Himatika Vektor UM MUSWIL IX2

Memperkuat Jaringan Relasi dan Sinergi Peran dalam Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023

Jurnalistik HIMATIKA Vektor – Musyawarah Wilayah ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023 atau yang disingkat MUSWIL ke-IX IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V Tahun 2023 merupakan forum laporan pertanggungjawaban pengurus wilayah IKAHIMATIKA. Kegiatan ini telah terlaksana dengan sukses pada tanggal 14-18 Juli 2023 di UIN Sunan Ampel Surabaya dan Universitas PGRI Adi Buana Surabaya.

Himatika Vektor UM Gambar WhatsApp 2023 07 24 pukul 18.24.40

Gambar: Forum Laporan Pertanggung Jawaban

MUSWIL 2023 kali ini diikuti lebih dari 20 himpunan mahasiswa matematika di universitas yang wilayahnya tergabung dalam wilayah V IKAHIMATIKA Indonesia. Adapun acara inti yaitu forum pertanggungjawaban pengurus IKAHIMATIKA Wilayah V yang dilanjut dengan pemilihan koordinator wilayah baru, penetapan tempat pelaksanaan Mustahwil dan Muswil ke-X, serta pelantikan pengurus baru yang telah direkrut dalam open recruitment sebelumnya. Selain itu, dilaksanakan kegiatan seminar nasional, LKMM-TD, serta field trip yang turut menjadi rangkaian acara tambahan guna memeriahkan kegiatan ini. Kendati demikian, peserta Muswil mulai berangkat dan check in di Arimbi Stay Hotel dan check out pada tanggal 18 Juli 2023. Adapun acara seminar nasional dan LKMM-TD dilaksanakan pada tanggal 17 Juli 2023. Forum ditutup pada tanggal 18 Juli 2023 dan dilanjutkan dengan kegiatan field trip. Untuk kegiatan field trip sendiri dimulai dengan mengunjungi Alun-Alun Kota Surabaya, dilanjut dengan mengunjungi Museum Baca, Tugu Pahlawan, dan ditutup dengan mengunjungi Museum Bank Indonesia. Setelah itu, peserta kembali ke daerah masing-masing.

Dalam menunjang kesuksesan kegiatan ini, tentunya ada campur tangan dari panitia serta peserta. Pada kesempatan tersebut, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor sempat mewawancarai beberapa peserta serta panitia dari kegiatan ini. Berikut hasil liputannya.

Saudara Muhammad Fakhruddin selaku ketua pelaksana mengungkapkan jika kegiatan ini berjalan dengan lancar meskipun banyak hal yang perlu dievaluasi, apalagi dalam skala nasional ada banyak hal yang perlu dibenahi. Beliau juga mengungkapkan apa saja yang perlu dievaluasi dalam kegiatan ini. “Untuk evaluasi sendiri mungkin dari segi komunikasi khususnya komunikasi dengan pihak IKAHIMATIKA itu sendiri yang mana yang memiliki proker dan kita sebagai tuan rumah, jadi harus benar benar ditegaskan dan diatur sedemikian rupa anggota dalam kegiatan muswil ini,” ungkapnya. Tak hanya itu, beliau juga berharap agar IKAHIMATIKA Indonesia Wilayah V mendapatkan anggota yang benar-benar berkomitmen dalam menunjang kepengurusan periode ini.

Selain itu, kami sempat mewawancarai Saudari Agustin selaku panitia yang bertugas. Dalam kesempatan tersebut beliau menjelaskan bahwa kegiatan ini berjalan dengan lancar. Dukungan penuh dari pemerintah Kota Surabaya tentunya turut serta dalam memperlancar keberlangsungan kegiatan ini. Saudari Agustin juga memaparkan terkait kesannya selama menjadi panitia pada kegiatan Muswil 2023 kali ini. “Selama mengikuti rangkaian acara MUSWIL-IX, saya senang apalagi bangga dapat menjadi salah satu orang yang turut berperan penting dalam jalannya acara ini. Banyak pengalaman dan pelajaran berharga yang dapat diambil antara lain saling menghormati sesama, pentingnya kedisiplinan, menghargai orang lain dan waktu, serta pentingnya sopan dan santun. Saya juga mendapat pengalaman dengan bertemu teman-teman baru dari berbagai tempat, ras, agama, dan tentunya karakter yang berbeda-beda,” ungkapnya.

