Fun Mathematics Competition

Usung Tema “Measure Ability, Extending Towards the Infinity” FMC 2021 Kembali Dilaksanakan secara Online

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – HIMATIKA Vektor UM kembali mengadakan suatu kompetisi nasional bernama Fun Mathematics Competition yang disingkat FMC. FMC merupakan ajang kompetisi matematika yang diselenggarakan untuk mahasiswa S1 Saintek sebagai ajang untuk menciptakan generasi muda yang berkualitas, edukatif, kompetitif, dan intelektual dalam ruang lingkup nasional. FMC akan kembali diselenggarakan di tahun ini secara online dengan mengusung tema “Measure Ability, Extending Towards the Infinity”.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor – telah berkesempatan mewawancarai ketua pelaksana dari kegiatan FMC, yaitu Moneig Noorfitria Syaharani, mahasiswa jurusan matematika Universitas Negeri Malang angkatan 2020.

“Saya mengusung tema “Measure Ability, Extending Towards the Infinity” pada FMC 2021 ini karena saya berharap dengan mengikuti FMC mahasiswa dapat mengukur kemampuannya di bidang matematika. Bukan hanya kemampuan menghitung saja, tetapi dengan mengikuti FMC kemampuan yang diasah akan lebih luas, seperti kemampuan dalam mempresentasikan suatu hal, kecepatan berpikir, dan berani mengambil keputusan.” Ujar Moneig.

Tujuan dari kegiatan Fun Mathematics Competition (FMC) 2021 ini di antaranya, meningkatkan motivasi belajar dan percaya diri mahasiswa dalam mempelajari ilmu matematika, menjaring mahasiswa yang memiliki potensi pada bidang studi matematika dalam lingkup saintek, menggali kemampuan mahasiswa dalam memperdalam konsep-konsep ilmu matematika, mewadahi para mahasiswa dalam menerapkan hasil belajar ilmu matematika di perguruan tingginya, dan menciptakan para mahasiswa yang dapat bersaing secara sehat di bidang ilmu pengetahuan.

FMC merupakan kompetisi beregu di mana setiap regunya terdiri dari tiga mahasiswa/mahasiswi S1 Saintek dari perguruan tinggi yang sama. Pendaftarannya dibuka pada tanggal 6 – 30 Juni 2021 untuk gelombang pertama. Sedangkan, untuk gelombang kedua akan dibuka pada 1–7 Juli 2021. Tentunya terdapat perbedaan harga pada setiap gelombangnya ya, jadi jangan sampai terlewat di gelombang pertama ini!

Alur pelaksanaan FMC ini terdiri atas babak penyisihan, semifinal, dan final. Babak penyisihan dilaksanakan secara individu pada tanggal 11 Juli 2021 melalui website. Babak semifinal dikerjakan secara beregu pada tanggal 18 Juli 2021 melalui website dan Google Meet. Sedangkan, babak final terdapat dua sesi, yaitu sesi presentasi dan cerdas cermat yang dilaksanakan pada tanggal 24 Juli 2021 melalui Zoom Meeting.

Bagaimana? Mulai tertarik dengan FMC 2021? Segera daftarkan diri kalian melalui https://pendaftaran.fmc-um.com/ untuk informasi lebih lengkapnya kalian bisa ikuti instagram kami @fmc.vektor .

Reporter: Laynufar Silsilia Alhila, Noniek Wijayanti Sartono Putri

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top