Himatika Vektor UM FI Artikel FMC 2023

Lebih dari 90 Peserta dari Belasan Universitas yang Tersebar di 4 Pulau Besar Indonesia Berjuang di FMC 2023

Himatika Vektor UM FMC

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 – Tahun ini FMC diikuti oleh puluhan mahasiswa/mahasiswi yang berasal dari berbagai Universitas di Indonesia. Bersaing mulai dari babak penyisihan, semifinal, hingga akhirnya terdapat 15 mahasiswa/mahasiswi dalam 5 tim yang lolos dan bersaing di babak final. Pada tanggal 23 Juli 2023 babak penyisihan dimulai dengan pembukaan terlebih dahulu secara online melalui Zoom Meeting. Setelah pembukaan, babak penyisihan berlangsung, lebih dari 90 peserta di seluruh Indonesia berjuang di babak penyisihan FMC 2023. Walaupun dilaksanakan secara online melalui website dan Zoom Meeting antusiasme dari peserta sangat besar, terbukti dari ketertiban dan ketepatan waktu peserta dalam menghadiri babak penyisihan FMC 2023 ini. Para peserta mengerjakan soal pada website dan bergabung ke Zoom Meeting guna pengawasan pengerjaan. Kamera Zoom Meeting peserta harus menampakkan wajah, tangan dan lembar pengerjaan guna menghindari kecurangan.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai perwakilan panitia FMC 2023 mengenai harapan untuk para peserta yang nantinya lolos ke babak semifinal dan babak final. “Saya berharap kepada semua peserta yang lolos ke babak semifinal dan final, nanti bisa tetap terus berusaha dan tidak merasa puas, kemudian semoga selalu dilancarkan untuk kedepannya,” ungkap Saudari Debby Arina Arfah.

Pada tanggal 29 Juli 2023, 45 mahasiswa dalam 15 tim yang lolos pada babak penyisihan berjuang di babak semifinal. Babak semifinal FMC 2023 masih dilaksanakan secara online namun hanya melalui Zoom Meeting, dimana peserta mengerjakan di lembar jawaban yang sudah disediakan dan untuk soalnya ditampilkan pada share screen Zoom Meeting oleh panitia. Berbeda dengan babak penyisihan yang juga menggunakan platform website. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai perwakilan Sie Acara FMC 2023 mengenai kelancaran terlaksananya babak semifinal. “Berjalannya susunan acara pada hari ini Alhamdulillah lancar, beberapa hambatan bisa diatasi tanpa memberikan dampak signifikan dalam berjalannya acara,” ungkap Saudara Muhammad Fa’iz Alfarisi. 

Kemudian pada 5 Agustus 2023, merupakan babak final FMC 2023 yang dilaksanakan secara offline di Universitas Negeri Malang tepatnya di Departemen Matematika. Tak hanya Jawa, 15 mahasiswa dalam 5 tim yang berasal dari 5 kampus besar di Indonesia berjuang di babak final FMC 2023. Antusiasme para finalis pada babak final ini sangat pantas untuk diacungi jempol. Pada babak final terdapat tiga sesi, yang pertama sesi wajib jawab, kedua sesi presentasi, dan yang ketiga adalah sesi cerdas cermat.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai salah satu finalis FMC 2023, yaitu Saudara Nathaniel Takeshi mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember mengenai kesiapan mengikuti FMC. “Untuk persiapan, saya belajar dari materi-materi perkuliahan, sedikit riset juga dari soal-soal FMC tahun lalu,” ungkap Saudara Nathaniel Takeshi Inatori Lauw. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 juga berkesempatan mewawancarai Saudara Mohammad Septa selaku finalis FMC 2023 dan mahasiswa Universitas Indonesia terkait dengan kesan dan pesan untuk FMC 2023 ini, “Acaranya bagus banget bisa mengundang peserta secara nasional, jadi di final ini juga kita bisa berkenalan dengan finalis yang lain. Bisa dilaksanakan juga untuk tahun depan, dan jika memungkinkan dari babak penyisihan hingga final bisa dilaksanakan secara offline.”

Dr. Hery Susanto, M.Si., selaku Koordinator Tim Soal dan Tim Juri menyampaikan, “Kesan matematika selama ini adalah ketika lomba dinilai terlalu serius dan pada FMC kali ini dikemas dalam bentuk yang fun, tujuannya agar ada sedikit seni dan permainannya terutama di babak final. Pada tahun ini ada sedikit modifikasi pada babak final. Pada tahun lalu semuanya adalah wajib jawab dan untuk tahun ini dari penanggung jawab menginovasikan agar lebih meriah dengan diadakan cerdas cermat. Mudah-mudahan tahun depan kalau ada masukan dari peserta yang sekarang mengikuti FMC 2023 bisa disampaikan kepada panitia agar konsep fun lebih menonjol lagi.”

Rangkaian kegiatan FMC 2023 telah usai, dengan terlaksananya FMC 2023 ini diharapkan para mahasiswa bisa meningkatkan kemampuannya dalam berpikir kritis, rasional, cepat, tepat, bekerja sama baik secara individu maupun kelompok. Untuk para mahasiswa, siapkan diri kalian untuk mendaftar pada kegiatan Fun Mathematics Competition (FMC) tahun depan.

Reporter : Bilqis Rachel Oziriz & Salsabila Olivia Roji

Redaktur : Marcella Nicen Rizona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top