Himatika Vektor UM FI Pra Kegiatan

MELANGKAH MENUJU MASA DEPAN MATEMATIKA YANG LEBIH UNGGUL BERSAMA FASMATIKA 2024 : EXPRESSING THROUGH STUDENT ASPIRATIONS TO BUILD FAR SUPERIOR QUALITY AND QUANTITY OF MATHEMATICS

PENYELENGGARA

HIMATIKA Vektor 2024

NAMA KETUA PELAKSANA

Meifa Nur Zakiyah

TANGGAL KEGIATAN

4 Mei 2024

TEMPAT KEGIATAN 

Universitas Negeri Malang

KRITERIA LAYANAN

Jenis Program Layanan dan Pembinaan Kesejahteraan

SDGs 

ke-4 dan ke-9

MENTAL KEBANGSAAN

Pendidikan Norma, Etika, Pembinaan Karakter, dan Soft Skills Mahasiswa.

Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2024 – Forum Aspirasi Mahasiswa Matematika (FASMATIKA) 2024 merupakan salah satu program kerja dari Bidang Kesejahteraan Divisi Sarana Publik HIMATIKA Vektor 2024. FASMATIKA 2024 adalah forum yang ditujukan untuk memfasilitasi mahasiswa aktif Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dalam menyampaikan kritik, saran, dan aspirasi terkait program kerja HIMATIKA Vektor 2024 serta pelayanan sarana prasarana perkuliahan di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Kegiatan ini akan menargetkan partisipasi dari 275 mahasiswa aktif Departemen Matematika Universitas Negeri Malang yang mengisi link Google Form aspirasi dan 60 peserta hadir secara offline. FASMATIKA 2024 akan diselenggarakan secara offline pada tanggal 4 Mei 2024 di Universitas Negeri Malang, dengan mengusung tema “Expressing Through Student Aspirations to Build Far Superior Quality and Quantity of Mathematics”.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2024 berkesempatan mewawancarai Saudari Alifiya Alimil Maslihah selaku Sekretaris Pelaksana FASMATIKA 2024 pada tanggal 31 April 2024 terkait rencana kegiatan FASMATIKA 2024. “Nantinya dalam FASMATIKA akan ada diskusi secara langsung dari dosen dengan mahasiswa. Aspirasi yang sudah ditampung dalam masa pendaftaran akan diolah dan didiskusikan bersama saat forum berlangsung. Aspirasi yang diberikan dari mahasiswa diharapkan dapat dibenahi dan diwujudkan oleh pihak Departemen,” Ungkap Saudari Alifiya.

Saudari Alifiya juga memaparkan alasan mengusung tema “Expressing Through Student Aspirations to Build Far Superior Quality and Quantity of Mathematics” pada kegiatan FASMATIKA 2024 ini, “FASMATIKA 2024 mengambil tema tersebut karena ingin menjadikan seluruh mahasiswa aktif Departemen Matematika Universitas Negeri Malang bisa berekspresi melalui aspirasi mahasiswa untuk membangun kualitas dan kuantitas Matematika yang jauh lebih unggul.”

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2024 juga berkesempatan mewawancarai Saudara Muhammad Sadidul Itqon selaku Koordinator dari Sie Acara FASMATIKA 2024 mengenai seberapa jauh persiapan yang sudah dilakukan untuk kegiatan FASMATIKA 2024. Saudara Sadid memaparkan bahwa dari Sie Acara telah menyelesaikan beberapa jobdesc seperti sudah sampai pada tahap konsultasi guide book dan konten Google Form, dimana masih dalam proses revisi yang dalam prosesnya memang cukup terkendala terutama masalah keterlambatan dan sebagainya. 

“Tidak ada kendala yang dihadapi, hanya saja terdapat sedikit keterlambatan terkait pengumpulan jobdesc,” Ungkap Saudara Sadid.

Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa kegiatan FASMATIKA 2024 sangat diperlukan sebagai wadah bagi mahasiswa aktif Departemen Matematika Universitas Negeri Malang untuk menyampaikan kritik, saran, dan aspirasi terhadap program kerja HIMATIKA Vektor 2024 serta pelayanan perkuliahan di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Dengan demikian, hal tersebut dapat menjadi bahan evaluasi bagi pengurus HIMATIKA Vektor 2024 serta evaluasi terhadap pelayanan perkuliahan di Departemen Matematika Universitas Negeri Malang. Diharapkan FASMATIKA 2024 dapat berjalan dengan lancar, dalam pelaksanaannya tidak terdapat hambatan yang merugikan. Kemudian dari peserta dan narasumber dapat berkomunikasi dengan baik, serta forum berjalan sesuai dengan rencana dan tidak terdapat kesalahan yang signifikan. Oleh karena itu, mari sebagai mahasiswa aktif Departemen Matematika, kita turut berperan dalam menyukseskan kegiatan FASMATIKA 2024.

Reporter: Devana Harys Yuniar

Redaktur: Abdus Shomad

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top