HIMATIKA VEKTOR

Krida Bhakti 2022, Pengukuhan Mahasiswa Baru Departemen Matematika

Himatika Vektor UM fi keg kribhak

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM Krida Bhakti 2022 merupakan kegiatan Orientasi Studi dan Pengenalan Kampus (OSPEK) Departemen Matematika yang wajib diikuti oleh mahasiswa baru Departemen Matematika tahun akademik 2022/2023. Mengusung tema “Pundak Mahasiswa, Penentu Masa Depan Bangsa”, Krida Bhakti 2022 bertujuan memperkenalkan Departemen Matematika di Universitas Negeri Malang kepada mahasiswa baru angkatan 2022/2023, menumbuhkan rasa persaudaraan, dan membentuk mahasiswa baru yang progresif, inspiratif, serta tanggap.

Pada kegiatan Krida Bhakti 2022 kali ini, para mahasiswa baru mendapat beberapa materi guna membantu mereka survive di dunia perkuliahan. Materi tersebut di antaranya materi sistem perkuliahan, pengenalan Kompetisi Matematika Vektor Nasional (OMVN), tips TOEFL, dan masih banyak materi lainnya. Tentunya para mahasiswa baru ini tidak hanya diberi materi, tetapi juga terdapat beberapa mini games di sesi ice breaking

Para mahasiswa baru tampak antusias mengikuti kegiatan ini, bahkan beberapa dari mereka telah tiba di Universitas Negeri Malang sejak pukul lima pagi. Pada hari pertama, Krida Bhakti 2022 dimulai dengan registrasi peserta di depan gedung C9 Fakultas Sastra. Selanjutnya, para mahasiswa baru diarahkan ke gedung B24 FMIPA guna mengikuti pembukaan kegiatan Krida Bhakti 2022. Di dalam gedung B24, perlengkapan mahasiswa baru diletakkan di beberapa ruang kelas yang telah ditentukan panitia. Kemudian mereka berkumpul di salah satu ruang untuk menerima materi yang telah disiapkan. 

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor berkesempatan mewawancarai Saudara Hanif Muhammad Mufid selaku pemateri Mathematics Islamic Center (MIC) dalam acara Krida Bhakti 2022. “Kalau saya lihat mereka sangat antusias dalam bertanya, ketika saya melontarkan pertanyaan, mereka langsung semangat menjawab. Saat saya menjelaskan materi pun, para mahasiswa baru ini nampak sangat fokus menyimak,” tutur Saudara Hanif. Saudara Hanif juga berharap para mahasiswa baru ini akan menerapkan juga mengingat terus materi yang mereka telah dapat di hari pertama ini.

Pada hari pertama ini, para mahasiswa baru mendapat materi sistem perkuliahan, kepemimpinan, pengenalan OMVN, MIC, Komunitas Matematika Universitas Negeri Malang (KMUM), dan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tak hanya itu, mereka juga mendapat materi persidangan dan tips-tips mengerjakan TOEFL. Demi mencegah para mahasiswa baru terdampak radikalisme, mereka juga dibekali dengan anti HOAX serta anti radikalisme. Acara Krida Bhakti 2022 hari pertama selesai sekitar pukul empat sore setelah kegiatan post test dilakukan. 

Walaupun beberapa di antara mahasiswa baru tahun ini tampak lelah, mereka masih bersemangat mengikuti rangkaian acara Krida Bhakti 2022 di hari kedua. Sama seperti di hari sebelumnya, beberapa dari mereka telah tiba sejak dini hari dan kegiatan dibuka dengan registrasi para mahasiswa baru. Salah satu peserta yang nampak cukup aktif dalam kegiatan kali ini adalah Saudara Faiz Arianto. Faiz menjadi salah satu peserta yang aktif bertanya pada sesi tanya jawab yang dilakukan oleh pemateri. Hal ini menunjukkan betapa antusiasnya Faiz dalam mendengarkan materi yang diberikan. 

Pada hari kedua, para mahasiswa baru mendapat materi tentang SWOT juga berkenalan dengan para pengurus HIMATIKA Vektor tahun 2022. Selain itu, mereka juga melakukan voting untuk nama angkatan mahasiswa baru tahun 2022/2023. Nama yang terpilih adalah “Alphametric 2022”. Tak lupa juga adanya games yang dilakukan secara outdoor yang menambah keseruan Krida Bhakti 2022 dan tentunya meningkatkan kekompakan mahasiswa baru. Kegiatan hari kedua ini ditutup dengan pengukuhan mahasiswa baru Departemen Matematika tahun 2022/2023 serta sesi penyampaian kesan baik dari para panitia maupun peserta Krida Bhakti 2022. Tak lupa juga sesi dokumentasi baik secara kelompok maupun individu. 

Saudari Nuha Bahiyya Al Faridha, selaku peserta di acara Krida Bhakti 2022 mengungkap kesan dan pesannya selama acara ini berlangsung kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor. “Saya jadi lebih tau lingkungan sekitar Departemen Matematika Universitas Negeri Malang ini. Saya juga bisa dapat teman baru yang seru. Terima kasih juga untuk kakak panitia yang telaten dan sabar dalam membimbing kami. Selain itu, saya bisa menjadi lebih tertib, disiplin, dan menghargai waktu yang ada,” jelas Saudari Nuha.

Selepas acara Krida Bhakti 2022 dilaksanakan, Saudari Khofifa Nur Mufida selaku anggota Sie Acara pada kegiatan ini mengungkap bahwa acara sudah berjalan sesuai dengan konsep awal yang sudah dirancang dan dimatangkan, meskipun dalam pelaksanaan suatu kegiatan pasti ada hambatan. Menurutnya, panitia Krida Bhakti 2022 cukup cepat tanggap dalam menghadapi hambatan tersebut sehingga acara tetap berjalan lancar hingga akhir.

Pada penghujung acara, mahasiswa baru Departemen Matematika telah melalui proses pengukuhan oleh Bupati Mahasiswa Departemen Matematika. Dengan begitu, resmi sudah mahasiswa baru angkatan 2022/2023 menjadi bagian dari warga Departemen Matematika. Ilmu yang mereka dapat selama kegiatan ini berlangsung diharapkan dapat bermanfaat serta diterapkan dalam kehidupan selama di kampus. Sampai jumpa di kegiatan HIMATIKA Vektor lainnya.

 

Reporter: Salwa Asysyifatul Rahma

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

2 thoughts on “Krida Bhakti 2022, Pengukuhan Mahasiswa Baru Departemen Matematika

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

https://coverletterwritingservice.com