Himatika Vektor UM FI NOVEMBER DESEMBER 1

Raih Juara 3 di ORMAWA Of The Year, Intip Perjalanan Website HIMATIKA Vektor

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM — Di era globalisasi seperti saat ini, tentu kata ‘website’ sudah tidak asing bagi pemuda milenial. Menurut salah satu ahli, Hidayat (2010), website merupakan kumpulan halaman yang digunakan untuk menampilkan informasi teks, gambar, animasi suara atau gabungan dari semuanya baik yang bersifat statis maupun dinamis yang membentuk satu rangkaian saling terkait. Berdasarkan pengertian tersebut, website terbukti memberikan kemudahan akses informasi dengan hanya berbekal jaringan internet. Menimbang beberapa kegunaannya, HIMATIKA Vektor memutuskan untuk membentuk suatu side program bernama Website yang dinaungi oleh Bidang Komunikasi dan Informasi pada tahun 2021. Website HIMATIKA Vektor ialah laman yang berisi informasi terkait HIMATIKA Vektor, program kerja atau event HIMATIKA Vektor, serta artikel informasi beasiswa. Informasi terkait HIMATIKA Vektor diantaranya informasi mengenai struktur kepengurusan HIMATIKA Vektor pada suatu periode yang sedang berjalan dan artikel yang menjadi bukti dari keberhasilan program kerja yang ada di HIMATIKA Vektor. Selain menyediakan informasi mengenai hal internal HIMATIKA Vektor, Website juga membentuk suatu event yang bertujuan untuk meningkatkan kreativitas mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang, yakni Matematika Berkarya.

Terhitung pada saat artikel ini dibuat, November 2022, Website telah memperoleh 245 komentar dengan jumlah unggahan artikel sebanyak 220 artikel. 220 artikel tersebut sudah termasuk 40 karya pada Matematika Berkarya yang di-submit pada tahun 2022. Pada tahun ini, Matematika Berkarya membuka 3 batch yang open submission-nya dilaksanakan pada bulan Mei, Agustus, dan Oktober. Setiap partisipan Matematika Berkarya akan mendapat feedback berupa e-certificate dan bagi karya dengan komentar terbanyak di unggahan website HIMATIKA Vektor akan mendapat tambahan e-certificate sebagai Karya Terpopuler dan reward berupa e-money. Akumulasi komentar pada karya Matematika Berkarya masih dihitung sampai artikel ini dibuat.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai salah satu partisipan Matematika Berkarya, Saudari Mukhlisah Khoirunnisa Azzahra, mengenai kontribusinya pada Matematika Berkarya. Saudari Mukhlisah mengungkapkan bahwa kreativitasnya telah tersalurkan dengan adanya Matematika Berkarya ini dan berpesan, “Untuk teman-teman di luar sana, khususnya teman seperjuangan mahasiswa Departemen Matematika yang merasa malu untuk menyampaikan karyanya, ada baiknya segala sesuatu perlu untuk dicoba. Jika tidak mencoba, kita tidak akan pernah tahu berapa banyak orang yang menyukai karya kita, terlepas semua karya yang dibuat tentunya bagus dan keren. Tidak ada salahnya mencoba hal baru, entah itu dihargai atau tidak, menang atau kalah. Semua butuh proses dan orang yang mampu menikmati prosesnya itulah orang yang berhasil.”

Reporter setuju dengan pernyataan Saudari Mukhlisah tentang pentingnya sebuah proses saat mengerjakan sesuatu. Hal itu terjadi pada batch 1 dan 2 event Matematika Berkarya ini. Website sempat mengalami error dengan adanya komentar spam yang masuk. Masalah itu merupakan tantangan tersendiri bagi Penanggung Jawab (PJ). Namun, berkat bantuan beberapa pihak, masalah tersebut dapat diatasi walau membuat beberapa waktu dan usaha sia-sia karena seluruh komentar terhapus dan pemilik karya dari Matematika Berkarya harus kembali mempromosikan karyanya mulai dari nol. Namun di samping itu semua, kembali lagi pada pernyataan Saudari Mukhlisah, “Orang yang mampu menikmati prosesnya itulah orang yang berhasil.”

