Akhiri Satu Tahun Kepengurusan Penuh Suka Duka, HIMATIKA Vektor Akan Adakan Sidang Umum

Akhiri Satu Tahun Kepengurusan Penuh Suka Duka, HIMATIKA Vektor Akan Adakan Sidang Umum

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Sidang Umum HIMATIKA Vektor 2021 atau lebih sering disebut SIDUM 2021 adalah forum pertanggung jawaban program kerja yang telah dilaksanakan selama satu tahun kepengurusan dari pengurus HIMATIKA Vektor kepada Mahasiswa aktif Jurusan Matematika dan Dewan Mahasiswa Fakultas (DMF) MIPA. Seperti di tahun 2020, SIDUM 2021 kembali dilaksanakan secara hybrid karena situasi sekarang yang masih dalam keadaan pandemi covid-19. Artinya nanti sebagian pengurus, presidium, dan peserta sidang  akan hadir di tempat yang telah ditentukan dan sebagiannya lagi akan berada di platform Zoom. SIDUM 2021 rencananya akan dilaksanakan selama 3 hari yakni pada tanggal 24—26 Desember 2021. Dengan diadakannya forum ini juga diharapkan akan dapat lebih mengenalkan HIMATIKA Vektor dari segi proses-proses dalam pelaksanaan setiap program kerja selama satu kepengurusan terakhir yang dipegang oleh masing-masing penanggung jawab.

 

Suka dan Duka Selama Satu Tahun Kepengurusan

 

Selama satu tahun kepengurusan di HIMATIKA Vektor, pastinya telah banyak suka dan duka yang dialami oleh para pengurus. Pada Rabu (15/12/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan untuk mewawancarai salah satu perwakilan pengurus HIMATIKA Vektor 2021 yaitu Nabila Handayani untuk menceritakan suka duka yang dialaminya selama satu tahun kepengurusannya di HIMATIKA Vektor.

 

“Duka yang saya alami sebagai mahasiswa yang mengikuti organisasi pastinya adalah masalah waktu. Banyak waktu yang digunakan untuk mengerjakan jobdesk, mengurus berbagai macam acara, bahkan di hari libur pun, waktu digunakan untuk menghadiri event atau rapat. Jika berbicara tentang suka, banyak sekali kebahagiaan yang saya temui, mulai dari bertemu dengan teman teman, menambah pengalaman dan relasi pertemanan, dan di organisasi setiap anggotanya dituntut agar menjadi pribadi yang mandiri. Dan yang terpenting untuk diri saya sendiri adalah saya dapat berkomitmen dengan apa yang telah saya niatkan dari awal,” ungkap Nabila Handayani, salah satu pengurus HIMATIKA Vektor 2021.

 

Ternyata meskipun banyak suka dan duka yang dialami oleh pengurus HIMATIKA Vektor 2021, tidak membuat mereka patah semangat di tengah kepengurusan ini. Banyak pengurus yang berhasil bertahan mulai awal hingga akhir kepengurusan. Kira-kira apa sih yang membuat mereka bisa berhasil untuk bertahan di HIMATIKA Vektor 2021?

 

“Hal yang membuat saya bertahan di organisasi ini tidak lain dan tidak bukan adalah teman teman yang memiliki rasa ingin maju dan berjuang bersama di kepengurusan ini. Melihat semua semangat pantang menyerah, rasa ingin belajar bersama, dan berproses menjadi lebih baik, membuat saya betah dan nyaman berada dalam lingkungan keluarga HIMATIKA Vektor ini,” ujar Nabila Handayani.

 

Perkembangan yang Telah Terjadi Selama Satu Tahun Kepengurusan

 

Pada Kamis (16/12/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk mewawancarai Ketua Umum HIMATIKA Vektor 2021 yaitu Muhammad Rifki At Thabari untuk menceritakan bagaimana perkembangan yang terjadi dan alasan yang membuat HIMATIKA Vektor dapat terus berkembang.

 

“Perkembangan HIMATIKA tahun ini tentu berkembang jauh lebih pesat dari sebelumnya baik dari segi kuantitas maupun kualitas, mulai dari pemanfaatan sosial media seperti Instagram, Twitter, dan website yang lebih atraktif, kemudian program kerja yg mulai kembali berjalan setelah tahun sebelumnya ditangguhkan, hingga kegiatan-kegiatan yang mulai banyak berinteraksi dengan mahasiswa dari jurusan matematika itu sendiri,” ujar Muhammad Rifki At Thabari selaku Ketua Umum HIMATIKA Vektor 2021.

 

Tentunya perkembangan yang signifikan dari tahun sebelumnya, tidak lain dan tidak bukan karena adanya kemauan dan kerja keras serta semangat dari pengurus HIMATIKA Vektor 2021. Kemudian, apa sih yang membuat HIMATIKA Vektor 2021 dapat berkembang sedemikian rupa?

 

“Hal yg membuat itu berkembang tentu saja dari ide-ide kreatif dari para pengurus yang selalu melihat evaluasi pada tahun sebelumnya untuk dijadikan sebagai acuan dalam memberikan inovasi di setiap kegiatan HIMATIKA di tahun selanjutnya,” imbuh Muhammad Rifki At Thabari.

 

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa berjalannya suatu organisasi atau himpunan itu tidak lepas dari andil para pengurusnya dan hal ini telah dibuktikan dengan adanya perkembangan serta perubahan yang terjadi di HIMATIKA Vektor 2021.

 

Persiapan Sidang Umum Dalam Rangka Akhiri Kepengurusan

 

Tidak terasa pelaksanaan Sidang Umum (SIDUM) sudah tinggal beberapa hari lagi, tentunya bagi para pengurus sudah harus mulai mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Mulai dari draft pertanggung jawaban, jobdesk saat hari H, dan juga masalah teknis pelaksanaan sidum nanti. Pada Kamis (16/12/2021), Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor juga berkesempatan untuk mewawancarai salah satu pengurus HIMATIKA Vektor 2021 yaitu Dimas Aktoillah Putra Hernawilis.

 

“Untuk persiapan pelaksanaan sidum sebenarnya tergolong lumayan singkat, tetapi dari pengurus sendiri pastinya akan berusaha dengan baik untuk memanfaatkan waktu yang ada. Sedangkan untuk bahan pertanggung jawaban sendiri, sebenarnya secara tidak langsung sudah teman-teman pengurus siapkan semenjak adanya evaluasi di internal kepengurusan HIMATIKA Vektor sendiri. Jadi sekarang mungkin yang perlu disiapkan secara matang masalah teknis pelaksanaan sidum nantinya,” ungkap Dimas Aktoillah Putra Hernawilis selaku pengurus HIMATIKA Vektor 2021.

 

Dengan adanya persiapan dari pengurus HIMATIKA Vektor dalam menghadapi sidang umum 2021 nanti, diharapkan pengurus dapat lebih mempersiapkan diri untuk mempertanggung jawabkan program kerjanya masing-masing.

 

“Saran buat teman-teman pengurus mungkin bisa disiapkan diri dan mentalnya, dipersiapkan apa saja yang akan dibahas dan dipertanggungjawabkan saat sidum nanti, dan semangat terus sampai akhir kepengurusannya,” pungkasnya.

 

Reporter : Ely Nurdina Aidananda, Noviana Puspita Sari

Redaktur : Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top