Himatika Vektor UM FI Artikel Pra Kegiatan scaled

HIMATIKA Vektor UM Kembali Hadirkan Pekan Olahraga Matematika (POM) 2024 sebagai Langkah Awal Meningkatkan Bakat dan Minat Mahasiswa Departemen Matematika UM

PENYELENGGARA

HIMATIKA Vektor 2024

NAMA KETUA PELAKSANA

Moch. Fathiniam Maulana AS

TANGGAL KEGIATAN

20, 21 dan 28 April 2024

TEMPAT KEGIATAN 

Universitas Negeri Malang, Lapangan Olimpico, Balai Serbaguna Sumbersari, dan Zona SM

KRITERIA LAYANAN 

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Bakat

SDGs

Ke-3. Kesehatan yang Baik dan Kesejahteraan

MENTAL KEBANGSAAN

Pelatihan Kepemimpinan Mahasiswa

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2024 – Di era globalisasi yang penuh dengan tantangan, mahasiswa sebagai generasi muda perlu dibekali dengan berbagai keterampilan dan pengetahuan agar dapat bersaing. Salah satu cara untuk mewujudkannya adalah dengan menumbuhkan minat dan bakat mereka dalam bidang olahraga. Pekan Olahraga Matematika (POM) 2024 bukan hanya tentang kompetisi, tetapi juga tentang pembelajaran, kesehatan, dan kesempatan untuk berjejaring. Dengan diadakannya POM 2024 ini, diharapkan dapat menjadi langkah awal untuk membangun masa depan yang gemilang bagi generasi muda di bidang olahraga.

Pekan Olahraga Matematika (POM) 2024 merupakan salah satu program kerja yang diadakan oleh Bidang Bakat dan Minat Departemen Matematika HIMATIKA Vektor 2024. Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yaitu pada tanggal 20, 21, dan 28 April 2024. Pada POM tahun ini, terdapat 5 cabang olahraga dengan rincian 3 sports dan 2 e-sports yaitu: futsal, badminton, dan catur untuk e-sports serta Mobile Legends dan PES untuk e-sports yang dilaksanaka secara offline di Universitas Negeri Malang. POM 2024 mengusung tema “Spirit No Limit and Reach the Benefits” dengan harapan semangat tanpa batas dari setiap peserta sehingga dapat mendorong individu untuk melampaui diri mereka sendiri dan meraih manfaat yang besar, baik secara fisik maupun mental.

POM 2024 memiliki tujuan yaitu sebagai wadah bakat dan minat mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang, sebagai sarana mempererat silaturahmi khususnya sesama mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang, memberikan ataupun menambah pengalaman peserta dalam perlombaan di bidang olahraga, serta memperkenalkan kegiatan POM kepada mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – berkesempatan mewawancarai Ketua Pelaksana POM 2024, yaitu Saudara Moch. Fathiniam Maulana AS mengenai harapan serta target dari kegiatan POM 2024. “Dengan kesempatan ini diharapkan mahasiswa Departemen Matematika bisa menunjukkan potensinya dalam bidang olahraga, sehingga bisa menunjukkan bahwa mahasiswa Matematika itu bukan hanya tentang hitung-hitungan saja. Untuk targetnya, tentu sebagai panitia yaitu peserta yang mendaftar sesuai target dari kita, bahkan kalau bisa melampaui, selain itu juga acara yang sukses dan berjalan dengan lancar, kepuasan bagi seluruh pihak, serta kompetisi berjalan dengan sportif,” Ungkap Saudara Akhy.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – juga berkesempatan mewawancarai salah satu anggota Sie Acara POM 2024 mengenai persiapan panitia untuk menyambut kegiatan tersebut. “Sebagai panitia untuk persiapannya sudah dibagi per sie dan jobdesc nya. Persiapan berjalan dengan lancar tapi jika bertanya tentang kendala tentunya ada. Namun dengan kerja sama tim, panitia dapat mengatasi kendala dengan cukup baik,” ungkap Saudara Alfito Dwi Nova.

Selain dari harapan dan target yang ada untuk kegiatan POM ini, pesan untuk peserta pada kegiatan ini juga disampaikan oleh Ketua Pelaksana dan salah satu anggota Sie Acara POM 2024, “Semangat bertanding dan tunjukkan potensi terbaik kalian dalam kesempatan ini! Semangat No Limit!” Ungkap Saudara Akhy dan “Datang dengan semangat kompetitif, tetapi utamakan sportivitas. Persaingan sehat dan etika yang baik akan menjadikan sebuah pengalaman menjadi berharga,” Ungkap Saudara Fito.

Saudara Akhy juga menjelaskan bahwa kegiatan POM 2024 dinilai menjadi hal yang penting. “POM 2024 sangat penting, apalagi setelah ini akan ada event Dewan FMIPA Cup (DFC) yang diadakan fakultas, jadi selain tujuan yang disebutkan sebelumnya, ini juga pemanasan bagi kontingen matematika untuk menghadapi event-event selanjutnya,” Ungkapnya.

Dari kegiatan POM 2024 ini, diharapkan dapat menjadi wadah bagi peserta untuk menyalurkan bakat dan minatnya serta memberi kesempatan kepada peserta untuk mendapatkan pengalaman dalam perlombaan di bidang olahraga. 

Reporter : Masayu Putri Diah Aprilianti Zaeni

Redaktur : Abdus Shomad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top