Himatika Vektor UM FI MATBER

MELANGKAH MENUJU KEBAIKAN BERSAMA MATEMATIKA BERAMAL

Jurnalistik HIMATIKA Vektor UM – Di era modern ini, dunia perguruan tinggi sangat dituntut untuk mampu menghasilkan lulusan yang memiliki karakter yang kuat dan terarah. Mahasiswa sangat dibutuhkan kehadirannya sebagai agen perubahan. “Kunci utama dalam dunia seni peran bukanlah pada peran itu sendiri, melainkan pada kekuatan aktor tersebut”. Begitulah seharusnya mahasiswa, bagaimana dalam setiap peran dan posisi yang diambilnya, dia mempunyai kekuatan untuk perubahan yang berarti. Namun, zaman sekarang kebanyakan mahasiswa hanya terfokus pada urusan kuliah saja sehingga lupa untuk menjalankan kewajiban agamanya. Maka dari itu, Matematika Beramal hadir sebagai wadah bagi Mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dan pengurus HIMATIKA Vektor 2023 yang beragama Islam untuk menjalankan kewajiban agamanya sambil terus belajar serta meningkatkan pengetahuan dan kemampuan di bidang akademiknya.

Dalam Matematika Beramal, ada dua kegiatan yang menjadi fokus utamanya. Pertama, ada kegiatan Ngaji Bersama dimana pelaksanaanya ada Ngaji Sore yang dilaksanakan pada minggu kedua dan keempat bulan Ramadhan. Tidak lupa juga untuk membaca surah Al-Kahfi yang dilakukan pada malam Jumat pertama di setiap bulan. Selain itu, pada peringatan hari besar Islam diadakan Khotmil Qur’an seperti pada saat memperingati Tahun Baru Hijriyah dan Maulid Nabi SAW, serta kegiatan Yasin dan Istigasah Bersama akan diadakan ketika menjelang ujian semester.

Himatika Vektor UM 1bFz99y0ip7m L5gqnPOzFmf8J7nNH2UfHzk9nEHWTuaeRn1vnzF

Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai salah satu peserta kegiatan Yasin dan Istigasah Bersama yaitu Saudari Nurmala Salsabila yang mengungkapkan bahwa “Dengan mengikuti kegitan Yasin dan Istigasah yang diadakan oleh HIMATIKA Vektor 2023, saya menjadi lebih siap untuk menghadapi pekan ujian. Kegiatan tersebut  menjadi sarana bagi saya untuk menenangkan pikiran setelah persiapan belajar materi yang cukup memusingkan dan kegiatan Istigasah yang menjadi penutup dari ikhtiar belajar yang sudah saya lakukan, serta menjadi sarana bagi saya untuk meminta kemudahan kepada Allah SWT saat pengerjaan ujian nantinya.”  Saudari Nurmala juga  berharap agar acara seperti Yasin dan Istigasah Bersama ini dapat terus diadakan oleh HIMATIKA Vektor. Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 juga berkesempatan mewawancarai salah satu pengurus HIMATIKA Vektor 2023 yaitu Saudara Muhammad Fa’iz Alfarisi. Saudara Fa’iz mengungkapkan, “Dengan adanya kegiatan Ngaji Bersama memberi kesempatan kepada para pengurus HMD Matematika untuk melakukan ngaji bersama secara online atau offline yang tentunya memberi banyak manfaat. Ngaji Bersama tidak hanya mendekatkan kita kepada Allah SWT namun juga saling mendekatkan antar sesama pengurus HMD Matematika.”

Selanjutnya, fokus yang kedua yaitu Open Donasi Qurban. Open donasi ini dibuka dari tanggal 19 Mei – 27 Juni 2023 yang diperuntukkan untuk mahasiswa Departemen Matematika dan terbuka untuk masyarakat umum. “Pada tahun ini Alhamdulillah hasil donasi kurban mencapai sejumlah Rp3.158.000,00 dan dibelikan seekor kambing yang kemudian disalurkan ke Masjid Peradaban As Syafaat, Tasikmadu, Lowokwaru, Kota Malang,” ungkap Saudara Muhamad Bayu Yusuf selaku Penanggung Jawab kegiatan Matematika Beramal 2023. Proses penyembelihan kurban disaksikan oleh beberapa pengurus HIMATIKA Vektor 2023 dan masyarakat sekitar.

Himatika Vektor UM 7VowtKBT04K uC

Sebagai penutup, Tim Jurnalistik HIMATIKA Vektor 2023 berkesempatan mewawancarai Saudari Inayah Putri Ramadhani. “Semoga kegiatan Matematika Beramal bisa terus terlaksana dan bisa diadakan secara rutin sehingga bisa memupuk nilai keagamaan yang semakin dalam untuk mahasiswa Departemen Matematika,” ungkapnya. Dengan terlaksananya kegiatan Matematika Beramal ini, semoga mampu menjadi perantara mahasiswa Departemen Matematika Universitas Negeri Malang dan pengurus HIMATIKA Vektor 2023 yang beragama islam untuk lebih mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa serta kita semua merasakan manfaat yang baik dengan kegiatan Matematika Beramal ini.

Reporter  : Raihanah Mursyida

Redaktur : Marcella Nicen Rizona

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to top