Himatika Vektor UM Gambar WhatsApp 2023 07 24 pukul 18.22.52

Gambar: Pelantikan Pengurus Baru

Tak hanya panitia, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor sempat melakukan wawancara kepada beberapa peserta dan Koordinator Wilayah V periode sebelumnya. Yuk simak hasil liputannya!

Saudari Lutfia Azzahra Fajrianti, salah satu peserta Muswil 2023 mengungkapkan jika kegiatan Muswil ke-IX cukup seru. Banyak kesan yang didapatkan. Namun beliau mengungkapkan jika kegiatan ini cukup terburu-buru serta cukup padat untuk agendanya. Saudari Lutifia sempat mengungkapkan untuk kesan dan pesan yang didapatkan dari kegiatan ini. “Banyak hal yang aku dapatkan. Mulai dari teman jadi tukar nomor whatsapp dan menambah relasi, sharing-sharing tentang himpunan, dapat membantu pola pikir jadi berkembang, dan bertemu orang-orang hebat juga yang jadi delegasi atau rekomendasi beberapa kampus di Wilayah V. Terkait pesan karena acara ini juga ada pelantikan aku harap bisa bertanggung jawab dan amanah. Selain itu, juga kegiatan ini untuk panitia kedepannya membuat agenda yang meluangkan waktu bersama, serta kegiatan field trip dan ketentuan waktu lebih di tata,” ungkapnya.

Saudari Linda Maharani selaku salah satu peserta juga mengungkapkan kesan pesannya dalam kegiatan ini. “Kesannya itu tentu senang dan berkesan banget. Mulai dari teman baru, kita bisa menambah relasi. Kita bisa sharing dan kerjasama antar himpunan, serta dapat membantu untuk lebih berpikir kritis karena pemikiran-pemikiran baru dari teman-teman baru. Pesannya, semoga acara ini dapat berlanjut lebih baik lagi tahun depan. Buat kepanitiaan yang bertanggung jawab tahun depan, semoga agenda acaranya dapat tersusun dengan baik, ketentuan waktunya lebih diperhatikan lagi,” ungkapnya.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga sempat mewawancarai Saudara Nurul Yaqin selaku Koordinator Wilayah V periode sebelumnya. Beliau mengungkapkan jika kegiatan Muswil ini juga merupakan forum diskusi antar himpunan mahasiswa matematika yang ada di Wilayah V. Dalam kesempatan wawancara ini beliau juga menjelaskan harapannya akan kegiatan kali ini. “Dengan adanya Muswil ke-IX yang diadakan di HIMATIKA Algebra UINSA diharapkan bisa menjadikan IKAHIMATIKA lebih baik dan bisa menjadi wadah yang seutuhnya untuk teman-teman himpunan mahasiswa matematika. Evaluasi kepengurusan periode 2021-2023 bisa menjadi bekal untuk teman-teman pengurus baru dalam menentukan langkah dan tujuan kepengurusan kedepannya. Semoga IKAHIMATIKA tetap jaya, selalu, merdeka,” jelasnya.

Himatika Vektor UM Gambar WhatsApp 2023 07 24 pukul 18.22.50

Gambar: Field Trip

Kegiatan Musyawarah Wilayah kali ini tentunya meninggalkan kesan baik bagi panitia, peserta maupun pengurus IKAHIMATIKA itu sendiri. Terlepas dari berbagai kendala yang dihadapi, kegiatan ini telah terselenggara dengan sukses. Tentunya berbagai harapan telah tercurahkan untuk hasil dari Muswil ini sendiri. Semoga pengurus baru yang telah dilantik bisa menjalankan tanggung jawabnya dengan amanah. IKAHIMATIKA Indonesia Jaya, Selalu Merdeka!!

Reporter     : Maya Myerella

Redaktur    : Marcella Nicen Rhizona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top