Kunjungan Persahabatan Virtual di Era Pandemi

Kunjungan Persahabatan Virtual di Era Pandemi

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – KUPER (Kunjungan Persahabatan) adalah sebuah studi banding antara HIMATIKA UM ke Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika kampus lain dengan tujuan untuk menambah wawasan, memperbaiki sistem kerja dan meningkatkan kualitas HIMATIKA Vektor dan pastinya menambah relasi. Pada kesempatan kali ini HIMATIKA Vektor mendapat kesempatan melakukan diskusi dan sharing bersama HIMATIKA FMIPA UNPAD.

KUPER kali ini dilaksanakan pada Sabtu, 29 Mei 2021, melalui platform Zoom.  Nantinya setiap HIMATIKA akan memaparkan tiap Program Kerja dan Kegiatan yang ada dalam organisasinya lalu dilanjutkan dengan diskusi dan sharing.Acara dibuka oleh Ruth Glory Christin (dari pihak UNPAD) dan Satrio Onto Wiryo dari pihak UM) sebagai MC. Setelah semua anggota himpunan memasuki Zoom dilanjutkan dengan sambutan oleh Rifki at Thabari selaku Ketua HIMATIKA Vektor UM dan kak Rifqi Hibatul selaku Presiden Pengurus Harian HIMATIKA FMIPA UNPAD serta sambutan dari Muhammad Agung, S.Pd, M.Sc selaku Dosen Pendamping HIMATIKA Vektor UM.

Sesi pemaparan dimulai dari pihak HIMATIKA Vektor UM yang diwakilkan oleh Rifki at Thabari dan Lutfiah Fatin Febriyanti (selaku Wakil Ketua HIMATIKA Vektor UM). Sesi pemaparan terdiri dari: susunan kabinet, bidang/departemen, proker dan sidepro yang akan dilaksanakan dalam satu tahun kepengurusan. Setelah itu sesi pemaparan dari HIMATIKA FMIPA UNPAD yang terdiri dari visi-misi, susunan kabinet, departemen, dan proker serta proker unggulan yang akan dilaksanakan dalam satu tahun kepengurusan. Pertama ada penampilan video perkenalan dari pengurus-pengurus di HIMATIKA FMIPA UNPAD.  Kemudian ada pemaparan dari MuBes (Musyawarah Besar) HIMATIKA FMIPA UNPAD oleh kak Falduyan selaku Presidium 1. Dilanjut dengan pemaparan oleh Wakil Ketua MPA HIMATIKA FMIPA UNPAD, kak Hanif Ibnu dan pemaparan Pengurus Harian HIMATIKA UNPAD sebagai penutup dari sesi kali ini.

Setelah ishoma, acara dilanjutkan dengan sesi Forum Grup Discussion (FGD) yang telah dikelompokkan sesuai bidang/departemen yang bersangkutan ke dalam breakout Zoom yang sudah ditentukan oleh pihak HIMATIKA FMIPA UNPAD. Dalam sesi ini kita bisa sharing dan bertukar pikiran mengenai masalah organisasi, proker-proker dari masing-masing pihak, saran dalam berorganisasi, dan lain-lain. Sesi ini berlangsung sekitar satu jam dan diakhiri dengan pengambilan dokumentasi untuk momen kebersamaan. Setelah itu seluruh peserta diarahkan untuk kembali ke roomutama  Zoom. Nah, setelah saling sharing, kini saatnya kita untuk mendinginkan pikiran dan rileks dengan diadakannya ice breaking berupa game dengan menggunakan Kahoot yang akan dipandu oleh MC. Pemenang dalam game tersebut akan mendapatkan hadiah dari pihak UNPAD.

Sebelum berakhirnya acara KUPER 2021 ini,terdapat penyerahan cendera mata secara simbolis dari HIMATIKA UNPAD ke HIMATIKA Vektor UM dan begitu pula sebaliknya .

Dengan diadakannya kegiatan KUPER dilakukan pada kesempatan kali ini diharapkan dapat menjalin hubungan yang baik antara HIMATIKA Vektor UM dengan HIMATIKA FMIPA UNPAD.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor telah berkesempatan mewawancarai Koordinator Sie Acara KUPER yaitu Alifatur Rifah, mahasiswa jurusan Matematika Universitas Negeri Malang Angkatan 2020 sekaligus mewawancarai salah satu peserta KUPER yaitu Noviana Puspita, salah satu mahasiswa jurusan Matematika Universitas Negeri Malang.

“KUPER itu bisa dibilang sebagai studi organisasi, jadi saat kegitan itu kita berbincang-bincang dan mendiskusikan tentang organisasi juga program kerja yang ada di organisasi tersebut. Perbedaan dari KUPER tahun lalu yaitu adanya icebreaking/game di tahun ini”, ungkapnya.

Walaupun dilaksanakan secara online melalui platform Zoom, akan tetapi tidak mengurangi keaktifan peserta dalam berdiskusi dan sharing seputar organisasi.

Pesan dan kesan salah satu peserta serta harapan kedepannya untuk kegiatan KUPER

“Alhamdulillah acaranya berjalan lancar, meskipun ada sedikit miss communication untuk penyebaran link Zoom di awal acara. Pesannya semangat untuk terus mencari ilmu, apapun dimana pun dan dengan siapapun ilmu itu selalu dapat kita ambil. Semangat untuk kegiatan KUPER selanjutnya.”

Selain itu ada juga tanggapan lain yang tak kalah menarik, “happy banget, karena acaranya seru dan tidak membosankan.”

“Harapannya dengan adanya kegiatan KUPER ini, peserta dapat termotivasi dan terinspirasi untuk menjalankan proker kedepannya terlebih lagi dari yang HIMATIKA FMIPA UNPAD paparkan mengenai prkoer yang terdapat banyak perbedaan dengan HIMATIKA Vektor UM, bisa lebih dimantapkan strategi dalam menjalankan prokernya, menjaga kedekatan antara pengurus, dan masih banyak lagi”.

“Kesan saya setelah mengikuti kegiatan KUPER ini memberikan banyak manfaat bagi saya sendiri baik menambah relasi, memperluas pengetahuan, lebih mengenal HIMATIKA kampus lain, dll. Dan karena pelaksanaannya di hari Sabtu jadi sangat cocok untuk digunakan menghabiskan weekend dengan produktif melalui kegiatan yang  bermanfaat apalagi di masa pandemi seperti ini. Dan pesan saya semoga kedepannya lebih banyak lagi memberikan manfaat bagi peserta dan panitia, lebih banyak ide-ide baru atau motivasi lagi untuk KUPER”, tutur Noviana Puspita, peserta KUPER.

 

Reporter: Oktania Rufian Ariyanti, Nabila Handayani, Yulia Rachmawati

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top