Himatika Vektor UM IMG 20231201 WA0017

Matematika Peduli: Memupuk Rasa Kepedulian Warga Departemen Matematika kepada Sesama

Matematika Peduli: Memupuk Rasa Kepedulian Warga Departemen Matematika kepada Sesama

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Kepedulian merupakan salah satu bentuk tindakan nyata yang dilakukan oleh seseorang dalam merespon suatu permasalahan. Sebagai makhluk sosial, manusia sejatinya memiliki jiwa kepedulian sosial di dalam dirinya. Kepedulian sosial sendiri dapat diartikan sebagai sikap keterhubungan antar manusia atau sebuah rasa empati pada diri manusia untuk membantu sesama. Maka dari itu, pengurus HIMATIKA Vektor 2023 melalui Divisi Kemasyarakatan Bidang Pengabdian Masyarakat mengadakan kegiatan Matematika Peduli sebagai sarana untuk mewujudkan rasa kepedulian sosial pada diri warga Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

Matematika Peduli merupakan kegiatan yang dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat yang ada di lingkup Departemen Matematika maupun masyarakat luar yang sedang mengalami musibah dan membutuhkan bantuan dana. Kegiatan Matematika Peduli sendiri dibagi menjadi dua yaitu open donasi dan ucapan belasungkawa. Untuk kegiatan open donasi dibagi lagi menjadi dua yakni open donasi rutin dan open donasi bencana alam. 

Pada satu periode kepengurusan tahun ini, telah dilakukan open donasi rutin baik secara online maupun offline. Open donasi secara online melalui penyebarluasan pamflet sedangkan open donasi secara offline dilaksanakan dengan menyebarkan kotak amal ke offering-offering yang ada di Departemen Matematika angkatan 2022 dan 2023. Selain itu, Matematika Peduli juga bekerjasama dengan MIPA Care yang merupakan program kerja di bawah naungan BEMFA MIPA UM dalam pelaksanaan open donasi kebencanaan. Bentuk kerja sama ini yang dilakukan berupa bantuan publikasi open donasi kebencanaan di lingkup Departemen Matematika. 

Selama satu periode pelaksanaan open donasi rutin, Matematika Peduli mendapatkan pemasukan uang sebesar Rp1.974.800,00 dan barang berupa pakaian bekas. Untuk donasi pakaian bekas dan sejumlah uang tunai telah didonasikan kepada MIPA Care atas nama Warga Matematika untuk diberikan kepada anak-anak di Panti Asuhan Darul Jundi. Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk mewawancarai salah satu panitia MIPA Care 2023, Saudari Nizrina terkait pelaksanaan Matematika Peduli. “Sudah baik, dapat membantu warga matematika yang membutuhkan dan juga bisa disalurkan ke warga eksternal matematika seperti yang dilakukan kemarin menyalurkan kepada anak-anak di panti asuhan melalui BEMFA MIPA UM, Untuk publikasi nya mungkin bisa lebih ditingkatkan, karena masih banyak mahasiswa yang belum mengetahui bahwa ada program matematika peduli,” saran Saudari Nizrina untuk kedepannya.

Selain itu Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan mewawancarai salah satu ketua offering Matematika. “Alhamdulillah dengan diadakannya Matematika Peduli ini bisa membuat teman-teman bisa lebih terbuka atau lebih mudah untuk menyalurkan sedikit uang/benda mereka ke orang yang lebih membutuhkan. Jadi, kurang lebihnya Matematika Peduli ini seperti jembatan antara mahasiswa matematika ke orang yang lebih membutuhkan.”  tutur Saudari Cindy kepada tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. 

Selain di kegiatan open donasi, rangkaian kegiatan Matematika Peduli lainnya adalah ucapan belasungkawa terhadap warga  Departemen Matematika yang sedang mengalami musibah seperti terdampak bencana alam ataupun meninggal dunia. Selain itu, ucapan belasungkawa juga ditujukan sebagai bentuk ucapan duka cita atas bencana alam yang sedang terjadi di Indonesia. 

“Saran untuk kedepannya bisa dimatangkan lagi timeline-nya semisal dalam satu bulan diadakan dua kali atau lebih dan bisa di follow up terus-menerus ke mahasiswa entah melalui ketua offering atau grup ketua offering. Sejauh ini sangat baik dan memuaskan semoga tahun depan bisa di inovasikan lebih baik lagi,” tambah saudari Cindy di akhir wawancara. Dengan adanya kegiatan Matematika Peduli ini, diharapkan dapat menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang ada dalam diri warga Departemen Matematika untuk membantu sesama baik dalam bentuk dukungan materi maupun moral. Selain itu, diharapkan dari kendala-kendala yang terjadi pada tahun ini dapat dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya agar manfaat yang diharapkan dapat benar-benar dirasakan oleh seluruh pihak.

Link Transparansi Matematika Peduli: 

https://bit.ly/TransparansiMatematikaPeduli2023

Reporter : Aberta Devanty Dwi Angga

Redaktur : Marcella Nicen Rhizona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top