Meningkatkan Skill Dalam Penggunaan Aplikasi Matematika Bersama Classmath

Meningkatkan Skill Dalam Penggunaan Aplikasi Matematika Bersama Classmath

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Himpunan Mahasiswa Jurusan Matematika (HIMATIKA) Vektor UM tahun 2021 melaksanakan kegiatan dalam rangka meningkatkan skill dalam penggunaan aplikasi matematika bersama Classmath dengan tema yang cukupmenarik yaitu Being Extraordinary, Increase Your Math Application Skills With Classmath.” Kegiatan ini merupakan program kerja dari Bidang Penalaran HIMATIKAVektor tahun 2021.

Classmath termasuk agenda rutin yang dilakukan oleh HIMATIKA Vektor setiap tahunnya. Sehingga sebagian mahasiswa UM pasti tidak asing lagi dengan pelatihan yang namanya sama seperti tahun-tahun sebelumnya ini. Classmath untuk tahun ini dilaksanakan pada 11, 18, dan 25 April 2021 serta 2 Mei 2021, dan terbuka untuk semua angkatanmahasiswa Jurusan Matematika UM.

Kegiatan pelatihan ini penting dilakukan mengingat masih banyak mahasiswa yangbelum mengenal atau mendalami aplikasi matematika, padahal dengan adanya aplikasi tersebut akan memudahkan mereka dalam menjalani aktivitas dalam dunia perkuliahan, terutama aplikasi LaTex yang digunakan pada Classmath Chapter 1 yang akan memudahkan dalam penyusunan dokumen seperti buku, laporan, tesis, makalah dan lainnya.

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor telah berkesempatan untuk mewawancarai Niken Larasati sebagai ketua pelaksana Classmath Chapter 1 dan Maura Caesarani Suteja sebagai salah satu peserta, mahasiswa jurusan Matematika UM angkatan 2020.

“Isi kegiatan Classmath Chapter 1 berupa penyampaian materi mengenai aplikasi LaTex, seperti manfaat LaTex, fitur-fitur yang ada, cara penggunaannya, dan sebagainya. Dalam pelatihan ini juga diberikan waktu untuk tanya jawab, sehingga mahasiswa dapat bertanya tentang apa yang belum mereka pahami kepada pemateri secara langsung. Selain itu, juga terdapat post test yang ditujukan untuk menguji pemahaman mahasiswa setelah mengikuti pelatihan ini,” ungkap Niken Larasati selaku ketua pelaksana Classmath.

Dengan menghadirkan pemateri yang ahli dalam bidangnya yaitu Mohammad Agung, S.Pd., M.Sc. kegiatan ini memberikan manfaat dan keseruan tersendiri bagi para peserta.  Walaupun kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform Google Meet dan ZOOM meetingtidak mengurangi semangat para peserta untuk terus meningkatkan skill dan pengetahuan mereka dalam menjelajahi aplikasi matematika.

Perbedaan pelaksanaan Classmath tahun ini dengan tahun sebelumnya

Perbedaannya dari kegiatan Classmath tahun ini dengan tahun sebelumnya yaitu ada pada aplikasi dan jumlah pelaksanaannya. Jika tahun kemarin hanya satu kali pelaksanaan, tahun ini berubah menjadi dua kali pelaksanaan. Selain itu, tahun kemarin aplikasinya itu sudah ditentukan yaitu LaTex, sedangkan tahun ini Classmath melakukan voting. Sehingga dari pihak panitia bisa lebih tahu aplikasi apa yang ingin mahasiswa matematika pelajari,” Jelas Niken Larasati sebagai ketua pelaksana Classmath.

Tanggapan dan harapan dari salah satu peserta dan ketua pelaksana Classmath Chapter 1

“Kesan saya mengikuti Classmath Chapter 1 sangat terbantu sekali dengan adanya pelatihan ini, saya lebih bisa mengerti bagaimana melatih skill saya dari pelatihan yang sangat banyak manfaatnya ini. Pesan saya yaitu terima kasih kepada seluruh pihak yang telah menyelenggarakan kegiatan pelatihan yang luar biasa manfaatnya. Untuk harapannya semoga lebih sering mengadakan kegiatan seperti ini untuk menambah wawasan saat mengisi waktu luang jadi lebih produktif,” ujar Maura Caesarani Suteja yang merupakan salah satu peserta Classmath Chapter 1.

“Harapannya, acara Classmath ini dapat menjadikan mahasiswa jurusan Matematika UM menjadi lebih mengenal, memahami, serta dapat mengoperasikan aplikasi matematika lebih baik dari sebelumnya dan dapat memanfaatkan waktu luang dengan kegiatan-kegiatan yang positif. Selain itu dengan antusias dari mahasiswa jurusan Matematika yang cukup baik terutama dari angkatan 2020, Pendaftaran baru saja dibuka tetapi mereka berebut untuk mendaftarkan diri agar dapat mengikuti pelatihan ini. Hal ini memberikan semangat tersendiri bagi kami para panitia untuk memberikan yang terbaik,tambah Niken Larasati sebagai ketua pelaksana Classmath.

Reporter: Noviana Puspita Sari

Redaktur: Salsabila Ayu ZhianaPutri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top