Menjadi Generasi Emas bersama MAGMA 2021

Himatika Vektor UM B6560FBA B72E 498C 9CCD AFA187124BBD

Jurnalistik HIMATIKA VEKTOR UM – MAGMA 2021 adalah program kerja HMJ Matematika Vektor yang bertujuan untuk menyambut mahasiswa baru Jurusan Matematika, menjalin keakraban dan meningkatkan tali sillaturahmi mahasiswa baru di Jurusan Matematika Universitas Negeri Malang serta menjadi wadah untuk mahasiswa Jurusan Matematika dalam mengembangkan juga mengeskpresikan bakat dan minat yang dimiliki. Rangkaian dari kegiatan MAGMA 2021 itu sendiri adalah penampilan bakat dari mahasiswa baru, lomba yel-yel, pemilihan Duta Alfa-Beta, dan mini games. Sebagai puncak acara MAGMA 2021, yaitu pengumuman pemenang Duta Alfa-Beta.

 

Keterbatasan yang dialami karena pandemi Covid-19 mengakibatkan kegiatan MAGMA 2021 pada tahun lalu tidak dapat dilaksanakan. Walaupun pada tahun ini masih mengalami keterbatasan, hal ini tidak menghalangi terlaksananya kegiatan MAGMA 2021. Pada tahun ini, MAGMA 2021 dilaksanakan secara online dengan mengusung tema “Change Yourself to Make a Golden Sprinkle”. Pemilihan tema tersebut dikarenakan memiliki makna yaitu, harapan untuk mahasiswa Jurusan Matematika agar mampu merubah dirinya menjadi generasi emas yang memiliki banyak keunggulan di berbagai aspek kehidupan. Hal menarik dari kegiatan dari MAGMA yang dilaksanakan pada tahun ini sendiri adalah pemilihan Duta Alfa-Beta. Duta Alfa-Beta itu sendiri merupakan ikon sekaligus contoh bagi masyarakat baik di dalam maupun luar kampus. Selain itu, menjadi penghubung antara mahasiswa matematika dengan HIMATIKA Vektor untuk menarik minat mahasiswa dalam mengikuti kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh HIMATIKA Vektor. Duta Alfa-Beta tidak hanya diikuti mahasiswa baru saja melainkan juga akan diikuti oleh mahasiswa angkatan 2020 yang nantinya akan melewati berbagai tahap seleksi hingga terpilih satu pasang Duta Alfa-Beta 2021.

 

Beragam tahap seleksi yang harus dijalani untuk mendapatkan gelar Duta Alfa-Beta yaitu pada tahap pertama pengumpulan berkas-berkas seperti esai diri dan video bakat dan minat yang dimiliki oleh peserta. Seleksi tahap yang kedua yaitu tes wawancara yang dilaksanakan secara online melalui google meet. Tahap selanjutnya yaitu tanya-jawab yang masih dilaksanakan secara online melalui google meet dan disaksikan oleh mahasiswa Jurusan Matematika dan penampilan video bakat dan minat para peserta. Pada tahap ini akan dipilih 3 pasang untuk bisa maju ke tahap selanjutnya. Tahap selanjutnya yaitu voting yang akan dilakukan oleh seluruh mahasiswa Jurusan Matematika. pada tahap terakhir akan ada penghitungan suara yang dilanjutkan dengan penobatan Duta Alfa-Beta yang akan disiarkan secara langsung melalui youtube HIMATIKA Vektor. Juri yang menjadi tim penilai kegiatan MAGMA 2021 adalah Laurentcia Noviafta Widyaselaku Duta Lalu Lintas Probolinggo dan Moch. Ilyas Mahardika selaku Paguyangan Putera Puteri Pendidikan Jawa Timur, sehingga Duta Alfa-Beta yang nantinya terpilih sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Penampilan bakat dan lomba yel-yel ditujukan kepada mahasiswa baru Jurusan Matematika yang diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri serta kreativitas akan bakat dan minat yang dimiliki. Selain itu terdapat mini games  berupa sambung cerita yang diharapkan agar mahasiswa baru dapat menjalin keakraban satu sama lain.

 

Pandemi Covid-19 tidak menghalangi semangat panitia pelaksana dalam menjalankan kegiatan MAGMA 2021 ini. Kegiatan ini telah dipersiapkan oleh panitia selama kurang lebih dua bulan. Hal ini tidak lepas dengan berbagai faktor pendukung dan faktor penghambatnya. Antusias panitia yang menjadi semangat dalam terlaksananya kegiatan MAGMA 2021 ini. Berbekal dari pengalaman kepengurusan dalam melaksanakan program kerja HIMATIKA Vektor, menjadikan panitia siap dalam melaksanakan MAGMA 2021 ini. Namun disisi lain, dengan terlaksananya kegiatan MAGMA 2021 ini secara online membuat panitia cukup kesusahan dalam berkoordinasi, menjadikan beberapa jobdesc yang terhambat dan tidak dapat diselesaikan dalam waktu yang diharapkan. Namun panitia tidak menyerah dengan segala keterbatasan yang ada dan tetap bersemangat hingga acara MAGMA 2021 ini dapat berjalan dengan lancar.

 

Selain mengembangkan bakat yang dimiliki, melalui kegiatan MAGMA 2021 ini peserta akan mendapatkan manfaat seperti dapat menambah relasi,  memperluas wawasan peserta, mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa baru, serta menjadi penghubung dan tempat mahasiswa Jurusan Matematika khususnya mahasiswa baru dalam mengembangkan dan mengekspresikan bakat dan minat yang ada dalam diri mahasiswa Jurusan Matematika.

 

Dengan terpilihnya Duta-Alfa Beta 2021 diharapkan dapat menjadi sosok panutan mahasiswa Jurusan Matematika untuk menjadi generasi yang unggul bukan hanya dalam bidang akademik tetapi juga dalam hal kemasyarakatan.

 

Reporter : Septin Rakhmadani SaldiyahNovita

Redaktur : Salsabila Ayu ZhianaPutri

2 thoughts on “Menjadi Generasi Emas bersama MAGMA 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com