Selanjutnya, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mendengar pendapat Ketua Bidang Komunikasi dan Informasi, Saudari Salsabila Ayu ZhianaPutri, mengenai perkembangan Website HIMATIKA Vektor dari awal dibentuk sampai saat ini. “Perkembangan Website dari tahun kemarin ke tahun ini dapat dikatakan telah lebih baik. Dikarenakan Website HIMATIKA Vektor baru diresmikan tahun kemarin, dapat dimaklumi jika ada beberapa problem yang terjadi. Terkait desain juga sangat menarik, serta isi konten di Website sudah berkembang menjadi lebih baik di tahun ini.”

Seperti yang diungkapkan Saudari Salsabila, perkembangan Website HIMATIKA Vektor tahun ini telah cukup lebih baik dibanding tahun kemarin. Hal tersebut dibuktikan dengan peraihan Website HIMATIKA Vektor menjadi Juara 3 Pengelolaan Website dan Media Sosial pada ajang ORMAWA Of The Year 2022, menyusul website milik BEM UM dan UKM ASC pada urutan 1 dan 2. Beberapa aspek yang dinilai pada kategori Pengelolaan Website dan Media Sosial ORMAWA Of The Year 2022, diantaranya aspek konten, inovasi, search engine, validasi code, responsive design, dan visual design. Untuk konten pada Website HIMATIKA Vektor dapat terbilang cukup lengkap, mulai dari profil HIMATIKA Vektor (logo, visi dan misi, struktur organisasi, dan program kerja), layanan informasi seperti informasi beasiswa, serta berita update yang disajikan dalam bentuk artikel. Desain tampilan pada Website HIMATIKA Vektor juga telah diperbarui menyesuaikan dengan warna tema HIMATIKA Vektor, yakni merah menyala yang diibaratkan semangat pengurus HIMATIKA Vektor yang menyala untuk membawa nama HIMATIKA Vektor dan Departemen Matematika UM menjadi lebih baik.

Sebagai penutup, Wakil Bupati Mahasiswa Departemen Matematika sekaligus pengelola Website HIMATIKA Vektor tahun 2021, Saudari Yulia Rachmawati, memberikan pendapatnya mengenai strategi untuk Website HIMATIKA Vektor kedepannya pada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. “Strategi yang dapat diterapkan untuk Website di kepengurusan selanjutnya adalah pemertahanan kekonsistenan dalam konten dan juga desain yang bervariasi, dapat juga untuk menambahkan konten lainnya yang dirasa fun dan tidak monoton, serta untuk pemilihan judul konten dan heading dapat dibuat lebih menarik lagi dan mencakup kata kunci dari isi konten tersebut,” tutup Saudari Yulia.

Tidak dipungkiri pengunjung yang mengunjungi Website HIMATIKA Vektor tidak sebanyak pengunjung media sosial seperti Instagram, Twitter, Facebook, dan lain-lain. Hal ini mungkin disebabkan dari faktor pemilik akun website yang tidak sebanyak media sosial. Untuk faktor kedua, kecepatan memperoleh informasi pada media sosial dinilai lebih cepat dan efisien dibanding website. Contoh kasusnya, terdapat suatu fenomena atau topik yang sedang ramai dibahas oleh banyak orang, fenomena atau topik tersebut akan mulai bermunculan di beranda media sosial, bahkan pada Twitter terdapat satu tempat khusus agar pengguna dapat melihat fenomena atau topik apa saja yang sedang ramai diperbincangkan oleh pengguna Twitter. Apabila dibandingkan dengan website, reporter website justru seringkali memperoleh informasi mengenai fenomena atau topik tersebut dari media sosial yang selanjutnya akan diolah menjadi suatu bentuk tulisan yang dipublikasikan di website. Pengunggahan informasi yang terbilang cukup lama mengakibatkan website semakin lama semakin tertinggal dibanding media sosial. Hal yang sama terjadi pula pada Website HIMATIKA Vektor sehingga cukup menjadi tantangan bagi pengelola Website selanjutnya untuk lebih meningkatkan eksistensi Website baik dari mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang maupun khalayak umum.

Meskipun demikian, dengan berbagai masalah yang terjadi, Website HIMATIKA Vektor dapat terus melakukan improvisasi untuk mengatasi masalah tersebut. Meraih Juara 3 Pengelolaan Website dan Media Sosial pada ajang ORMAWA Of The Year 2022 menjadi bukti dari keberhasilan improvisasi tersebut. Semoga segala pencapaian yang telah dicapai Website HIMATIKA Vektor dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan demi kemajuan akses informasi HIMATIKA Vektor berbasis website yang lebih baik.

 

Reporter: Nova Ade Sonata

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top