Sukses Gelar MAGMA 2021 di Ruang Tatap Maya, MAGMA 2022 Luring?

Sukses Gelar MAGMA 2021 di Ruang Tatap Maya, MAGMA 2022 Luring?

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Jumat, 1 Oktober 2021 HIMATIKA Vektor UM kembali sukses menggelar suatu kegiatan di ruang tatap maya ZOOM Meeting, yaitu MAGMA 2021. Meet and Greet of Mathematics (MAGMA) 2021 merupakan salah satu program kerja HIMATIKA Vektor Universitas Negeri Malang yang bertujuan untuk menyambut dan menjalin keakraban antar mahasiswa baru Jurusan Matematika. Kegiatan tersebut dimulai dengan sambutan-sambutan dan dibuka secara resmi oleh Bapak Mohammad Agung, S.Pd., M.Sc. selaku dosen pendamping HIMATIKA Vektor 2021.  Kegiatan selanjutnya adalah penampilan yel-yel dari mahasiswa baru, mini games, penampilan bakat dan minat mahasiswa baru dan pengurus HIMATIKA Vektor 2021 serta diakhiri dengan pengumuman pemenang Duta Afa-Beta.

Pada (04/10/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai beberapa narasumber dalam pelaksanaan MAGMA 2021, berikut ulasannya.

“Menurut saya, pelaksanaan kegiatan MAGMA 2021 ini terbilang unik ya, dimana mahasiswa baru yang biasanya melakukan kegiatan bersama agar saling akrab secara langsung, kini memiliki alternatif yaitu dengan melakukan virtual meeting dan didukung dengan diskusi di media sosial. Saya juga sangat salut dengan antusias peserta dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan MAGMA 2021. Dimulai dari video bakat dan minat tim, yel-yel, mini games, bahkan sharing session dilakukan secara antusias. Alhamdulillah, dalam MAGMA 2021 ini terlahir dua pasang Duta Matematika baru, yaitu Duta Alfa-Beta 2020 dan 2021. Dimana kedua pasang duta ini nantinya akan menjadi ikon Jurusan Matematika dengan peran-perannya dalam kegiatan Matematika kedepannya.,” ucap Pandu Violana Mulya selaku Ketua Pelaksana MAGMA 2021.

Ia juga mengatakan bahwa Panitia MAGMA 2021 menurutnya sudah sangat maksimal mempersiapkan segala persiapan termasuk konsepan acaranya. Meskipun, manusia tidak luput dari kesalahan, ia merasa para panitia sudah mengupayakan yang terbaik.

Tak hanya persiapan dari panitia, ternyata para peserta Duta Alfa-Beta juga melakukan berbagai persiapan dengan matang.

Alivia Rohmatuzzahra, Duta Beta 2021, mengatakan, untuk menjadi Duta Alfa-Beta persiapan yang ia lakukan cukup singkat. Tentunya berkas untuk seleksi tahap awal, juga mempersiapkan video bakat sesuai dengan ketentuan dari panitia. Alivia  juga mempersiapkan untuk tes wawancara dengan melatih public speaking dan mencari tahu tentang apa itu Duta Alfa-Beta.

Adapun pesan dan kesan dari beberapa narasumber, di antaranya adalah sebagai berikut.

Athifah Alya Apriani, Duta Beta dari angkatan 2020, mengatakan mengatakan kegiatan MAGMA 2021 ini berlangsung dengan menarik dan sangat seru. Ia juga merasa senang sekaligus terkejut lantaran tidak menyangka dapat terpilih menjadi Duta Beta 2020. Menurutnya ini akan menjadi pengalaman baru baginya. Tak hanya itu ia juga berpesan semoga acara MAGMA tahun berikutnya bisa tambah menarik dan lebih baik lagi dari tahun ini.

