balmer dengan masing-masing paket tersebut memiliki perbedaan persyaratan dan feedback yang kami berikan. Persyaratan umum dari kami berupa subscribe dan follow akun sosial media HIMATIKA Vektor, sedangkan untuk feedback yang kami berikan berupa penyebaran pamflet melalui Instagram HIMATIKA Vektor dengan jumlah penyebaran pamflet menyesuaikan paket yang dipilih. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berhasil mewawancarai Ketua Bidang KOMINFO 2022, Salsabila Ayu mengenai sistem terbaru melalui Google Form ini. “Sistem ini cukup efektif, terbukti dengan banyaknya pihak yang ingin mengajukan kerja sama dengan kita. Dalam menjalin Media Partner juga sudah baik terdapat MOU untuk mempermudah dalam menjalin kerja sama dengan pihak luar,” ungkapnya.

Selain itu, menurut Saudari Salsabila, sistem publikasi HIMATIKA Vektor di awal terlihat padat dan agak kesulitan untuk mengaturnya, tetapi menurutnya penanggung jawab mampu mencari solusi untuk menanganinya sehingga sistem publikasi HIMATIKA Vektor mampu tertata dengan baik. “Untuk kedepannya mungkin dari kita tidak hanya menunggu bola, akan tetapi juga bisa menjemput bola. Dan terkait sistem publikasi kedepannya bisa lebih baik lagi agar tidak ada crash atau kurangnya publikasi, serta dari proker HIMATIKA Vektor lainnya bisa merasa adil untuk publikasi proker mereka,” tambahnya.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga mewawancarai salah satu pengurus HIMATIKA Vektor 2022 lainnya, Saudari Maya Myerella. “Menurut saya untuk sistem Media Partner yang baru itu sudah cukup baik dan bagus terkait dengan penggunaan Google Form serta paket-paket yang telah disediakan. Untuk persyaratan paket sendiri menurut saya juga sudah cukup mudah untuk dipahami serta dipenuhi jadi jangan ragu untuk ber-media partner dengan HIMATIKA Vektor,” ungkap Saudari Maya.

Saudari Maya juga mengungkapkan bahwa sistem publikasi HIMATIKA Vektor sudah cukup baik walaupun ada beberapa peraturan yang tidak tercantum di SOP Publikasi dan banyaknya publikasi yang dilakukan dalam rentang waktu tertentu. Ia juga menyarankan agar tahun depan paket yang disediakan bisa ditambah serta SOP bisa diperinci dan diperketat. “Untuk sistem publikasinya sendiri bisa lebih diatur lagi dan kalau bisa agak diminimalisir terkait dengan publikasi supaya tidak terlalu banyak dan menumpuk,” tambah Saudari Maya.

Melalui kerja sama Media Partner ini, terdapat peningkatan cukup signifikan pada jumlah pengikut sosial media HIMATIKA Vektor 2022. Selain itu, kami juga berhasil menjalin kerja sama yang baik dengan kurang lebih 55 kepanitiaan dari organisasi penyelenggara event yang kami sebarluaskan. Kami berharap kedepannya sistem publikasi dan media partner HIMATIKA Vektor bisa lebih baik lagi, serta untuk menghindari crash publikasi antar proker dan pamflet media partner bisa lebih ditata lebih sistematis.

 

Reporter: Dionixius

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

3 thoughts on “Kemudahan Bekerja Sama dengan HIMATIKA Vektor melalui Sistem All in One Access

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com