Himatika Vektor UM fi mc iv

Math Club IV: Mahasiswa Baru Siap Hadapi Ujian Akhir Semester Satu

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022 Dalam rangka persiapan menghadapi ujian akhir semester satu, pengurus HIMATIKA Vektor bersama pengurus KMUM kembali menyelenggarakan Math Club. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, tanggal 3 dan 4 Desember 2022 merupakan Math Club ke-IV yang dilaksanakan pada tahun ini. Sama seperti Math Club sebelumnya, Math Club IV mengusung tema  “Improve Your Understanding of Math through Math Club.”

Math Club IV ini membahas dua mata kuliah, yaitu Pengantar Aljabar dan Landasan Matematika. Mata kuliah Pengantar Aljabar diberikan oleh Kak Farras Alif Daffa’ dari Program Studi S1 Matematika angkatan 2021  pada hari pertama, sedangkan mata kuliah Landasan Matematika diberikan oleh Kak Ikhsan Abdul Rauf dari Program Studi S1 Matematika angkatan 2020.

Pada Minggu (03/12), Math Club IV pertemuan pertama dimulai pukul 08.15 WIB dan dibuka dengan sambutan Ketua Pelaksana serta Bupati Mahasiswa Departemen Matematika 2022 sekaligus membuka acara secara resmi. Kemudian, diadakan penyampaian materi oleh tentor selama 30 menit dan dilanjutkan dengan pengerjaan kuis tentang mata kuliah yang dibahas selama 20 menit. Setelah pengerjaan kuis, tentor akan menyampaikan pembahasan latihan soal yang sebelumnya telah dikirimkan di grup peserta. Kegiatan Math Club IV diakhiri dengan sesi tanya jawab antara peserta dan tentor. Sementara itu, Math Club IV pertemuan kedua dilaksanakan pada Sabtu (04/12) pukul 08.10 WIB tanpa adanya sub acara sambutan.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2022 berhasil mewawancarai Sekretaris sekaligus Bendahara Pelaksana Math Club 2022, Saudari Margaretha Novanda Aswindani, terkait persiapan pelaksanaan Math Club IV serta harapan untuk Math Club tahun 2023. “Persiapan Math Club terakhir ini tergolong singkat namun berkat kerja sama dan kerja keras panitia, persiapan acara bisa terlaksana dengan baik sehingga kegiatan Math Club IV bisa terselenggara dengan lancar,” ungkap Saudari Nanda. Ia juga menambahkan, “Saya merasa sangat lega karena seluruh rangkaian kegiatan Math Club 2022 telah terselenggara dengan baik. Semoga pelaksanaan Math Club tahun ini dapat bermanfaat dengan baik bagi mahasiswa Departemen Matematika sesuai dengan tujuan acara ini diadakan. Selain itu, saya juga berharap Math Club tahun depan bisa diadakan kembali dan bisa diadakan secara offline. Dengan begitu, harapannya dampak positif dari Math Club ini bisa lebih terasa”.

Meskipun Math Club IV merupakan kegiatan Math Club terakhir di tahun 2022, tetapi antusiasme mahasiswa baru Departemen Matematika sangat baik. Hal ini terbukti dengan pendaftar Math Club yang melebihi 100 peserta untuk masing-masing mata kuliah. Selain itu, keaktifan peserta saat kegiatan berlangsung juga sangat baik. Banyak peserta yang memberanikan diri baik dalam bertanya, berpendapat, maupun menjawab pertanyaan yang diberikan oleh tentor. Harapannya antusiasme dan respon positif ini tidak menurun pada saat Math Club tahun 2023 nanti, apalagi saat Math Club diadakan secara offline.

 

Reporter: Kholifah Nurlaily

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top