Berita Acara Sharing Session with KMUM 2023

Pada hari sabtu, 21 Oktober 2023 di ruang 302 Departemen Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Negeri Malang (UM), Komunitas Matematika UM (KMUM) berhasil menyelenggarakan kegiatan Sharing Session with KMUM 2023 yang mengusung tema : Unveiling the Path to Olympiads,  dengan lancar dan tidak ada kendala yang berarti. Tujuan dari kegiatan ini adalah menjalin silaturahmi dengan mahasiswa/i aktif Departemen Matematika FMIPA UM dan dosen Departemen agar memperoleh ilmu dan pengalaman mengenai kompetisi matematika tingkat perguruan tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga dapat memberikan motivasi dan semangat bagi mahasiswa/i Departemen Matematika FMIPA UM dalam meraih prestasi. Kegiatan ini dihadiri oleh 40 peserta mahasiswa/i yang berasal dari berbagai angkatan dan didominasi oleh angkatan 2023 di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

Pada 24 Oktober 2023, salah satu anggota sie humas dan publikasi berkesempatan mewawancarai Ketua Umum KMUM 2023, saudara Ahmad Helvi Hariardi, mengenai terlaksananya kegiatan ini, “Terlaksananya kegiatan Sharing Session with KMUM 2023 tahun ini merupakan Sharing Session with KMUM pertama yang dilaksanakan secara offline. Meskipun ini hal baru dengan jumlah peserta yang dibatasi, tidak menjadi penghambat terlaksananya kegiatan ini. Terlebih pemateri yang bertemu langsung dengan peserta yang membuat acara lebih berkesan dibandingkan bertemu secara online”. Kemudian, Beliau juga menambahkan, “Harapan kedepannya untuk kegiatan sharing session ini adalah dapat diikuti oleh semua angkatan mahasiswa matematika agar kegiatan ini lebih menyeluruh. Selain itu, adanya inovasi terkait kegiatan inti yang bisa membuat suasana lebih menyenangkan”.

Setelah itu, Ketua Pelaksana kegiatan Sharing Session with KMUM 2023 saudara Billie Ahmad Santoso juga sempat diwawancarai mengenai capaian tujuan yang diraih, “Tujuan kegiatan Sharing Session with KMUM 2023 tercapai karena terlihat terjalinnya silaturahmi antara peserta dan pemateri terlihat dari lebih mengenalnya peserta kepada pemateri dan komunikasi di antara pemateri dan peserta, serta para peserta termotivasi dan mendapat wawasan tentang kompetisi matematika. Kemudian, mengenai keaktifan peserta dalam mengikuti kegiatan ini beliau juga menambahkan bahwa “Peserta sangat aktif dalam kegiatan ini seperti bertanya pada pemateri, menjawab pertanyan-pertanyaan saat sesi ice breaking”. 

Setelah mewawancarai ketua pelaksana kegiatan ini, Koordinator Acara saudari Kamilah Fauziyyah Ashari juga diwawancarai mengenai pelaksanaan seluruh rangkaian acara kendala yang terjadi dan cara mengatasinya “Untuk kendalanya mungkin terkadang kurang koordinasi sehingga banyak terjadi miss comunication, cara untuk meminimalisirnya dengan memperbanyak intensitas komunikasi di grup, dan terbuka supaya sesama panitia saling mengetahui”. Lalu, “terkait pelaksanaanya yang sudah sesuai rundown acara walaupun sedikit terlambat 5 menit” ujarnya.

Salah satu pemateri juga sempat diwawancarai pada kegiatan ini yang sangat berkontribusi dalam terselenggaranya acara ini, yakin saudara Ikhsan Abdul Ro’uf. Kesan dan tanggapan Beliau dapat menjadi pemateri pada kegiatan ini “kesan saya dengan acara kemarin bagus ya, beberapa peserta juga aktif menanggapi dan bertanya tentang materi yang telah disampaikan” ujarnya.

Peserta juga tidak luput untuk diwawancarai terkait kegiatan yang telah diadakan ini. Kesan dari dua peserta yang sempat diwawancarai mengenai ice breaking yang menyenangkan, ada konsumsi, wawasan tentang dunia olimpiade, tips dan motivasi. Lalu, pesannya mengenai keterlambatan acara, konsumsinya bukan berupa nasi kotak, dan ice breaking kurang banyak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top