Himatika Vektor UM fi medsos

Potret Abadi HIMATIKA Vektor di dalam Jaringan

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Tak bisa dipungkiri, mahasiswa bisa menjadi pribadi yang lebih aktif, kritis, dan inovatif melalui organanisasi. Terjadinya pertukaran pikiran di dalam suatu organisasi menjadi salah satu aktivitas yang seru dan menantang. Salah satu organisasi yang diminati adalah organisasi himpunan mahasiswa di tingkat Departemen. HIMATIKA Vektor merupakan salah satu himpunan mahasiswa tingkat departemen yang ada di Departemen Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Dengan Kabinet Grhanatika kali ini, HIMATIKA Vektor memiliki tujuan untuk menjadi rumah yang mengayomi dalam berproses dengan kerangka berpikir kritis dan transformatif. 

Seiring perkembangan zaman, lalu lintas informasi menjadi lebih cepat dengan adanya internet dan media sosial. HIMATIKA Vektor turut andil dalam memberikan informasi, tentu informasi yang diberikan adalah informasi yang sudah disupervisi. Platform Instagram, Twitter, dan Youtube menjadi sarana untuk memberikan segala bentuk informasi yang berkaitan dengan progres HIMATIKA Vektor dalam setiap program kerjanya. Setiap platform tersebut memiliki fungsinya masing-masing. Kita mulai dengan media sosial yang paling krusial untuk HIMATIKA Vektor, Instagram. Instagram dari HIMATIKA Vektor berfungsi untuk mempublikasikan setiap konten-konten HIMATIKA Vektor dengan cakupan yang kompleks, mulai dari konten jurnalistik, konten hari besar, video liputan mengenai suatu proker dan masih banyak lagi. Semua fitur Instagram, seperti polling, reels, instastory, feed, live, dimanfaatkan dengan baik untuk publikasi yang dilakukan HIMATIKA Vektor. Selain mempublikasikan informasi di Instagram, HIMATIKA Vektor juga memanfaatkan Twitter untuk memaksimalkan jangkauan informasi dari sebuah konten. Selanjutnya adalah platform Youtube, Youtube berfungsi untuk mempublikasikan setiap kegiatan HIMATIKA Vektor yang berupa video, seperti video after movie, video bincang-bincang, dan live streaming

Di antara konten-konten yang dipublikasikan HIMATIKA Vektor, terdapat konten-konten yang menjadi unggulan, yakni konten Bincang-Bincang dan Sharing Session. Adapun konten bincang-bincang adalah konten di mana pengurus HIMATIKA Vektor berbincang santai dengan narasumber terpilih. Tidak sekadar berbincang santai, tentu juga akan ada insight yang diperoleh dari obrolan tersebut. Tak tanggung-tanggung, HIMATIKA Vektor berhasil mengundang mahasiswa berprestasi untuk menjadi narasumber bincang-bincang agar bisa berbagi tips-tips meningkatkan produktivitas sebagai mahasiswa. Selain konten bincang-bincang, HIMATIKA Vektor juga menyelenggarakan kegiatan sharing session. Sharing session sendiri adalah kegiatan dimana pengurus melakukan wawancara dengan narasumber melalui fitur live Instagram. Narasumber yang dihadirkan pada sharing session adalah narasumber non-mahasiswa yang sudah memiliki profesi sehingga topik bahasannya adalah seputar dunia kerja. Perbedaan antara konten bincang-bincang dan sharing session adalah tempat publikasi dan narasumbernya. “Sharing session yang pelaksanaannya 2 kali itu, menurut aku menarik karena merupakan konten yang santai, siapapun bisa menonton, menambah ilmu, dan pastinya menambah relasi antara HIMATIKA Vektor sendiri dengan para narasumber yang pastinya berpengalaman,” ungkap Saudari Kharisma Sofia selaku Ketua Pelaksana Media Sosial periode sebelumnya kepada Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor

Berdasarkan survei yang dilakukan melalui fitur Instagram, HIMATIKA Vektor sudah memaparkan banyak informasi yang bermanfaat. “Sangat bermanfaat, terlebih bagi para warga Departemen yang ingin tahu lebih dalam terkait kegiatan HMD,” ungkap Saudara Nuzulul. Selain itu, mengenai tampilan muka media sosial HIMATIKA Vektor sudah terbilang cukup baik dengan rerata nilai lebih dari 4 dari skala 5. Kemudahan akses informasi juga terbilang cukup baik dengan rerata nilai lebih dari 4 juga dari skala 5. Dengan microblog yang sudah dipublikasikan, masih dirasa kurang bagi warga Departemen.  “Informasi-informasi seputar pengetahuan mungkin bisa ditambah lagi,” ungkap Saudara Nuzulul. Tentu, hal ini akan menjadi bahan evaluasi untuk media sosial HIMATIKA Vektor ke depannya. Secara garis besar, media sosial HIMATIKA Vektor sudah berkembang dari tahun sebelumnya. “Kinerja media sosial cukup interaktif dan ada konten yang lebih baru daripada periode sebelumnya. Selain itu, media sosial juga mengalami perkembangan yang mana telah memenangkan prestasi sebagai Juara 3 pada ajang Ormawa Of The Year,” ungkap saudari Kharisma Sofia.

 

Reporter: Mohammad Wildan Al-Ashar

Redaktur: Ayunda Dwi Aisyatunaja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top