TERSELENGGARANYA UPGRADING KMUM 2023

Himatika Vektor UM UPGRADING KMUM 2023 2

Upgrading KMUM 2023 kali ini dilaksanakan secara offline 19 Maret 2023 di Universitas Negeri Malang tepatnya Gedung B24.302. Kegiatan ini mengangkat tema “Tingkatkan Kualitas Diri, Kembangkan Organisasi”. Kegiatan ini bersifat internal organisasi karena berupa penyampaian beberapa materi untuk memberikan pemahaman terkait sejarah KMUM, pengembangan organisasi, dan administrasi. Tujuan dari kegiatan ini adalah mengembangkan skill pengurus dalam berorganisasi dan mengenalkan KMUM secara mendalam.

 

Kegiatan ini dimulai pukul 07.30 WIB, dibuka oleh Naila Zulfa Nabila sebagai MC(Master of Ceremony). Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan. Sambutan pertama dari ketua pelaksana Upgrading KMUM 2023 yaitu Ikhsan Abdul Ro’uf. Sambutan berikutnya dari Toriqul Fadhli selaku Bupati HMD Matematika. Sambutan terakhir sekaligus pembuka acara secara resmi  disampaikan oleh Bapak Lathiful Anwar, S.Si., M.Sc., Ph.D. selaku ketua departemen Matematika. Selanjutnya adalah penyampaian materi, ada 3 materi sekaligus tanya jawab setiap materi selesai disampaikan. Selain pemberian materi, terdapat FGD(Focus Grup Discussion). Dalam FGD ini peserta berkelompok untuk mendiskusikan permasalah yang diberikan panitia. Setelah itu perwakilan menyampaikan hasil diskusinya. Disela-sela materi, ada ice breaking kurang lebih 20 menit. Acara ini selesai pukul 12.00 WIB.

 

Salah satu anggota sie humas mewawancarai Ketua Umum KMUM 2023 saudara Ahmad Helvi Hariyadi terkait pelaksanaan serta ketercapaian kegiatan ini. “ Untuk pelaksanaan kegiatan dari persiapan panitia yang dilakukan jauh-jauh hari membuat pelaksanaan bisa dibilang lancar, meskipun ada beberapa hal yang perlu dijadikan bahan evaluasi. Salah satunya terkait sertifikat pemateri yang belum bertanda tangan yang mana ini harus diserahkan pada saat acara, secara langsung. Sehingga ini menjadi salah satu perhatian khusus di tahun berikutnya. Selain itu, karena ada kegiatan kampus untuk maba, di hari Sabtu. Sehingga mendadak merubah di hari Minggu, yang mana membuat semua persuratan berubah juga. Sehingga menjadi salah satu keputusan yang harus diperhatikan juga terkait hal ini. Menurut saya ketercapaian kegiatan Upgrading KMUM 2023 sudah mencapai 95% hal ini dapat dilihat dari beberapa aspek, seperti kesiapan dari peserta, peserta menyimak penyampaian dari materi, kegiatan Focus Group Discussion (FGD) yang membuat siswa berpikir kritis terkait beberapa mosi yang diberikan. Namun sangat sedikit peserta yang mau bertanya saat sesi tanya jawab, sehingga tidak memaksimalkan waktu yang diberikan”, ungkapnya.

 

Kami juga berkesempatan untuk mewawancarai Bupati HMD Matematika mengenai pentingnya diadakan acara ini. Beliau mengungkapkan bahwa,”Upgrading sangatlah penting bagi pengurus untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi satu tahun kepengurusan”, selain itu Bupati juga mengatakan terkait pelaksanaan di Hari-H dan harapan dari kegiatan ini . “Upgrading KMUM 2023 berjalan dengan lancar dan seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan dengan baik, dengan diberikannya materi yang relevan dan kegiatan tidak membosankan dapat menambah kemungkinan terserapnya Ilmu lebih besar lagi. Harapannya semoga seluruh pengurus KMUM 2023 dapat mengimplementasikan seluruh hal yang sudah didapat pada kegiatan Upgrading pada kepengurusan tahun ini dan nantinya KMUM bisa lebih baik”.

Inayah Putri Ramdhani dan Ragil Satrio Pambudi selaku peserta menyampaikan kesan dan pesannya untuk kegiatan ini. Inayah berpendapat bahwa, “ untuk kegiatan kemarin kesannya sangat bermanfaat untuk perjalanan organisasi kedepannya, apalagi buat saya yang masih baru bergabung organisasi KMUM. selain itu juga kemasan kegiatan kemarin menurut saya juga menyenangkan, meskipun peserta yang hadir tidak banyak tapi kegiatan tidak canggung dan tidak membosankan. Untuk pesannya mungkin dengan diadakannya kegiatan kemarin bisa lebih memacu semangat dari anggota untuk berorganisasi selama satu tahun kepengurusan, selain itu semoga juga kepengurusan tahun ini lancar dan baik baik hingga akhir kepengurusan nanti”. Dari Ragil sendiri mengungkapan, “ kegiatan ini bermanfaat ya dimana kita jadi tahu sejarah terbentuknya KMUM dan juga diajarkan bagaimana cara berinovasi dan juga tidak cepat berpuas diri pada zaman sekarang ini dan juga untuk materi administrasi dan keuangannya sangat membantu”.

 

Reporter&Redaktur : Ardia Fatma Sari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top