“Menurut saya selama kegiatan MAGMA 2021 ini, saya mendapat banyak pengalaman dan relasi yang tentunya sangat bermanfaat. Kemudian, saya juga tidak menyangka bahwa akan terpilih sebagai duta yang mengemban amanah begitu besar,” ucap Muhammad Ferdiansa selaku Duta Alfa 2020.

Ia juga berpesan  semoga kegiatan MAGMA ke depannya tetap ada dan terus dikembangkan lagi dan juga untuk panitia agar terus semangat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang bermanfaat lainnya.

Tak hanya Duta Alfa dan Beta, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berhasil mewawancarai salah satu peserta kegiatan MAGMA 2021.

“Untuk kesan saya dalam kegiatan MAGMA 2021 sendiri itu, sangatlah seru dan asyik tentunya dimana saat itu mungkin ada sedikit kendala jaringan dari kakak-kakak panitia tetapi itu tidak mengurangi keseruan yang ada di dalam kegiatan tersebut. Sesuai dengan tujuan MAGMA 2021 sendiri bahwasanya memberikan wadah untuk menyalurkan minat dan bakat, mengakrabkan mahasiswa baru, serta sering bersama dengan kakak-kakak dari HIMATIKA Vektor yang dimana sangat memfasilitasi kami mahasiswa baru dalam menyalurkan minat dan bakat kami serta mengetahui lebih jauh seperti apa HIMATIKA Vektor dan tentunya menambah kenalan teman baru bagi kami mahasiswa baru. Pesan saya semoga kegiatan MAGMA kedepannya bisa makin lebih baik tentunya dari kegiatan tahun ini untuk mini games nya sendiri semoga bisa lebih lama lagi agar lebih seru dan kegiatan MAGMA tahun depan semoga bisa dilakukan secara langsung atau luring yang mana tidak melupakan tujuan dari kegiatan MAGMA sendiri yaitu bisa menjadi wadah bagi mahasiswa baru sebagai ajang untuk berkenalan, menyalurkan minat bakat yang dimiliki, serta mengetahui lebih lanjut mengenai HIMATIKA Vektor tentunya,” ungkap I Gede Yoga Sedana Putra, mahasiswa baru Angkatan 2021 Jurusan Matematika UM.

Berikut adalah harapan-harapan dari beberapa narasumber untuk kegiatan MAGMA dan Duta Alfa-Beta tahun berikutnya.

Pandu Violana Mulya, Ketua Pelaksana MAGMA 2021, berharap untuk MAGMA tahun depan dapat dilaksanakan secara luring karena ia yakin bahwa dengan Makrab yang diadakan secara luring memiliki nilai tersendiri yang tidak  bisa didapatkan saat daring dimana semua dapat bermunajah di satu tempat yang sama. Ia juga berharap ‘Jika tahun ini bermanfaat, maka tahun berikutnya harus lebih bermanfaat’.

“Harapan saya untuk kegiatan MAGMA di tahun berikutnya semoga kegiatan MAGMA bisa lebih bermanfaat lagi dari kegiatan MAGMA sebelumnya bagi mahasiswa baru tentunya dan semoga tahun depan kegiatan MAGMA sendiri bisa diadakan secara luring agar makin mempererat rasa kekeluargaan,” ucap I Gede Yoga Sedana Putra, mahasiswa baru Angkatan 2021 Jurusan Matematika UM.

Muhammad Ferdiansa selaku Duta Alfa 2020 mengatakan harapannya untuk Duta Alfa-Beta tahun berikutnya harus lebih baik dari duta yang sekarang dan juga dapat bekerja sama yang baik dengan Himatika.

“Siapapun nanti yang terpilih menjadi Duta Alfa-Beta berikutnya, harapan saya semoga bisa menjalankan amanah dengan baik dan ikhlas serta bisa menjadi inspirasi bagi mahasiswa matematika,” ucap Athifah Alya Apriani, Duta Beta dari angkatan 2020.

 

Reporter : Noniek Wijayanti Sartono Putri

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top